Start A Business

7 Faktor yang Harus Diperhatikan Ketika Launching Produk Baru

 

Nah marketer. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman yang saya dapatkan dari proses rilis sebuah produk inovatif dari Jagoan Hosting Indonesia, yakni paket VPS SSD. Karena di sini konteksnya bukan promosi, maka saya tidak akan menjelaskan apa itu paket VPS SSD, anda dapat cari tahu di sini: Paket VPS SSD Jagoan Hosting Indonesia. Melainkan sejumlah faktor yang harus anda perhatikan ketika merilis produk baru agar lebih tepat sasaran dan mendatangkan hasil yang lebih maksimal. Berikut 7 di antaranya:

1. Desain paket yang menarik & atraktif

Bikin desain paket yang berwarna & membuat mata konsumen anda tertarik. Ketika berbicara tentang produk tersebut, maka tonjolkan selling point utamanya. Misalnya kecepatan. Anda punya banyak pilihan nama paket yang ikonik seperti roket, mobil formula atau superhero seperti sonik hingga flash.

2. Penempatan produk

Penempatan produk yang efektif adalah suatu bagian dari proses komunikasi yang membuat manfaat dan fitur-fitur yang dimiliki produk anda begitu jelas. Contohnya bila kita ke Gramedia, maka buku-buku new arrival akan diletakkan di bagian terdepan toko dan membuat kesempatan pengunjung untuk melihat buku baru semakin besar. Penempatan produk baru seperti ini juga berlaku pada dunia online. Di mana penempatan produk baru di salah satu bagian website anda juga akan mempengaruhi proses komunikasi ke pelanggan anda.

3. Buat slogan yang unik

Apple selalu menggunakan slogan yang unik dan menarik, misalnya slogan Macbook Air: “it won’t call it a day until you do” untuk menunjukkan ketahanan baterai dari Macbook Air tersebut. Slogan yang unik akan mudah diingat oleh customer anda.

4. Cek kompetitor anda

Ketika anda merilis produk, sebelumnya anda harus melakukan riset pasar untuk mengetahui produk lain yang mirip / sama dengan anda. Hal ini penting untuk mengetahui value kita dari produk tersebut.

5. Tulis semua fitur produk anda

Setelah poin ke-4 terpenuhi, kita bisa mulai menulis semua kelebihan produk tersebut di banding kompetitor. Fitur yang tidak ada di kompetitor bisa kita jadikan selling point untuk lebih menarik costumer anda.

6. Media Promosi

Ada banyak media yang dapat digunakan untuk melakukan promo produk anda. Salah satunya yang menurut saya paling efektif adalah penggunaan media online seperti website, blog atau sosial media. Jika kita belajar dari statistik (Statistik untuk marketer), blog lebih berpengaruh daripada majalah. Namun penggunaan media cetak seperti majalah atau koran juga masih efektif. Selain itu pemberian demo/trial juga merupakan salah satu kegiatan promo untuk mengenalkan produk anda kepada customer.

7. Waktu

Penting untuk mengetahui kondisi paling aktual untuk meluncurkan sebuah produk. Salah satu contoh saat ini, kurs rupiah terhadap dollar yang terpuruk di angka Rp.11.600. Maka jadi waktu yg tidak tepat untuk meluncurkan promo potongan harga domain, karena harga domain sifatnya fluktuatif menyesuaikan dengan nilai tukar rupiah.

Nah marketer, dari kesemuanya, hal terpenting dari proses rilis produk adalah bagaimana kita memperkenalkan produk & menarik minat konsumen yang melihat produk kita. Sekian, semoga sukses ;-)


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *