Running A Business

7 Key Factor Sukseskan Website Toko Online Anda

 

Loading...

Berikut kami share pada anda tips-tips yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan potensi penjualan toko online anda berdasarkan 7 key factor website toko online pada umumnya:

Interface Website

Desain website anda jangan sampai hanya mengandalkan selera sendiri. Anda harus memperhatikan apa yang dibutuhkan pengunjung. Misalnya struktur website harus user friendly dan memudahkan calon pembeli menelusuri website anda, penataan content & penyusunan kategori barang harus rapi agar pengunjung gampang menemukan barang yang dicarinya, dan kategori produk harus sesuai dengan apa yang dicari atau kelompok barang yg dijual.

Selain desain, yang harus anda perhatikan adalah rajin-rajin menguji website anda. Jangan sampai ada banyak menu yang error atau konten yang belum terisi. Anda juga harus rajin melakukan update terhadap konten-konten online shop anda.

Gambar Produk

Pastikan gambar produk anda menarik perhatian namun tetap sesuai aslinya. Jangan mengubah warnanya terlalu gelap/cerah yang bisa membuat pembeli kecewa apabila menerima barang yang tidak sesuai dengan gambar. Jika bisa, pastikan user bisa melihat detil-detil dari produk anda (lipatan kain, lekuk ukiran, dsb). Misalnya dengan menambah fitur zoom pada website anda.

Jangan segan untuk belajar sedikit tentang fotografi.

Deskripsi Produk

Buat deskripsi selengkap-lengkapnya dari produk yg anda jual, bisa mengenai material atau kualitasnya. Sebab user tidak bisa meraba barang seperti halnya pada jualan offline. Maka pastikan melalui deskripsi, user bisa mendapatkan gambaran yang jelas dari produk yang anda jual. Berikut beberapa aturan menulis deskripsi produk:

  1. Tulis selengkap-lengkapnya, namun tetap sesuai fakta. Jangan sampai overselling.
  2. Sisipkan keyword-keyword yang anda target untuk membantu upaya SEO anda.
  3. Selain pada product description, anda bisa menulis kelebihan produk-produk anda melalui blog bisnis anda.  Kenapa bisnis anda harus punya blog? Baca ulasan dari Tim Jagoan Hosting Indonesia di sini: Alasan Bisnis Anda Harus Punya Blog.

Pelayanan

Siagakan customer service dan media interaksi yang memadai dengan calon pembeli. Kemudian jadwalkan waktu online anda. Misalnya dengan menuliskan jam online Anda agar pengunjung tahu kapan harus menghubungi Anda. Pertanyaan / email order yang masuk pada jam-jam tersebut setidaknya sudah harus dibalas maksimal 1 jam setelah anda terima.

Proses Belanja

Anda tidak boleh memaksa pengunjung melakukan register sebagai user jika ingin membeli produk di online shop Anda. Jika anda benar-benar butuh collect data pelanggan, maka tawarkan promosi yang bisa membuat calon pembeli anda tidak kabur karena anda mengharuskan registrasi sebagai user.

Faktor penting lain dari proses belanja adalah anda harus menyediakan cara pembayaran yang fleksible dan memudahkan pembeli.

Promosi

Pada umumnya, jika mendengar kata promosi, maka penjual langsung terbayang dengan upaya menarik customer agar mau belanja. Misalnya dengan meninggalkan alamat web di forum2, atau alamat2 situs lainnya yg sering di kunjungi di internet. Tidak salah memang. Namun lewat promosi, anda bisa juga meningkatkan baik jumlah dan nilai transaksi dari calon pembeli anda. Misalnya dengan memberi kupon diskon atau free ongkir untuk pembeli yang telah mencapai total belanjaan dengan nilai tertentu. Pembeli akan merasa diuntungkan dengan membeli lebih banyak / lebih sering dari online shop anda.

Membangun Trust

Anda bisa saja menarik customer. Namun tanpa trust (kepercayaan), transaksi tidak akan terjalin. Upaya membangun trust dilakukan sejak calon pembeli mendarat di website anda dan terus berlanjut hingga barang dipakai pembeli anda. Berikut upaya-upaya membangun trust di awal-awal calon pembeli menemukan website anda:

  • Lengkapkan identitas anda pada halaman ‘About Us’.
  • Gunakan testimoni dari orang yg sudah pernah membeli dengan Anda, dan tampilkan isi testimoninya di online shop Anda.
  • Berani memberikan garansi. Tampilkan langsung kata2 ‘garansi’ di halaman depan toko online Anda

Artikel ini merupakan #kultwit yang disampaikan oleh Danton Prabawanto, melalui akun pribadinya @dantonp. Gabung juga di akun twitter @jagoanhosting untuk #kultwit mengenai serba-serbi website.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *