Business Says

7 Cara untuk Menjadi Pengusaha yang Tangguh

 

Loading...

Menjadi Pengusaha yang Tangguh – Menjalankan usaha bisa sangat menyita energi. Proses yang penuh dengan lika-liku membuat tidak semua pengusaha mampu bertahan. Hanya mereka dengan mental tangguh yang mampu bertahan. Lantas, bagaimana caranya untuk menjadi pengusaha yang bermental tangguh?

1. Buang jauh segala rasa malas

Bisa dibilang, malas adalah musuh nomor satu yang perlu kita hindari. Anda perlu menyadari, bahwa sebagai pengusaha banyak hal yang harus Anda kerjakan.

Menjadi malas akan menghambat segala pekerjaan. Bermalas-malasan juga akan semakin menjauhkan Anda dari pencapaian target.

2. Berani keluar dari zona nyaman

Memiliki usaha berarti harus siap keluar dari zona nyaman. Anda tidak bisa selamanya mengandalkan ‘rute aman’, karena mengelola usaha penuh dengan tantangan. Setiap hal pasti ada risikonya masing-masing.

Anda harus siap menghadapi segala rintangan. Mungkin saja, Anda akan mengalami kegagalan. Walau demikian, semakin kita mengeksplor segala rintangan, kita pun akan semakin berkembang.

3. Fokus pada mencari solusi saat mengalami masalah

Setiap orang memiliki respon yang berbeda-beda ketika sedang menghadapi masalah. Namun, alangkah baiknya jika kita tanggap untuk segera mencari solusi saat ditimpa masalah. Cobalah untuk menemukan peluang di balik masalah yang dihadapi.

4. Selalu mencari inspirasi

Kreativitas adalah salah satu hal yang diperlukan pengusaha. Jika kita perhatikan, figur-figur pengusaha top di dunia adalah orang-orang yang memiliki ide unik dan mampu memanfaatkan peluang di sekitarnya.

Ide-ide kreatif tentunya tidak muncul begitu saja. Anda harus sering-sering mengasah otak Anda agar selalu aktif berpikir. Dengan demikian, Anda pun mampu mengeksplor berbagai ide.

Agar dapat memunculkan berbagai ide kreatif, para pengusaha hebat tak bosan untuk menambah wawasan. Salah satu aktivitas yang sering mereka lakukan adalah membaca. Kira-kira, bagaimana cara Anda untuk menambah wawasan?

5. Menjadi proaktif

Seorang pengusaha kerap dihadapkan dengan berbagai situasi sulit. Tentunya, harus ada pengambilan keputusan untuk dapat melewati hal tersebut. Oleh karenanya, sikap proaktif sangatlah dibutuhkan.

Hal tersebut dapat dilatih dengan mencoba mengambil alih untuk berbagai hal. Jika selama ini Anda nyaman dengan menjadi pengikut, kini saatnya Anda untuk lebih berani. Anda pun akan terbiasa untuk menghadapi berbagai situasi, termasuk juga melatih kemampuan pengambilan keputusan.

6. Memiliki pandangan yang optimis

Hal yang perlu ditanamkan sejak awal memulai usaha adalah menyadari bahwa melakukan hal ini tidak akan mudah. Akan selalu ada risiko dan hambatan, namun bukan berarti mustahil untuk bisa sukses. Itu merupakan realita yang harus dihadapi dalam berbisnis. Namun, bukan berarti kita hanya fokus kepada hal-hal negatif.

Selain realistis, pengusaha yang tangguh perlu untuk memiliki pandangan dan sikap positif. Optimisme akan mendorong kita untuk berani mengambil langkah.

Pandangan yang terlalu negatif terkadang malah membuat kita ragu dan tidak berdaya untuk menghadapi masalah. Sangat wajib untuk jadi realistis, namun jangan sampai jadi pesimis!

7. Sabar melewati semua proses

Kesuksean tidak diraih dalam waktu yang singkat, termasuk juga kesukesan dalam berbisnis. Anda akan melewati banyak proses saat mengelola bisnis.

Tidak semua proses tersebut menyenangkan, ada kalanya Anda akan merasa down. Namun, jika Anda berusaha sekuat tenaga untuk melalui semua prosesnya dan bersabar, Anda pun akan memetik buah manis. Banyak orang yang kurang sabar, merasa tidak mencapai hasil apapun dan menyerah.

Jangan lewatkan berbagai artikel inspiratif seputar bisnis, hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *