Running A Business

7 Alasan Masyarakat Berbelanja Online

 
  • 3
    Shares

Loading...

Belanja online? Hmmm tidak ada satu orangpun yang kini tidak tahu, bahkan tidak pernah melakukan transaksi atau berbelanja secara online. Apalagi saat dia sudah mengenal internet dan aktif di sosial media.

Menurut Direktur Rakuten Asia Pte Ltd Masaya Ueno, 2015 akan menjadi tahun yang besar untuk pasar e-commerce, dan pertumbuhannya di Indonesia diperkirakan bisa mencapai US$ 10 milyar pada akhir tahun ini. Seperti yang dikutip oleh majalah tekno.tempo.co, Masaya sendiri mengatakan ada beberapa barang yang akan booming dan mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun 2014, yaitu produk kosmetik, makanan dan juga perlengkapan bayi.

Namun menurut survey yang diadakan oleh IDEA, product fashion masih menempati urutan teratas pencarian dan pembelian produk secara online, yaitu sebesar 78%.

Dan tanpa disadari belanja online bukan lagi menjadi jalan keluar atau solusi dari kesulitan masyarakat dalam membelanjakan uangnya. Kini belanja online bisa jadi sebagai sebuah kebiasaan.

Tapi sadarkah kamu, apa sebenarnya yang mendasari masyarakat mau belanja online? Disamping banyaknya rumor ini dan itu yang hampir mematikan pasar e-commerce. Berikut ini kami jabarkan beberapa alasan menagapa masyarakat mau berbelanja secara online:

1. Menghemat waktu

Berbelanja online memang dijadikan pilihan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja di pusat perbelanjaan, namun harus memenuhi setiap kebutuhan. Dengan belanja secara online, kita yang sibuk hampir 24 jam saja, bisa mendapatkan barang yang kita inginkan. Sekitar 72% masyarakat memberikan alasan ini saat ditanya mengapa mereka memilih berbelanja online daripada offline.

2. Tidak perlu keluar rumah

Saat kita diliputi rasa malas, tapi harus segera memenuhi kebutuhan atau mewujudkan keinginan, maka belanja online adalah pilihannya. Saat kita menginginkan sebuah barang yang jauh dari kota atau tempat kita tinggal dan tidak mampu kita jangkau dengan mudah, maka kita bisa membeli produk itu secara online. 66% orang beralasan ini saat mereka menjelaskan alasan mengapa dirinya berbelanja online.

3. Barang langsung diantar ke rumah

Malas pergi atau keluar rumah, juga membuat kita merasa malas untuk membawa barang banyak saat berada di pusat perbelanjaan kan? Membeli barang ini dan itu tentu akan membuat kita kerepotan, dan saat kita berbelanja online, maka itu tidak akan terjadi.

Produk yang kita beli dari salah satu toko online akan diantar langsung ke alamat kita. Bisa melalui jasa pengiriman barang atau diantar langsung oleh penjualnya. 64% dari responden mengatakan bahwa barang yang diantar kerumah akan jauh lebih efisien ketimbang kita yang membawa barang dengan jumlah banyak.

4. Dapat membandingkan produk dengan mudah

Jika kita berbelanja produk yang kita inginkan di toko atau secara offline, tentu akan sangat kesulitan untuk membandinkan produk 1 dengan yang lainnya. Apalagi saat kita menemukan 1 produk di toko lain dengan harga yang lebih murah dari yang sudah kita dapatkan. Nah dengan berbelanja secara online, kita akan lebih mudah membandinkan lebih dari 1 produk dari beberapa toko online yang berbeda.

Biasanya masyarakat memang memanfaatkan toko online untuk mencari informasi seputar produk yang diinginkan. Entah pada akhirnya memutuskan berbelanja online ataupun offline. Sebanyak 61% dari jumlah responden memilih alasa ini ketika hendak berbelanja online.

5. Menemukan produk pasar dengan lebih mudah

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa toko online sering kita manfaatkan untuk mencari informasi tentang produk tertentu. Ini biasanya kita lakukan saat kita tidak menemukan produk di toko fisik atau offline. Dan ternyata kita mendapatkannya di toko online. Beberapa produk memang jauh lebih mudah ditemukan di toko online ketimbang di toko fisik. Sehingga masyarakat memilih untuk berbelanja secara online ketimbang offline.

58% masyarakat yang mengikuti survey ini mencari produk yang tidak ada di pasaran melalui media online. Hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produknya secara online.

6. Mendapat harga yang lebih murah

Selain menemukan produk yang tidak ada di pasaran, berbelanja secara online sering menjadi pilihan karena beberapa produk menawarkan harga yang jauh lebih murah daripada di toko fisik. Beberapa toko online memang saling beradu dan bersaing menjual produk dengan harga yang murah. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga membuat mereka memilih untuk membeli barang yang dibutuhkan secara online.

Sekalipun harus menambahkan beberapa rupiah untuk biaya kirim, konsumen tidak keberatan. Alasannya karena produk yang diinginkan sudah didapatkan, harga murah, dan tidak repot untuk mencari dan membeli secara offline. Sebanyak 45% masyarakat memilih berbelanja online karena harga yang didapatkan jauh lebih murah daripada berbelanja langsung di toko.

7. Kualitas yang tidak kalah dari yang di toko

Seringkali kita khawatir jika membeli produk secara online akan mendapatkan kualitas produk yang lebih buruk daripada yang ada di toko offline. Tapi rumor itu segera terpecahkan ketika setidaknya 26% orang percaya bahwa produk yang dibeli secara online memiliki kualitas produk yang tidak kalah baik dari yang dibeli secara offline.

Sebagai konsumen kita juga harus bijak saat berbelanja online. Ketika kita masih ragu untuk membelanjakan uang untuk produk di toko online, coba saja cek testimonial pelanggan dari toko online itu. Lihatlah bagaimana pelanggan memberikan feed back atau tanggapan atas produk yang mereka beli. Dari situ kepercayaan memang akan terbentuk untuk membeli produk dari toko online tertentu.

Lalu dimana saja biasanya mereka berbelanja produk secara online? Sosial media, marketplace dan melalui media resmi seperti website toko online.

Jika kamu pernah mendengar bahwa ada banyak jasa website toko online, seperti Jagoanstore.com. Menciptakan peluang berbisnis untuk para UKM dan juga memudahkan para konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan secara online. Dengan website yang bisa disesuaikan dengan jenis usaha, Jagoanstore.com menawarkan website toko online dengan fitur yang dibutuhkan oleh toko online dan mudah digunakan.

Nah, kalau sekarang kamu yang harus mengikuti survey diatas, apa alasan kamu berbelanja secara online? :)

Loading...

  • 3
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *