Technology

7 Kesuksesan Menciptakan USP dan Jaminan dalam Bisnis

 

Loading...

Setelah sebelumnya kita mengetahui betapa pentingnya kita untuk mengetahui USP dan jaminan yang kita miliki dalam bisnis, kini saatnya kita mencaritahu bagaimana caranya untuk menciptakan dan memaksimalkan USP dan jaminan yang kita miliki. Karena bagaimanapun dalam sebuah pasar yang sama akan banyak jenis bisnis yang sama pula, itu artinya saingan yang bisnis kita miliki akan semakin banyak. USP dan jaminanlah yang menjadi pembeda dan pembanding bagi bisnis kita dan bisnis lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Mengetahui tujuan adanya USP

Apakah Anda sudah tahu untuk apa bisnis Anda memiliki USP? Jika Anda berfikir bahwa USP adalah hal yang bisa Anda jadikan pembeda, maka Anda tidaklah salah. Namun USP yang Anda miliki harus benar – benar membedakan bisnis Anda dengan bisnis pesaing Anda. USP juga harus memberikan keuntungan berlipat bagi bisnis Anda. USP yang bagus harus memiliki alasan yang bagus untuk menarik orang untuk datang kepada Anda. Jika tidak, maka bisnis tersebut tidak akan terlihat di tengah persaingan. Karena pada dasarnya sebuah bisnis akan berbagi keuntungan dengan bisnis lainnya. Itu sebabnya bisnis Anda harus benar – benar memiliki perbedaan dengan yang lain. Dan jika ingin selalu diingat, maka bisnis Anda harus terlihat benar – benar menonjol dari bisnis yang menjadi pesaing Anda.

2. Mengetahui tujuan adanya jaminan

Jika bisnis Anda berani memberikan sebuah jaminan untuk mendapatkan banyak pelanggan, maka Anda juga harus benar – benar mampu memberikannya. Anda harus konsisten terhadap apapun yang Anda katakan, bahkan janjikan. Jangan pernah sekalipun membuat pelanggan kecewa terhadap janji yang tidak Anda tepati. Tahukah Anda, sebenarnya saat pelanggan datang membeli produk Anda, mereka tidak selalu benar – benar membeli produk atau jasa Anda, tapi mereka membeli keuntungan dari memiliki dan merasakan produk yang Anda jual.

Jaminan pada dasarnya bukan hanya untuk menarik perhatian, tapi juga untuk memberikan keuntungan bagi mereka. Karena kepuasan adalah hal yang harus dipenuhi oleh diri pelanggan – pelanggan Anda. Jika penawaran adalah usaha Anda untuk mendorong pelanggan untuk membeli. Maka Anda harus benar – benar berjanji memberikannya kepada mereka. Bahkan jika mereka tidak merasa menerima apa yang Anda janjikan, maka Anda harus memberikan mereka kompensasi.

Sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda tawarkan adalah prosuk yang tepat. Karena itu akan menjadi alasan untuk mendatangkan pelanggan lebih banyak.

3. Menentukan target market bisnis kita

Sebelum memikirkan detail dari keunikan dan jaminan Anda, terlebih dahulu Anda harus bisa memastikan tentang siapa target market Anda. Mengetahui siapa target market Anda, akan membuat kita lebih mudah dalam berkomunikasi dengan mereka. Anda akan mudah menemukan cara yang mudah untuk menggaet mereka. Anda tidak akan membuang waktu melakukan hal yang sama untuk pelanggan yang berbeda, karena Anda tahu bahwa itu tidak akan berhasil. Anda harus menentukan siapa target market Anda, dimana mereka tinggal, bagaimana mereka berbisnis, berapa usia mereka, dan bagaimana kebiasaan mereka.

4. Mengetahui apa yang membuat diri kita berbeda

Cara terbaik untuk menemukan keunikan Anda adalah mulai melihat bisnis Anda dari arah yang berbeda. Cobalah Anda memposisikan diri sebagai seorang yang tidak mengenal bisnis ini sebelumnya. Cobalah untuk seolah – olah menjadi orang yang sedang mencari solusi dari masalah yang dibutuhkan, dan sedang membandingkan dengan bisnis lain. Temukan apa yang membuat bisnis ini berbeda dan unggul dari lainnya. Pertanyaan yang Anda berikan pada diri sendiri akan membantu kita membedakan bisnis Anda dengan pesaing Anda.

Pada dasarnya, keunikan Anda datang dari tujuh area yang berbeda, yaitu Kualitas, Harga, Servis, Pengiriman, Kenyamanan dan Pengalaman. Pengalaman berarti pengalaman nyata yang mereka dapatkan dari memberi produk di bisnis Anda. Ketika Anda sudah memastikan apa keunikan Anda, sekarang saatnya Anda menulis dan menkomunikasikan dengan tim dan pelanggan Anda. USP harus mampu ditulis dan dikomunikasikan dengan baik. Dan tidak harus terdengar seperti dibuat oleh ahli iklan.

5. Mengetahui jaminan apa yang akan kita berikan

Anda harus tahu terlebih dahulu “apa jaminan yang diinginkan oleh pelanggan Anda dan apa yang sebenarnya bisa Anda janjikan”. Anda harus mencocokkan kemampuan Anda dengan kemauan pelanggan Anda. Seringkali melebih – lebihkan janji adalah hal yang bagus. Tapi kembali lagi, Anda harus bisa memastikan bahwa Anda bisa memberikan itu kepada pelanggan. Sebagai pemilik bisnis, kita harus mengutamakan apa yang diinginkan pelanggan, daripada memikirkan apa yang bisa kita lakukan.

Namun sebelumnya Anda harus tahu “Kesulitan terbesar apa yang dimiliki pelanggan Anda saat berbisnis dengan Anda?”. Anda dapat menempatkan diri kita pada posisi pelanggan yang akan berkata “Andai saja saya bisa menemukan sebuah bisnis yang akan melakukan x untuk saya. Maka saya akan terus datang dan tidak ragu berbisnis dengan mereka”. Bukankah ini yang Anda inginkan?

6. Menentukan teknik dan cara mempromosikan USP atau jaminan

Ada banyak cara untuk menunjukkan USP atau jaminan apa yang Anda miliki. Salah satu yang paling mudah adalah dengan memberitahukan kepada pelanggan lama Anda, bahwa Anda kini memiliki USP atau jaminan yang benar – benar berbeda dari sebelumnya. Anda bisa saja mencontoh bisnis lain dalam mempromosikan USP atau jaminannya kepada Anda. Tapi Anda juga harus tahu bahwa mereka akan memiliki sebelum menentukan. Sebenarnya, pelanggan tahu apa yang mereka inginkan bagi kebutuhan mereka, tapi mereka belum tahu siapa yang akan dan harus mereka pilih. Untuk itu USP atau jaminan Anda harus menjadi jawaban dari pertanyaan itu. Anda harus bisa memberikan mereka solusi untuk memiliki bisnis Anda sebagai solusi dari permasalahan mereka.

7. Memikirkan kebutuhan tambahan

Setelah Anda tahu untuk apa dan bagaimana membuat USP Anda menjadi senjata ampuh bagi bisnis Anda, kini saatnya Anda memberikan pembelajaran dan pelatihan bagi seluruh tim Anda. Anda harus memastikan bahwa tenaga dari dalam perusahaan juga dapat mendukung terciptanya USP atau jaminan yang sesungguhnya. Anggota tim harus tahu dan memahami benar strategi apa yang Anda terapkan. Cek bahwa apa yang Anda ciptakan benar – benar unik dan pastikan bahwa ide unik Anda benar – benar berbeda dan bisa digunakan dimanapun dan kapanpun.

Sumber: Buku Instan Leads

Selamat mencoba.

Baca juga:

Mempelajari Pentingnya USP pada Proses Penjualan

8 Cara Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan Melalui Website Anda

10 Tips Komunikasi yang Efektif kepada Pelanggan Anda

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *