Running A Business

7 Fitur yang Membuat Toko Online Bisa Menjual

 

   

Trial & Error merupakan sebuah proses yang tidak dapat dipisahkan dari pengembangan sebuah toko online. Dari sini, kita dapat menemukan rumus yang tepat untuk membuat sebuah toko online yang sesuai dengan tujuannya.

1. Toko Online yang Bisa Menjual.

Saat ini masih terdapat toko online yang dirancang tanpa memikirkan apakah toko online tersebut bisa membantu penjualan pemiliknya. Kebanyakan dari mereka lebih mementingkan sisi design. Sebab memang tidak dapat dipungkiri bahwa “kelihatan bagus” merupakan syarat penting yang mempengaruhi pengunjung untuk betah berlama-lama di toko online anda. Namun, buat apa jika nyatanya jika desain bagus justru membuat toko online tidak memiliki daya jual?

2. Toko Online yang Bukan Sekedar Katalog.

Saat ini masih banyak pengunjung toko online yang sekedar melihat – lihat saja. Mereka tidak memiliki keinginan untuk membeli suatu product. Nah, pasar ini bisa anda gaet dengan strategi-strategi tertentu. Misalnya promo, kategori yang bagus, dlsb. Jadinya toko online anda bukan sekedar katalog.

3. Toko Online yang Bisa Memberikan Kesan Trustable.

Saat ini masih banyak pengunjung yang seringkali meragukan tingkat trustability sebuah toko online. Makanya, penting sekali untuk menonjolkan trusting point dari toko online anda, seperti  informasi yang jelas, alamat yang dapat dilacak, testimoni, dlsb.

Nah JagFamily, berikut adalah 7 fitur yang wajib ada di toko online anda, kami ambil dari proses Trial & Error para online seller pengguna JagoanStore. Kami rasa, fitur-fitur berikut dapat memenuhi setiap kebutuhan di atas:

1. Logo toko online

Logo harus jelas. Dan mampu memberikan kesan profesional. Sebab sebuah logo merupakan identitas dari toko online. Semakin populer sebuah logo, akan semakin mudah untuk mengenali dan meyakinkan customer.

logo

2. Promo

Promo dapat menarik customer untuk menggali lebih dalam lagi isi dari toko online Anda. Selain itu, promo biasanya digunakan sebagai pembanding produk Anda dengan toko online yang lain. Beberapa promo yang paling disukai oleh customer adalah potongan harga dan gratis pengiriman. Anda bisa bermain di antara keduanya

promo 1

3. Update Terbaru

Penting sekali untuk membuat toko online anda terkesan fresh. Yaitu dengan memberi update produk yang rutin.

update

4. Search Product

Fitur pencarian / search membuat pengunjung lebih mudah menemukan keinginan mereka. Jadi bagi pengunjung yang sudah punya preferensi, tidak perlu lagi harus disusahkan dengan membuka satu per satu halaman toko online anda.

cari

5. Metode Pembayaran

Tidak semua pengunjung Toko online Anda bisa melakukan pembayaran sesuai metode yang anda terapkan di website Anda. Makanya, penting sekali untuk melengkapi sebanyak mungkin payment gateway yang memungkinkan.

6. Sosial Media

Terkadang, pengunjung masih perlu review tentang product Anda dari orang lain sebelum memutuskan untuk membeli. Makanya, dengan menambahkan social media pada toko online, Dapat memudahkan pengunjung untuk melihat review product yang berhasil anda kumpulkan melalui social media.

social

7. Trustmark

Trusmark adalah logo /emblem yang menunjukkan keamanan dari pihak eksternal. Misal TRUSTee, McAfee, dlsb. Makanya, anda bisa memasangkan SSL pada server Anda. Kredibilitas toko online anda meningkat berkali-kali lipat.

Trustmark

*Gambar diambil dari sopahola.com, selempang.com, dan dewihijab.com sebagai beberapa toko online yang menurut opini saya sudah meliputi fitur-fitur lengkap yang diperlukan sebuah toko online.

Nah JagFamily, semoga bermanfaat ;-)

           

Artikel Terkait

4 komentar

  • 7 March 2013 - pukul 14:54

    selain itu sebenarnya untuk toko online testimonial juga penting karena untuk mempercayakan calon pembeli lainya.

    • 7 March 2013 - pukul 19:41

      yup benar sekali mas Yogi. Testimonial juga untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk melakukan transaksi. :D

  • 12 April 2013 - pukul 15:21

    maksud dari Trustmark gmn, masih bingung ni,

    • 12 April 2013 - pukul 17:45

      Maksut dari trustmark itu adalah sebuah logo yang berfungsi meyakinkan customers Anda bahwa misal, kalau membeli barang atau transaksi di toko online Anda aman.
      Mungkin Anda akan sering melihat logo logo SSL pada internet banking.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *