Technology

6 Tips Optimasi Disk Space Bagi Administrator Server

 

Loading...

Halo administrator server, mungkin ketika membaca artikel ini, server anda semakin sesak karena tanpa disadari sudah ada banyak klien yang ada di dalam server anda. Nah, berikut saya berikan 6 cara singkat membebaskan disk space server agar server anda bisa kembali berjalan dengan optimal.

1. Delete backup yang ada di dalam cPanel milik user anda

Biasanya, klien anda mungkin melakukan backup sendiri melalui cPanel mereka. Nah, jika backup ini selesai diunduh, mereka tidak kunjung menghapusnya. Sehingga bisa memakan space cukup besar. Untuk itu, kita bisa hapus saja agar space kembali longgar, toh backup seperti ini tidak termanfaatkan lagi besoknya. Cara hapus secara manual mungkin akan sangat membuang waktu, misalnya anda masuk dulu ke cPanel klien untuk cek dan delete backup. Ada cara yang lebih cepat. Anda bisa gunakan perintah berikut ini:

for user in `/bin/ls -A /var/cpanel/users` ; do rm -fv /home/$user/backup-*$user.tar.gz ; done

1-optimasi-disk-space

2. Menghapus temporary file dalam File Manager

Ketika user upload data, sementara data mereka akan masuk dulu ke folder tmp cPanel. Nah, biasanya juga masih ada yang tertinggal. Anda bisa gunakan perintah berikut untuk menghapusnya:

rm -fv /home/*/tmp/Cpanel_*

2-optimasi-disk-space

3. Membersihkan yum files

Saat update / menggunakan yu, anda akan meninggalkan cache package yang tidak digunakan. Anda bisa gunakan perintah berikut untuk menghapusnya:

yum clean all

3-optimasi-disk-space

4. Menghapus pure-ftp partial

Ketika user upload file ke server via FTP, dan kita menggunakan pureFTP sebagai daemon, maka FTL server akan membuat file temporary dengan bentuk .pureftpd-upload* yang kemudian akan di-rename secara otomatis ke nama sebenarnya begitu upload berhasil. Namun jika upload gagal, hal ini akan menyisakan file temporary di server. Anda bisa gunakan perintah berikut untuk menghapusnya:

locate .pureftpd-upload | xargs rm -fv

4-optimasi-disk-space

5. Mengurangi reserved disk space

By default, Linux menggunakan 5% dari total keseluruhan disk yang kita pakai. Misalnya jika kita gunakan Hard Disk 1 TB maka akan ada sekitar 48GB yang tidak bisa digunakan. Wow, besar sekali jumlahnya bukan? Untuk itu, kita bisa kurangi menjadi 2500 block saja.

tune2fs -r 2500 /dev/sda1 (sda1 menyesuaikan dengan Hard Disk server anda. bisa sdb sdc dll)

sebelum:

5-optimasi-disk-space

sesudah:

6-optimasi-disk-space

6. Fix quota akun cpanel

Biasanya kuota akun dalam WHM adalah unlimited, kondisi ini bisa sangat merugikan jika ada klien yang menggunakan space melebihi kuota akun yang dibeli.

7-optimasi-disk-space

Untuk mengatasinya, silakan SSH ke server anda kemudian gunakan perintah:

/scripts/fixquotas

8-optimasi-disk-space

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *