Technology

7 Aplikasi untuk Menyimpan Password Anda Secara Aman

 

Loading...

Ketika mengingat password untuk login email, Facebook, atau Twitter anda, biasanya kita menulisnya pada Notepad, atau justru menggunakan 1 password yang sama untuk semua akun. Padahal praktek seperti ini sangat riskan. File .txt sangat rentan sehingga mudah dibuka orang lain tanpa otoritas tambahan. Atau jika anda mengetikkan password, maka tanpa anda ketahui, mungkin di dalam komputer anda sudah ada banyak sekali program-program jahat seperti keylogger yang diam-diam akan mencuri password user anda dengan membaca input dari keyboard, atau spyware yang selalu mengawasi aktivitas browsing anda.

Anda bisa menghindari ini semua. Yaitu menggunakan aplikasi penyimpanan password yang cenderung lebih aman, tidak merepotkan dan lebih praktis. Berikut adalah 7 aplikasi penyimpanan sandi/password yang dapat anda pilih:

1. KEEPASS

KeePass (http://keepass.info/) adalah software opensource yang dibuat untuk kemudahan dalam menyimpan dan manajemen password secara aman. Keepass juga akan mengenkripsi data-data yang disimpan dengan menggunakan algoritma enkripsi terbaik dan hampir dikatakan paling aman saat ini (AES dan Twofish). Untuk membuka database ini dengan program KeePass, diperlukan satu password (master password) dan atau dengan Key File. Sehingga kita tinggal mengingat satu password ini saja. Meskipun database anda sampai jatuh ke tangan orang lain, tidak perlu khawatir karena akan sangat sulit untuk membuka database tanpa tahu master password-nya. Bahkan dijelaskan bahwa jika dicoba-coba membuka (decrypt) satu database saja dengan seluruh komputer di dunia, akan memerlukan waktu lebih lama dari umur alam semesta.

KeePass

2. ROBOFORM

Roboform (http://www.roboform.com/) adalah aplikasi fill form otomatis yang bisa menyimpan data anda termasuk password dan data semua yang anda masukkan. RoboForm memiliki versi gratis dan berbayar. Perbedaannya yaitu versi berbayar bisa menyimpan data lebih banyak yaitu mencapai 1000 login sedangkan versi gratis hanya bisa menyimpan 10 login.

roboform

3. LASTPASS

LastPass (https://lastpass.com/) adalah aplikasi  password management yang mampu memberikan pengamanan kuat dan kemudahan untuk mengelola “koleksi” password kita. Lastpass bersifat closed source, yakni aplikasi berbayar jika kita ingin mendapatkan semua fungsi layanannya. Namun aplikasi free editionnya juga sudah sangat memadai bagi kebutuhan personal.

lastpass

4. Sticky Password

Sticky Password (http://www.stickypassword.com/)  didesain secara khusus untuk mempermudah anda saat login. Beberapa fitur utamanya:

1. Mengisi form login website secara otomatis dengan satu klik.

2. Sticky pointer membantu anda untuk menentukan website atau aplikasi yang anda tuju untuk login dengan mudah

3. Memiliki fitur untuk membuat sticky password versi portable sehingga anda bisa membawa kemanapun anda pergi dan menggunakannya di komputer atau laptop manapun dengan mudah.

5. Password Safe

Sama seperti KeePass, Password Safe (http://www.passwordsafe.com/) juga software yang dibuat secara open source. Password Safe dilengkapi dengan master password. Jadi anda bisa menggunakan Password Safe dengan mengetik master password terlebih dahulu. Kekurangan Password Safe adalah tidak dapat terkoneksi dengan browser sehingga kita harus copy secara manual password-password yang kita simpan.

6. KEEFOX

KeeFox (http://keefox.org/) adalah plugin browser Firefox yang berguna untuk memudahkan anda mengamankan data penting anda saat online dengan mengunakan fasilitas yang dimiliki aplikasi password management seperti Keepass. Jika menggunakan KeeFox maka sebuah fitur toolbar KeeFox akan terpasang di browser anda, yang bisa membantu dalam  mengisi password secara mudah dan cepat.

7. Ever Password

Ever Password (http://www.everpassword.com/) menggunakan 256-bit enkripsi untuk menyimpan data dengan aman. Anda juga bisa melakukan sinkronisasi data ke lebih dari satu device atau platfrom, mulai dari Windows, Mac, iPhone, bahkan iPad. Bagi Anda yang menggunakan iPhone atau Mac Password Manager, mungkin anda tidak akan merasa asing dengan software ini. Bahkan bagi anda yang belum pernah menggunakan password manager sebelumnya. Anda akan diberikan step by step proses input, saving dan bagaimana mengamankan data yang diinginkan. Namun Ever Password belum memiliki fitur auto-fill yang terintegrasi di browser seperti LastPass.

Nah pembaca, itulah 7 aplikasi password manager yang dapat kita pilih. Jika anda ingin download, anda bisa langsung ke situs penyedia masing-masing.

Apakah akun kita akan 100% aman? Jawabannya tidak.

Jika anda tidak hati-hati pun, jaringan kita dapat di sniffing oleh pengguna jaringan lain. Maka, jika anda ingin login ke website-website penting, gunakan jaringan privat anda sendiri. Jangan pernah login di jaringan umum.

Cara kerja Password Manager secara umum adalah sebagai tempat penyimpanan semua password kita. Jika butuh, kita tinggal login di password manager, maka kita akan masuk ke database penyimpanan password kita. Jadi yang perlu kita ingat hanyalah master password untuk login ke password manager kita. Sedangkan password akun lain seperti Facebook, Gmail, Yahoo, iBanking, dlsb bisa kita ganti dengan password baru yang serumit mungkin sehingga akun-akun kita akan semakin aman dari jangkauan para cracker.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *