Leadership

7 Cara Membuat Introvert Mudah Bergaul dengan Orang Baru

 
  • 66
    Shares

Loading...

Berteman degan siapa saja, bergaul dengan banyak orang adalah kewajiban kita sebagai pelaku di dunia bisnis. Sebenarnya saja bukan hanya para pebisnis yang harus punya banyak relasi, kita yang masih berstatus sebagai pelajar, mahasiswa ataupun karyawan biasa juga harus memiliki banyak teman. Bagi sebagian besar dari kita mungkin mencari teman adalah hal yang mudah. Tapi apa jadinya bagi kita yang memiliki kepribadian sebagai seorang introvert?

Ya, introvert dikenal sebagai sosok yang tertutup, pendiam dan sulit untuk berkenalan dengan orang baru. Namun bukan berarti mereka tidak mau menerima dan masuk ke sebuah lingkungan yang baru. Justru bagi seorang introvert kala mereka mulai masuk ke lingkungan yang baru, mereka bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan dan mengerti sesama teman dengan sangat baik.

Karena sebuah jaringan atau relasi adalah kunci penting untuk keberhasilan sebuah bisnis, dimana kita akan menemukan banyak peluang dan juga cara untuk mengembangkan bisnis kita. Bagi para pebisnis yang memiliki kepribadian introvert bisa mulai mengikuti 7 langkah di bawah ini, agar memiliki keterampilan untuk berbaur dan berbicara dengan orang atau rekan baru mereka.

1. Beranilah keluar dari zona nyaman kamu

Jangan biarkan ketakutan yang kamu miliki menghambar diri kamu untuk berinteraksi dan mendapatkan banyak relasi. Sebuah sikap optimis terhadap pandangan hidup akan membuat kamu tertarik untuk mengenal orang baru. Segera lakukan apapun yang membuat kamu keluar dari zona yang membuat kamu terlalu nyaman sampai detik ini.
Ambilah waktu pertemuan yang sesuai untuk menarik dan berkenalan dengan orang lain. Fokuslah pada orang lain, carilah bahan pembicaraan yang membuat mereka tertarik untuk berbicara dengan kita lebih lama lagi, seperti cerita perjalanannya, makanan kesukaanya hingga hobi yang sedang ia tekuni saat ini.

2. Pilihlah kualitas dari sebuah pertemuan, bukan kuantitas

Daripada menghabiskan waktu yang singkat untuk berbicara dengan banyak orang, gunakanlah banyak waktu kamu untuk berbicara dan mengenal sejumlah kecil orang baru. Kita mungkin akan lebih merasa nyaman ketika mampu mengenal lebih dalam seseorang dalam sebuah percakapan. Tingkatkan kualitas obrolan kamu, dan jauhkan pemikiran tentang kuantias sebuah relasi dengan koneksi baru kamu.

3. Carilah relasi sebelum kita benar-benar membutuhkannya

Sebelum kamu membutuhkan banyak relasi atau koneksi untuk bisnis kamu, lakukanlah itu jauh-jauh hari, atau di saat kamu memiliki waktu senggang. Kamu akan jauh lebih mudah dan nyaman berkomunikasi dengan orang baru di waktu yang santai dan tanpa ancaman waktu. Kamu akan memiliki banyak waktu untuk mendengarkan mereka, menunjukkan rasa hormat kepada orang yang baru kamu kenal dan juga mendapatkan banyak cerita dari mereka. Kamu akan memiliki banyak waktu untuk membuat hubungan pribadi kamu menjadi lebih baik dan tentu saja saling menguntungkan.

4. Maksimalkan dengan menggunakan bahasa tubuh

Sebagian besar dari kita yang berkepribadian introvert akan sulit untuk mengungkapkan kata-kata. Tapi bukan berarti kita tidak bisa menyampaikan maksud dan tujuan obrolan kita dengan mudah. Kita bisa memanfaatkan dan harus mengoptimalkan bahasa tubuh kita dalam berkomunikasi dengan lawan bicara kita. Mulai dari postur tubuh yang tegap, jabat tangan dan tatapan mata yang mengisyaratkan bahwa kita bukan hanya mendengarkan tapi juga memperhatikan dan menangkap maksud pembicaraan orang lain. Dengan menggunakan bahasa tubuh saat berbicara juga akan meningkatkan rasa percaya diri kita di depan orang lain.

5. Praktikkan untuk mengingat nama kenalan baru kamu

Setiap kali kita berkenalan dengan orang baru, ucapkan namanya di setiap percakapan kamu dengannya. Ini akan menunjukkan sikap hormat dan perhatian kita dan akan membuat orang lain merasa penting bagi kita. Kita memang tidak mungkin akan mengingat setiap nama orang yang kita temui, ini akan butuh usaha yang besar terlebih saat kita harus bertemu orang baru yang banyak. Praktekkan saja nama setiap percakapan, baik secara langsung ataupun melalui email, atau alat komunikasi lainnya.

6. Keep it Simple

Jika kita tertarik dengan orang lain, mereka juga akan menunjukkan ketertarikannya untuk berkomunikasi dengan kita. Saat kita tahu bahwa sebuah hubungan yang saling menguntungkan adalah hubungan yang diliputi rasa percaya, hormat dan juga menghargai masing-masing orang. Dengan begitu kita akan memiliki kualitas hubungan jangka panjang dimana setiap informasi dan sumber daya bisa dengan mudah untuk kita dapatkan satu sama lainnya. Salah satu caranya yaitu dengan menanyakan apapun yang membuat lawan bicara kita merasa dihargai dan merasa diprioritaskan dalam sebuah pembicaraan.

7. Nikmatilah diri dan keadaan kamu

Seorang introvert adalah mereka yang tidak mudah mengungkapkan kata, namun mampu dengan tulus menyampaikan maksud dan tujuan dalam setiap percakapannya. Tidak ada yang lebih menarik dan penting dari sebuah ketulusan dalam pembicaraan kita. Jika kita bisa menggunakan waktu dengan baik, lawan bicara kita juga akan antusias berbicara dengan kita. Sikap positif kita adalah magnet sosial bagi lawan bicara kita. Kita bisa mencontoh bagaimana seorang profesional melakukan percakapan atau networking dengan sesama rekan mereka. Kita bukan hanya fokus untuk mendapatkan informasi dari koneksi baru kita, tapi kita juga diberi kesempatan untuk menikmati diri kita dalam setiap percakapan. Kita harus menyajikan penampilan terbaik kita, bukan hanya untuk orang lain tapi juga untuk diri kita sendiri.

Nah, dari sinilah seorang introvert bisa dengan mudah mendapatkan dan menjaring relasi, baik dengan orang baru maupun dengan teman lama. Dalam bisnis relasi harus selalu bertambah dan dikembangkan. Bukan tanpa alasan, karena setiap apapun yang kita kerjakan di dalam bisnis kita, pasti membutuhkan bantuan dari orang lain. Inilah yang harus kita cari, temukan dan kembangkan. Bagi para introvert jangan berkecil hati bahwa kamu sulit memiliki teman baru yang banyak. Justru introvert adalah orang yang mampu menjaga sebuah hubungan baik dengan janga waktu yang cukup lama.

Selamat mencoba :)

Loading...

  • 66
    Shares

4 komentar

  • Rafki Putra
    11 Januari 2018 - pukul 13:47

    Hahaha sama aja bro.Gue masih SMP udh gak mau introvert lagi tapi smua orang gak menghargai kita..Buat apa coba kita ngobrol sama orang kek gitu.Guru gw nyuruh gw bersosialisasi tapi dia kayak gak menghargai gw sama skali.Untung gw udh kelas 9 jadinya cepet keluar SMPnya.
    NOTE: Mending cari temen ngobrol yang menghargai lu aja.Karena yang ga menghargai lu bisa nyakitin lu

    ~Sorry sampek curhat gw :3 (kesel gw sama SMP gw)

  • 11 April 2018 - pukul 2:08

    bwt apa bergaul tp kita gk prnh dianggep ada percuma cuy,kgk penting

  • 18 Mei 2019 - pukul 9:59

    haha hanya introvert yang mengerti.. percayalah. ya gak?
    gw jg introvert bro

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *