Business Says Tips Bisnis

7 Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga: Dijamin Laris Manis!

 

Loading...

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga – Mengurus rumah tangga sambil menghasilkan uang? Tentu saja bisa, Moms! Kini, Anda bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari rumah. Yuk, simak ide-ide usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga berikut ini.

1. Bisnis online shop

Bisnis ini terhitung mudah dan praktis. Dengan modal gadget dan kuota, serta meluangkan waktu untuk aktif di internet, Anda bisa segera memulainya! 

Ada beberapa cara untuk melakukan bisnis online shop. Pertama, Anda bisa membuat online shop dan menjual barang yang Anda produksi sendiri. 

Anda juga bisa berjualan dengan sistem reseller atau dropshipper. Anda hanya perlu memasarkan produk yang berasal dari supplier pada online shop milik Anda. 

Anda bisa menggunakan website, medsos, atau platform e-commerce sebagai tempat Anda menggelar lapak. Layaknya lapak asli, buatlah calon pelanggan betah ‘berkunjung’. Percantik tampilan online shop hingga menjadi semenarik mungkin!

2. Investasi saham online

Anda bisa mendapatkan pemasukan dari berinvestasi saham. Kini, beberapa perusahaan sekuritas menyediakan layanan mendaftar online, sehingga Anda bisa membuka rekening untuk memulai investasi saham.

Anda akan menjadi pemodal suatu perusahaan dengan membeli saham mereka. Ketika perusahaan tersebut memiliki keuntungan, Anda pun akan mendapatkan sesuai porsinya.

Tentunya, Anda perlu mempelajari baik-baik tentang investasi ini. Investasi saham memang bisa menghasilkan keuntungan yang besar, namun risiko yang menyertainya pun tinggi.

3. Freelance writer and translator

Usaha ini cocok sekali bagi Anda yang gemar menulis. Anda bisa menjadi penulis lepas alias freelance writer. Anda hanya butuh modal laptop atau komputer serta kuota. 

Saat ini, banyak perusahaan yang melakukan promosi dengan membuat artikel online. Nah, tugas Anda sebagai freelance writer adalah membuat artikel-artikel menarik yang bisa meningkatkan traffic website atau medsos perusahaan. Selain menulis, beberapa perusahaan juga membutuhkan penerjemah. 

Untuk mendapatkan tawaran pekerjaan, Anda bisa mencarinya di website khusus untuk freelancer. 

4. Bisnis kuliner

Ini salah satu contoh bisnis yang nggak ada matinya. Yuk, jadikan resep-resep masakan andalan Anda sebagai sumber pundi-pundi uang!

Bisnis kuliner yang bisa dilakukan macam-macam jenisnya. Mau bisnis kudapan ringan? Membuat makanan berat? Menjajakan makanan oleh-oleh khas daerah? Berjualan minuman? Menyediakan katering untuk berbagai acara? Semua bisa, tinggal pilih mana yang paling cocok untuk Anda.

Selain menyiapkan hidangan yang lezat, Anda wajib memanfaatkan internet untuk memasarkannya. Buatkan akun khusus di medsos, misalnya di Instagram. Post foto makanan semenarik mungkin, yang bisa membuat orang yang melihatnya tergiur!

Oh ya, kini Anda juga bisa ber-partner dengan jasa ojek online. Orang-orang pun bisa memesan makanan Anda melalui aplikasi ojek online tersebut. 

5. Make up artist

Setiap orang ingin tampil cantik di acara-acara spesialnya. Di sini lah peran make up artist dibutuhkan. Anda bisa merias seseorang untuk berbagai acara, mulai dari wisuda, ulang tahun, hingga lamaran dan pernikahan.

Bisnis ini termasuk bisnis yang booming alias menjamur di mana-mana. Anda punya banyak saingan. Oleh karenanya, teruslah berlatih untuk mengembangkan skill merias Anda.

Eits, selain skill yang perlu diperhatikan, Anda juga perlu memperhatikan aspek keamanan pelanggan. Pastikan bahwa make up Anda terbuat dari bahan-bahan yang aman. Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan. Anda pasti tidak ingin membuat wajah klien jadi iritasi. 

6. Jasa menjahit

Jasa menjahit pun termasuk bisnis yang nggak ada matinya! Selalu ada kebutuhan terkait jahit-menjahit, entah memperbaiki kerusakaan pakaian atau membuat pakaian baru. 

Jika Anda memiliki keahlian menjahit, Anda perlu mempertimbangkan membuka jasa ini. Bisnis ini nyaman dikerjakan di rumah, sehingga Anda masih bisa mengurus rumah tangga. 

7. Bisnis persewaan barang atau properti

Bisnis persewaan pun bisa menjadi bisnis dengan prospek menguntungkan. Anda bisa menyewakan barang-barang seperti kamera, stroller bayi, dan lain-lain. Anda juga bisa menyewakan hunian seperti rumah, apartemen, kantor, dan kost. 

Jika Anda memiliki bisnis persewaan, tugas Anda adalah mengelola barang atau properti yang disewakan. Lakukan riset untuk menentukan tarif sewa yang pas. Selain itu, persiapkan juga dana perawatan barang sewaan.

Terakhir, jangan lupa promosikan bisnis Anda melalui internet. Calon pelanggan pun akan mudah menjangkau Anda.

Usaha sampingan ibu rumah tangga untuk finansial keluarga yang lebih sejahtera

Wah wah, ternyata banyak ide-ide bisnis yang bisa dicoba untuk usaha sampingan! Dengan memiliki sumber pendapatan lain, kesejahteraan finansial keluarga pun semakin meningkat. 

Simak berbagai informasi menarik seputar bisnis lainnya hanya di Mebiso. Selamat mencoba dan salam sukses! 

Baca artikel-artikel lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *