Start A Business

7 Ide Bisnis untuk Seorang Pensiunan

 
  • 2
    Shares

Loading...

Ketika tiba saatnya Anda menyandang status sebagai pensiunan, maka akan ada banyak yang ingin Anda lakukan. Ada yang memilih untuk menikmati waktu bebasnya dirumah bersama keluarga, namun tidak jarang yang memilih untuk berbisnis. Jangan bilang seorang pensiunan sudah tidak produktif lagi. Siapa saja memiliki kesempatan untuk tumbuh dan sukses dengan cara mereka masing – masing, termasuk berbisnis di usia tua. Jika Anda masih baru menyandang status tersebut, Anda bisa menggunakan uang pensiunan untuk modal bisnis Anda. Dan tahukah Anda, inilah saatnya Anda mulai bekreasi dengan segala keinginan dan segala apa yang Anda miliki. Karena, biasanya ketika Anda bekerja menjadi seorang karyawan dan berkeinginan untuk membuka usaha, itu akan banyak menemui hambatan, karena Anda sulit mengatur uang dan waktu Anda. Nah, apa saja ide bisnis yang bisa digunakan oleh seorang pensiunan? Berikut ini adalah 7 ide bisnis untuk seorang pensiunan:

1. Membuka toko

Salah satu usaha yang bisa Anda kerjakan adalah membuka sebuah toko, baik yang berskala kecil, seperti menjual peralatan atau kebutuhan rumah tangga, hingga toko dengan skala yang besar, seperti toko elektronik. Anda bisa memfokuskan perhatian Anda kepada bisnis ini, karena Anda memiliki banyak waktu untuk mengurusnya. Untuk modal awal Anda bisa menggunakan uang pensiunan yang Anda miliki.

2. Bisnis kos – kosan atau rumah kontrakan

Jika Anda tidak ingin repot kesana kemari mengurus toko, Anda bisa mencoba membuka bisnis kos – kosan atau rumah kontrakan. Namun, ini untuk Anda yang memiliki modal lebih dalam membuka bisnis kos – kosan atau rumah kontrakan. Akan sangat menguntungkan jika rumah atau lingkungan Anda dekat dengan pusat kota, lokasi perkuliahan, perkantoran dan pusat keramaian lainnya.

3. Bisnis kuliner atau makanan

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dan passion di bidang yang satu ini, bisnis kuliner bisa menjadi alternatif pilihan bisnis Anda setelah Anda pensiun dari pekerjaan Anda. Membuka sebuah usaha katering atau bisnis makanan lainnya bisa Anda lakukan. Ini juga akan tetap membuat Anda tetap berada dirumah, berbisnis sekaligus berkumpul dengan keluarga.

4. Bisnis tanaman

Bisnis tanaman menjadi salah satu pilihan bisnis yang digemari sampai saat ini. Karena, siapa yang tidak menyukai tanaman? Semua orang menyukai tanaman, terlebih bunga. Anda bisa memilih untuk mendirikan bisnis ini dikala Anda sudah pensiun dari pekerjaan Anda. Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis tanaman akan lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan ketika Anda memiliki passion di bidang ini. Anda bisa membuka bisnis ini di rumah Anda sendiri, atau jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa membeli sebuah lahan untuk budidaya dan bisnis tanaman.

5. Bisnis property

Bisnis property masih dinilai sangat sulit untuk dijangkau, namun tidak untuk para mereka yang memiliki jiwa enterpreneur yang tinggi, yaitu berani mencoba. Mengapa dikatakan demikian? Bisnis ini akan sangat memakan banyak uang, jadi bagi Anda yang baru menjadi seorang pensiunan dan ingin memulai bisnis property, maka perhatikan terlebih dahulu modal yang Anda miliki. Jika dirasa cukup atau bahkan lebih, Anda bisa mulai melakukannya.

6. Bisnis online

Anda bisa bersantai dirumah dan dimanapun Anda berada, dengan tetap menghasilkan uang. Salah satu caranya yaitu dengan bisnis online. Tidak memerlukan banyak biaya untuk membuka toko, Anda cukup membuat sebuah website toko online atau berjualan di sosial media untuk melakukan bisnis ini. Anda bisa menjual apa saja yang ingin Anda jual. Uang pensiunan yang Anda miliki, bisa Anda jadikan modal untuk membeli barang yang ingin Anda jual lagi, dan juga membeli sebuah website atau toko online. Anda hanya tinggal diam dan menunggu pesanan, hingga akhirnya uang akan mengalir kedalam rekening Anda.

7. Bisnis konsultan

Bisnis konsultan juga masih menjadi salah satu pilihan bagi beberapa orang setelah mereka pensiun dari pekerjaan mereka. Bisnis ini bisa saja Anda lakukan tanpa mengluarkan uang untuk mendirian tempat, produk atau lain sebagainya. Bahkan, Anda yang akan mendapatkan banyak uang dari bisnis yang satu ini. Anda bisa menjadi seorang konsultan ekonomi, IT, menjadi guru les dan lain sebagainya. Ini tergantung diri Anda dan kemampuan Anda.

Sebenarnya masih banyak ide bisnis untuk para pensiunan yang masih tetap ingin berkarya dan menghasilkan uang. Anda bisa memilih ide bisnis Anda sendiri, sesuai dengan keinginan, kebutuhan pasar, dan juga passion Anda. Jangan biarkan waktu membuat masa pensiunan Anda menjadi sia – sia. Siapapun bisa menghasilkan uang, termasuk Anda. Selamat mencoba ;-)

Loading...

  • 2
    Shares

1 komentar

  • 27 Maret 2015 - pukul 15:02

    Terima kasih masukan yang sangat bermanfaat.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *