Running A Business

7 Cara Menyegarkan Kembali Kegiatan Marketing Anda

 

Loading...

Di pasar yang sangat kompetitif seperti sekarang ini, penting untuk menjaga campaign marketing Anda tetap segar, baru, dan tepat sasaran. Maka hari ini, ayo luangkan waktu kita untuk mengatur sales ke gigi tertinggi dengan tujuh poin checklist berikut:

1. Mendengarkan lebih banyak

Marketing yang cerdas bergantung sepenuhnya pada pemahaman pelanggan. Anda perlu tahu tidak hanya siapa mereka dan apa yang mereka beli, tetapi mengapa mereka membeli, dan mengapa mereka memilih membeli dari Anda. Lipatgandakan upaya Anda di dialog melalui sosial media, message board dan blog. Dapatkan umpan balik langsung dari pelanggan atau klien, atau melalui garis depan, yaitu tenaga penjualan Anda.

2. Umumkan promosi spesial

Gunakan insentif khusus untuk menarik pelanggan pada promosi jangka pendek anda. Konsumen yang sadar biaya akan mencari harga terbaik dengan nilai yang terbesar. Dan promo merupakan teknik yang mampu memenangkan anda pada hampir semua kelompok ekonomi.

3. Manajemen lead

Lead generation (calon customer) bukan hanya didatangkan saja. Anda harus punya strategi agar mereka mau dikonversi jadi pembeli. Maka asah lagi manajemen lead anda. Misalnya jika mereka masuk ke website anda, mereka harus melihat apa, mereka harus kemana, dlsb. Manfaatkan fungsi Google Analytics anda (jika ada) ke batas maksimal.

4. Fokus pada ide segar

Jangan hanya mengandalkan pada tim kecil atau staf pemasaran Anda untuk menghasilkan ide-ide segar. Inovasi merupakan tanggung jawab semua orang. Jadwalkan sesi brainstorming, outbound atau penghargaan khusus kepada individu dengan saran paling cerdas. Atau jika bisnis Anda hanya memiliki beberapa karyawan, anda dapat membentuk dewan penasehat berpengalaman dari luar, atau membentuk sebuah kelompok penasehat secara online yang terdiri dari market Anda yang peduli dengan produk anda untuk memberikan masukan. Sebagai gantinya, beri diskon-diskon.

5. Perbarui campaign retention anda

Anda punya sistem newsletter? Maka manfaatkan untuk mendongkrak campaign retention (upaya untuk menarik customer agar bersedia kembali) Anda. Sebarkan newsletter secara rutin, maksimal 1 minggu 2 kali. Berikan promosi khusus di dalam pesan anda agar lebih menarik mereka untuk bertransaksi dengan anda.

6. Menambah jumlah pemberian

Pelanggan dan prospek juga ingin tahu apakah korporasi yang mereka pilih merupakan korporasi yang peduli dengan sosial. Maka, selenggarakan kegiatan CSR anda sebaik-baiknya. Setiap sumbangan anda akan meningkatkan nilai apresiasi pelanggan anda.

7. Menyegarkan Konten Anda

Kapan terakhir kali Anda memperbarui isi website Anda? Karena website merupakan tempat pertama bagi prospek untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda. Terutama ketika sekarang orang cenderung googling dulu mengenai sebuah brand yang mereka dengar di offline sebelum mulai membelinya. Maka penampilan website anda sangatlah penting.

Anda punya saran lain berdasarkan pengalaman anda? Kami ingin mendengarnya. Mari bagikan di kolom komentar ;-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *