Leadership

6 Trik Jitu Membuat 5 Jam Kerjamu Semakin Berkualitas

 
  • 13
    Shares

   

Jika Anda pernah mendengar bahwa 5 jam kerja kita adalah yang paling efektif dari total jam kerja kita. Dan mitos ini ternyata memang benar. Karena waktu kerja yang umunya dari 09.00 – 17.00 dengan total hampir 40 jam kerja kita dalam seminggu, itu normal. Tapi apakah dalam wkatu yang sudah ditentukan kita bisa memanfaatkan sepenuhnya untuk bekerja dan menghasilkan sesuatu?

Mulai dari membalas & mengirim email, melakukan panggilan telepon, mengemudi selama beberapa jam untuk menemui klien atau sekedar mencari makan siang, dan kita akan mulai menyadari bahwa waktu kita sedikit banyak terkuras untuk pekerjaan tidak penting.

Menjadi seorang karyawan bahkan pengusaha memaksa kita untuk mengefisienkan dan membuat waktu kerja menjadi produktif. Dengan memanfaatkan 8 jam waktu kerja kita untuk melakukan banyak pekerjaan, kita bisa jadi hanya membakar dan membuang tenaga tanpa tahu apakah hasilnya maksimal untuk target kita. Dan bahkan kita tidak akan mungkin untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas tinggi selama 8 jam kerja itu.

Lalu bisakah kita bekerja hanya dalam kurun waktu 5 jam saja? Tentu bisa dan ini trik yang kami coba rangkum untuk Anda:

1. Jangan mengalihkan fokus kerja Anda sebelum jam makan siang

Jangan menyalahkan apapun dan siapapun ketika waktu makan siang Anda tersita karena harus menyelesaikan pekerjaan. Anda memiliki kurang lebih 3 – 4 jam sebelum jam makan siang. Waktu inilah yang benar – benar harus Anda manfaatkan sebaik mungkin. Jika memang Anda merasa lapar di jam kerja itu, Anda bisa mengkonsumsi makanan ringan dan melakuakn sedikit istirahat. Jika Anda berhasil mengerjakan hampir setengah dari pekerjaan Anda di jam kerja itu, Anda bebas mendapatkan waktu istirahat di jam makan siang.

2. Menyisihkan sedikit waktu di sisa jadwal sekolah

Nah, jika Anda salah satu orang tua yang memiliki salah satu jadwal untuk mengantar anak ke sekolah. Cobalah manfaatkan waktu luang di jadwal Anda untuk bekerja dengan produktif. Ketika anak Anda bersekolah, itulah saat dimana Anda bisa mulai melakukan aktivitas sebagai pengusaha. Dan ketika anak Anda sudah pulang dari sekolah, maka gunakan waktu untuk bersama dengan mereka. Itulah imbalan yang sesuai untuk Anda yang mampu berkomitmen dan konsisten membagi waktu.

3. Tentukan tenggat waktu Anda sendiri

Ada kalannya kita dituntut untuk lebih awal melakukan atau mengumpulkan tugas sebelum deadline yang ditentukan. Dan itulah sata dimana kita harus benar – benar mengatur waktu dengan sangat baik. Bahkan ketika orang yang akan menjemput barang pesanan Anda, Anda harus sudah menyiapkan barang tersebut 2 jam sebelumnya. Anda harus memanfaatkan waktu luang dengan sangat baik. Bukan hanya agar bisa mengerjakan pekerjaan lainnya, tapi juga untuk menjaga kesehatan Anda sendiri.

4. Seleksi untuk mempekerjakan seorang karyawan

5 jam kerja yang produktif hanya dimiliki oleh mereka yang ambisius dan disiplin. Para pemain terbaik akan datang dan mengatasi beban tugas kita saat itu juga dan bahkan meminta lebih banyak lagi. Dan ini sangat penting untuk kerja tim Anda. Anda bisa mulai mencari karyawan yang memang berambisi dan disiplin dalam bekerja. Karena produktivitas kerja sebuah perusahaan juga tergantung dari karyawan yang bekerja di dalamnya.

5. Melatih karyawan menjadi stakeholder Anda

Anda mempekerjakan seseorang dengan tujuan membantu Anda untuk mencapai tujuan perusahaan. Tapi jangan sampai lengah dan mengabaikan kebutuhan dan tujuan karyawan Anda, yang bukan hanya mencari penghasilan tapi juga mencari pelajaran. Anda harus mampu membuat semua karyawan merasa diberdayakan dengan baik, dihargai dan memang berpengaruh untuk kesuksesan perusahaan Anda. Anda harus membangun budaya perusahaan yang bukan hanya menguntungkan perusahaan, tapi juga memberikan kenyamanan kerja bagi karyawan. Karena imbalannya adalah kesuksesan bisnis Anda di masa depan.

6. Gunakan waktu ekstra untuk melatih kebugaran tubuh

Tidak berguna Anda sukses bekerja, tapi ujung – ujungnya Anda sakit dan tidak bisa bekerja lagi. Menjadi pekerja produktif bukan berarti menghabiskan semua waktu dan mengabaikan kesehatan diri sendiri. Kesehatan fisik merupakan faktor pendukung kesehatan otak kita. Anda harus memanfaatkan waktu luang untuk sekedar berolahraga atau berlibur. Karena tugas dan tugas yang Anda terima tidak bisa dikerjakan jika Anda kelelahan bukan? Setelah Anda bekerja selama 5 jam, gunakan sisanya untuk melakukan latiha, meremajakan diri Anda, dan bahkan tidur. Karena manfaat jangka panjang akan membuat Anda tetap sehat dan lebih produktif lagi.

Lima jam kerja bukan hanya sekedar mitos, ini nyata dan memang jauh lebih produktif untuk kita bekerja di 1 hari kerja Anda. :)

Baca juga:

Ini dia 7 Kebiasaan Pemimpin Produktif yang Wajib Anda Tiru

2 Langkah Cerdas untuk Kerja Lebih Produktif

5 Tips Membuat Meeting Lebih produktif

           
  • 13
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 3 May 2015 - pukul 14:13

    Makasih informasinya. Kebetulan saya termasuk orang yang sulit untuk mengatur waktu. Membaca artikelnya jadi sedikit tau bagaimana mengelola waktu yang baik.

    • Administrator
      4 May 2015 - pukul 7:58

      Wah semangat gan :D

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *