Start A Business

6 Tips Memulai Kedai Kopi Sendiri

 
  • 1
    Share

Saya punya hobi hangout bareng teman-teman di coffee shop. Seringkali sambil mengawasi langit-langit kedai kopi, saya berangan-angan mengenai sebuah kedai kopi yang ideal. Maka dari kacamata pecinta kedai kopi, ijinkan saya untuk membagi beberapa anggapan saya tentang basic yang diperlukan ketika anda memutuskan untuk membuka kedai kopi. Ada 6. Yaitu:

1. Tampilan yang comfy di sebuah lokasi yang strategis.

Sebuah kedai kopi membutuhkan lokasi yang nyaman. Banyak orang yang datang ke coffee shop tanpa alasan. Mereka kadang mampir secara spontan begitu melihat kedai kopi anda. Oleh karena itu, aroma yang mengundang di sebuah lokasi yang strategis akan membantu Anda menarik pelanggan spontan.

2. Suasana yang nyaman dengan musik dan suhu yang sesuai situasi.

Suasana nyaman di coffee shop tercipta atas kerjasama dari musik, layanan staf anda dan suhu ruangan. Ya, suhu atau temperatur. Misalnya di Malang yang dingin, maka suhu ruangan yang lebih hangat akan menahan pelanggan untuk tinggal lebih lama. Cobalah untuk menemukan keseimbangan suhu yang baik di lingkungan anda. Parameternya adalah jika orang-orang bersedia melepas mantel mereka dan benar-benar menikmati kopi yang anda hidangkan.

3. Kualitas produk yang sebanding dengan harga.

Anda tidak bisa menetapkan harga yang murah pada semuanya. Namun, Anda juga tidak perlu bahan yang mahal untuk menghadirkan sajian yang mampu memberi kepuasan penuh kepada pelanggan. Kreativitas mengolah presentasi / tampilan dan proses pengolahan sajian yang baik akan membantu anda menghemat cost secara signifikan. Maka jadilah inovatif dengan menu anda. Tawarkan sesuatu yang berbeda. Banggakan apa yang Anda jual dan tunjukkan kebanggaan Anda kepada pelanggan Anda.

4. Layanan yang ramah & cepat.

Bicara soal layanan, seringkali kita tidak menganalisa (tune-in) dengan pelanggan untuk menemukan layanan seperti apakah yang benar-benar dibutuhkan pelanggan. Padahal perlu sekali bagi kita untuk melihat coffee shop kita dari sisi pelanggan. Hal-hal kecil seperti kontak mata, mengingat nama, selera, atau memulai obrolan kecil kadang dapat menjadi pembeda antara layanan Anda dengan yang lain. Nah bicara soal kompetisi, tidak ada salahnya untuk ‘studi banding’ dengan coffee shop lain agar tahu sudah sebaik apa layanan anda ke pelanggan. Jangan pernah lupa bahwa pelanggan adalah pelanggan. Pelanggan bisa cukup menyulitkan di awal. Tetapi pada akhirnya, pelanggan adalah pelanggan dan mereka akan menentukan hidup matinya bisnis Anda.

5. Kemampuan manajemen staf yang baik. Penuh motivasi & pelatihan.

Pelayan adalah frontliner kedai kopi Anda. Maka menjaga dinamika kerja yang baik adalah tugas anda sebagai leader.

[Baca juga: 4 Tips Membangkitkan Suasana Kerja yang Nyaman]

Staf akan bekerja keras dengan ekspresi bahagia ketika mereka benar-benar bahagia. Jadi jelaskan kepada mereka bahwa bisnis anda bukan main-main, berapa banyak uang yang telah Anda keluarkan untuk bisnis anda, dan edukasi staf anda mengenai pentingnya peranan mereka bagi bisnis anda. Orang bekerja untuk uang, bukan hanya karena mereka menyukai anda sebagai atasan mereka.

6. Promosi melalui website.

Meskipun seolah tidak penting bagi kedai kopi untuk memiliki website, nyatanya customer jaman sekarang cenderung tanya Google dulu mengenai tempat nongkrong yang paling dekat dengan lokasi mereka. Maka, peluang ini bisa anda manfaatkan untuk menarik customer lokal. Cantumkan alamat lengkap anda, dan berbagai kata kunci mengenai kopi agar website Anda mudah ditemukan di Google. Jika anda masih punya banyak waktu luang, setting pula sosial media yang mewadahi pecinta kopi.

[Baca juga: 10 Tips Marketing New Media]


  • 1
    Share

2 komentar

  • 25 Februari 2018 - pukul 9:00

    Halo. Darii Google saya sampai ke blog anda, setelah menghabiskan waktu cukup lama
    membaca ternyata isi-isinya cukup menarik dan banyak isi yangg banyak manfaanya untuk saya.
    Izin komen dan share beberapa postingan kke social media sayha ya sekaligus biar blog ini semain banyak pembacanya.

    Jangan lupa di perbaharui terus yaa blognya.Terima Kasih

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *