Running A Business

7 Cara Menunjukkan Cinta Kepada Karyawan dan Pelanggan

 
  • 168
    Shares

Setiap orang memiliki orang lain yang berarti di dalam hidupnya. Begitu juga dengan para pebisnis yang memiliki banyak orang di balik kesuksesannya, seperti keluarga, teman, karyawan dan juga pelanggan. Ketika kita merasa memiliki orang yang mendukung tentu akan menjadi sesuatu yang memotivasi diri kita untuk sukses. Begitu juga ketika pelanggan dan karyawan merasa kita mencintai mereka, maka mereka juga akan mendukung dan membantu kita untuk tumbuh sukses.

Ketika seseorang memiliki perasaan aman, dihargai dan dicintai, mereka memiliki sedikit lebih banyak alasan untuk kembali berbelanja di tempat kita. Nah, kini saatnya kita mulai memupuk dan mneyebarkan rasa cinta kepada orang yang membantu kita untuk sukses. Caranya?

1. Awards

Setiap bulan atau setiap tahun kita selalu memiliki dan mencapai sesuatu dalam bisnis. Dan pencapaian ini tidak terlepas dari peran serta pelanggan dan kerja keras karyawan kita. Kita harus memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah berjasa di dalam bisnis kita. Cari cara untuk menunjukkan bahwa kita menghargai kerja keras karyawan kita. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan reward kepada karyawan kita. Sederhana saja, yang terpenting adalah bukti kita menghargai usaha dan kerja keras mereka, bukan dari seberapa besar reward yang kita berikan.

2. Notes

Ucapan terima kasih dan mengungkapkan rasa cinta kepada karyawan memang bisa ditunjukkan dalam banyak hal. Salah satu caranya adalah dengan menuliskan sebuah catatan kecil dan diberikan kepada karyawan atau pelanggan. Contohnya “Terima kasih sudah menjadi pelanggan special kami” atau “Good Job Team”. Ucapan sederhana tapi berefek besar bagi semangat karyawan dan pelanggan kita untuk kembali dan menjalin bisnis dengan kita. Luangkan sedikit waktu untuk menunjukkan rasa cinta kepada karyawan dan pelanggan dengan cara yang mudah.

3. Hadiah

Untuk menunjukkan rasa cinta dan ucapan terima kasih, kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memberikan hadiah khusus yang mahal dan langka. Kita bisa menunjukkan ucapan terima kasih kepada karyawan dengan hanya menyiapkan secangkir kopi atau teh hangat di pagi hari, atau bahkan hanya sekedar ucapan selamat pagi dan menanyakan kabar kepada mereka. Selain itu jika kita memang ingin memiliki kenangan di setiap hati karyawan dan pelanggan, kita bisa memberikan mereka hadiah berupa barang yang mereka impikan, seperti sebuah gadget, tiket berlibur atau kenaikan pangkat.

4. Ucapan selamat ulang tahun

Satu lagi yang membuat karyawan dan pelanggan kita senang adalah dengan mengucapkan selamat ulang tahun kepada mereka. Tidak perlu ada hadiah langka dan mahal yang kita berikan dan kita kirimkan kepada mereka. Ucapan selamat ulang tahun sudah membuat mereka merasa bahwa kita sebagai penyedia solusi bagi mereka memberikan perhatian dan kasih sayang kepada pelanggannya. Kita juga menunjukkan bahwa karyawan bukan hanya mereka yang bekerja untuk kita, tapi mereka yang menjadi teman bagi tumbuh besar bisnis kita.

5. Menghargai keluarga mereka

Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan cinta kepada karyawan adalah dengan menghargai keluarga mereka. Kita bisa mengirimkan bingkisan kepada keluarga mereka atau mengundang mereka pada acara resmi yang diadakan di kantor atau perusahaan. Ketika kita mempekerjakan seseorang, maka kita juga akan bekerjasama dengan keluarga mereka. Karena ketika keluarga merek atidak memberikan dukungan, sudah pasti karyawan kita tidak mampu bekerja dengan maksimal untuk perusahaan.

6. Menghabiskan waktu bersama

Karyawan bukan hanya mereka yang rela menghabiskan waktu untuk menghasilkan sesuatu bagi perusahaan kita. Tapi kita juga harus mau menyisihkan sedikit waktu untuk mengobrol atau menikmati secangkir kopi bersama karyawan. Menanyakan bagaimana kabar, menanyakan bagaimana keluarga, aktivitas harian hingga masalah pekerjaa. Waktu yang kita sisihkan untuk karyawan akan membuat mereka merasa bahwa kita benar – benar menghargai usaha dan kerja keras mereka sebagai karyawan dan juga keluarga.

7. Tepukan di punggung

Apa maksudnya? Cara terakhir untuk menunjukkan rasa cinta kita kepada karyawan adalah dengan mengucapkan “Kamu luar biasa hari ini, terima kasih sudah bekerja keras”. Sebuah tepukan spontan akan membuat karyawan kita senang dan merasa bahwa kita menghargai setiap usaha mereka untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

Langkah – langkah sederhana seperti diatas dapat membuat perbedaan besar dalam bisnis kita. Bukan hanya terjadi pada karyawan termasuk juga pada pelanggan – pelanggan kita. :)

Baca juga:

5 Cara Menghindari Miscommunication dengan Karyawan

4 Kualitas yang Harus Diperhatikan dalam Menyeleksi Kandidat Karyawan

5 Cara Membuat Pelanggan Happy di Musim Libur


  • 168
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *