Business Says Keuangan

7 Manfaat yang Bisa Didapat dari Reksa Dana

 

Loading...

Reksa Dana – Psst, instrumen investasi reksadana memiliki nilai plus dibandingkan dengan instrumen lainnya, lho. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu reksa dana?

Apakah yang dimaksud dengan reksadana? Jika berpedoman kepada Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat (27), reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Artinya, Anda tidak perlu pusing karena terjun sendirian dalam proses berinvestasi. Akan ada pihak yang membantu Anda mengelola surat berharga untuk kepentingan investasi, yakni manajer investasi. Menarik, bukan? Nah, portofolio efek sendiri memuat berbagai surat berharga alias kumpulan efek yang dikelola manajer investasi

Ada beberapa jenis reksadana, mulai dari reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, serta reksadana campuran. Untuk mendapatkan detail tentang masing-masing jenis reksadana tersebut, Anda bisa cek langsung di website resmi BEI (Bursa Efek Indonesia).

Inilah deretan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi reksa dana

Reksadana sendiri memiliki beberapa nilai plus sebagai salah satu instrumen investasi. Yap, ada beberapa manfaat yang bisa kamu raih ketika berinvestasi reksadana. Berikut ini adalah di antaranya.

1. Lebih mudah dilakukan

Dalam situsnya, BEI menekankan bahwa reksadana dirancang untuk masyarakat yang berkeinginan untuk berinvestasi, namun memiliki pengetahuan terbatas. Yap, Anda perlu wawasan dan kemampuan yang memadai untuk bisa melakukan investasi pasar modal secara mandiri.

Hal ini cukup berbahaya ketika Anda nekad mulai berinvestasi. Risikonya, Anda bisa salah mengambil langkah dan gagal.

Namun, seperti yang telah digambarkan sebelumnya, investasi reksadana ini terhitung mudah dilakukan. Pekerjaan sulit dari berinvestasi tidak terletak pada diri Anda, melainkan akan dipegang oleh manajer investasi. Mereka akan mengelola portofolio efek dan mengawasi kinerja investasi. Oleh karenanya, investasi reksadana cocok sekali bagi pemula yang masih awam namun sangat ingin berinvestasi.

2. Bisa segera mulai walau modal tidak besar

Manfaat lainnya dari reksadana adalah dari segi ekonomi. Anda tidak perlu khawatir akan modal yang perlu dikeluarkan. Anda bisa langsung berinvestasi tanpa menunggu hingga modal telah terkumpul banyak.

3. Hemat waktu dan tenaga

Selain dirancang untuk masyarakat yang pengetahuan berinvestasinya terbatas, BEI juga menekankan bahwa reksadana juga dirancang untuk masyarakat yang memiliki waktu terbatas. Reksadana cocok bagi individu yang sibuk, karena investasi ini sangat menghemat waktu dan tenaga Anda.

Anda tidak perlu selalu stand by memantau perkembangan investasi, karena hal tersebut dilimpahkan kepada manajer investasi. Menguntungkan sekali, bukan?

4. Reksa dana mudah didapat

Mudah sekali untuk memulai investasi reksadana. Anda bisa mendapatkannya dari perusahaan manajemen aset. Bahkan, kini banyak beredar aplikasi reksadana online, lho. Kamu bisa langsung mendaftar lewat aplikasi tersebut.

Berinvestasi adalah salah satu upaya untuk lebih sejahtera secara finansial. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan lewat investasi, termasuk melalui investasi reksadana.

Namun, selalu tanamkan bahwa investasi pun memiliki risiko yang tinggi. Oleh karenanya, Anda perlu berhati-hati dan senantiasa menambah wawasan seputar investasi.

Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar keuangan dan bisnis persembahan Mebiso. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *