Running A Business

7 Kunci Keberhasilan Toko Online Menurut Danton Prabawanto

 
  • 83
    Shares

   

Selamat siang pemilik toko online. Jika sampai saat ini anda masih kesulitan menaikkan pemasukan dari toko online anda, ada tips menarik seputar bagaimana meningkatkan potensi penjualan toko online Anda.  Tips dibagi berdasarkan key factor yang umumnya menentukan keberhasilan sebuah website toko online. Semoga bermanfaat ;-) 

Halaman Muka Website

Jangan sampai desain halaman muka website Anda hanya mengandalkan selera sendiri. Anda harus memperhatikan faktor-faktor lain yang dibutuhkan pengunjung. Misalnya kemudahan navigasi, tingkat readibility (keterbacaan) konten, struktur yang user friendly, dan kerapian penyusunan dan pengelompokan kategori produk.

Maka jadwalkan waktu update konten online shop Anda secara rutin. Jadwalkan juga pengujian terhadap semua fungsi yang ada di halaman muka online store Anda. Barangkali Anda akan menemukan error yang bisa langsung diperbaiki atau ada konten yang belum terisi.

Gambar Produk

Foto produk Anda harus bisa menarik perhatian, namun tetap sesuai aslinya. Jangan mengubah warnanya jadi terlalu gelap/cerah yang justru bisa membuat pembeli kecewa apabila menerima barang yang tidak sesuai dengan gambar. Makanya sebagai pemilik toko online, Anda juga harus belajar tentang fotografi agar bisa menemukan komposisi yang tepat. Lewat foto produk, sebisa mungkin pastikan user bisa melihat detil-detil dari produk Anda (lipatan kain, skala ukuran, dsb). Misalnya dengan menambah fitur zoom pada website.

1-toko-online

Pada selempang.com dipajang foto dari sisi yang berbeda agar user bisa melihat detil produk

Deskripsi Produk

Tulis selengkap-lengkapnya tentang deskripsi produk yang Anda jual. Bisa tentang material atau kualitasnya. Sebab user tidak bisa meraba barang seperti pada jualan offline. Maka sebagai gantinya, pastikan user bisa membaca gambaran yang jelas tentang produk Anda. Berikut beberapa aturan menulis deskripsi produk:

  1. Tulis selengkap-lengkapnya, namun tidak melebih-lebihkan / tetap sesuai fakta.
  2. Sisipkan keyword-keyword yang Anda target untuk membantu menambah nilai SEO (Search engine Optimization) website.

Proses Belanja

Anda harus melengkapi toko online anda dengan cara belanja yang mudah dan memudahkan calon pembeli. Misalnya pada proses transaksi dan proses pemesanan. Anda tidak boleh memaksa pengunjung melakukan register sebagai member jika ingin membeli. Jika Anda benar-benar butuh collect data pelanggan, maka tawarkan promosi yang bisa membuat calon pembeli Anda merasa diuntungkan dengan mendaftar jadi member.

2-toko-online

Shopping cart merupakan metode yang umum diterapkan pada online store dan telah diterima masyarakat

Membangun Trust

Pada dasarnya, upaya membangun trust (kepercayaan) dilakukan sejak calon pembeli tiba di website Anda dan terus berlanjut hingga barang dipakai pembeli. Salah satu proses penting dalam membangun trust adalah menciptakan kesan pertama. Anda bisa saja menarik / mengundang customer. Namun tanpa kesan pertama yang baik, transaksi tidak akan terjalin. Berikut beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk membangun kesan pertama:

  • Lengkapkan identitas pada halaman ‘About Us’.
  • Gunakan testimonial orang-orang yang sudah pernah membeli dari Anda, dan tampilkan isi testimoninya halaman muka online shop Anda.
  • Berani memberikan garansi. Tampilkan langsung kata2 ‘garansi’ di halaman muka online store Anda.

Pelayanan

Siagakan customer service dan media interaksi yang memadai dengan calon pembeli. Kemudian jadwalkan waktu online Anda. Misalnya dengan menuliskan jam kerja Anda agar pengunjung tahu kapan bisa menghubungi Anda. Pertanyaan / email order yang masuk pada jam-jam tersebut setidaknya sudah harus dibalas maksimal 1 jam setelah diterima.

3-toko-online

Jagoanhosting.com menjadwalkan waktu online dan menuliskannya pada website 

Promosi

Mungkin jika mendengar kata promosi, Anda langsung terbayang-bayang dengan upaya menarik customer agar mau belanja. Namun kekuatan promosi jauh lebih besar daripada itu. Dengan promosi yang tepat, Anda bisa meningkatkan jumlah dan nilai transaksi dari calon pembeli Anda. Misalnya dengan memberi kupon diskon atau free ongkir untuk pembeli yang telah mencapai total belanjaan dengan nilai tertentu. Pembeli akan merasa diuntungkan dengan membeli lebih banyak / lebih sering dari online shop Anda.

Narasumber (Danton Prabawanto) adalah co-founder PT. BEON Intermedia, perusahaan yang menaungi brand-brand sukses seperti JagoanHosting.com, JagoanStore.com, dan Selempang.com. Anda dapat menghubungi Danton Prabawanto melalui Twitter atau Google+.

           
  • 83
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *