Running A Business

7 Point Singkat Memberi Penghargaan untuk Membangun Komitmen Karyawan

 

Loading...

Apa yang Anda alami ketika Anda merasa dihargai oleh pimpinan Anda? Anda merasa lebih bersemangat bukan? Jika Anda merasa terus dihargai, Anda bahkan akan menganggap pimpinan Anda adalah anggota keluarga Anda yang patut Anda perjuangkan.
Tak dapat dipungkiri, menciptakan sebuah lingkungan kerja yang legendaris perlu dimulai dengan memberikan penghargaan. Legendaris berarti ada cerita didalamnya yang membuat seorang pemimpin menjadi aktornya.

Skill ini bukan hanya dibutuhkan di dalam perusahaan saja. Namun skill ini anda juga dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dimana anda bertindak sebagai Decision maker atau pemimpin dalam organisasi. Contoh paling kecil dari sebuah perusahaan adalah keluarga dimana Anda bertindak sebagai kepala keluarga. Berikut ini 7 poin yang perlu Anda ingat ingat ketika Anda menjadi seorang pemimpin:

1. Bekerjalah lebih keras dan luangkan waktu beberapa menit untuk menghargai teman kerja Anda

Pernahkah Anda dipuji di depan umum oleh pimpinan Anda? Kebanyakan pimpinan saat ini kurang terlatih untuk memberikan penghargaan kepada karyawan dan merasa sibuk dengan setumpuk pekerjaannya, bahkan perlu mengecek pekerjaan bawahan. Padahal kita semua tahu bahwa penghargaan pemimpin kepada bawahan dapat meningkatkan antusiasme karyawan yang berujung pada produktivitas, meskipun itu hanya berupa pujian dan bukan berupa uang.

Saat pertama kali mungkin akan terasa canggung bagi Anda yang tidak pernah memberi penghargaan kepada pekerja Anda. Namun jangan khawatir itu artinya anda sedang berkembang dan penghargaan adalah sesuatu yang mudah untuk Anda kendalikan jika anda sudah terbiasa. Maka biasakanlah, luangkan beberapa menit untuk tim Anda, yang dapat Anda beri penghargaan di depan umum mulai dari orang di sebelah Anda.

2. Penghargaan akan membantu memperbaiki sense of belonging

Memperhatikan dan menghargai perilaku yang tepat adalah kunci untuk memperkuat hubungan antarpekerja dalam kondisi ekonomi yang seperti apapun. Sebagai seorang pemimpin, tugas Anda juga mempertalikan orang – orang yang berharga dalam perusahaan Anda. Anda pun perlu membantu mengarahkan dan mendorong kinerja para pekerja penting Anda.

Sebuah perusahaan “Container Store” yang didaulat majalah fortune sebagai “Best Company to Work for in America”, melakukan pemberian penghargaan yang jarang dilakukan. Perusahaan ini memberikan penghargaan pada karyawan yang memilihi index prestasi hampir paling bawah dalam kriteria kecepatan dan kerapian yang diberikan perusahaan. Namun, pekerja ini melakukan pembaharuan dengan memberi bungkus yang kreatif yang membuatnya perlu waktu lebih banyak sehingga menarik minat pembeli lebih banyak. Lalu, mana yang akan Anda berikan penghargaan?

3. Pilihlah penghargaan yang akan Anda berikan kepada tim Anda dengan bijak

Ingat pepatah “uang tidak dapat membeli segalanya?” Exactly! Jangan menunggu sampai Anda dapat menawari teman kerja Anda dengan kenaikan gaji atau promosi. Tanda terimakasih yang tulus juga merupakan penghargaan. Contohnya: Catat apa yang pekerja Anda sangat inginkan, misalnya sebuah baju untuk ibunya yang akan berulang tahun. Berikan Hadiah itu ketika pekerja Anda pantas mendapatkan penghargaan. Sekali lagi, ini tidak mungkin dilakukan jika Anda tidak memiliki ikatan yang kuat dengan tim Anda karena Anda tidak begitu mengenalnya.

4. Perhatikan cara Anda memberikan penghargaan

Pujian dan penghargaan haruslah spesifik agar dapat memberikan pengaruh. Bukan tidak mungkin ketika Anda memberikan pujian “Kerjamu bagus” dapat berpengaruh sebaliknya, membuat pekerja Anda bertanya-tanya “Apakah pimpinan saya benar-benar tahu apa yang telah kukerjakan selama ini?”. Padahal pekerja tersebut adalah pekerja yang memberikan seluruh hidupnya untuk perusahaan Anda. Maka berikan penghargaan terhadap pribadi di depan publik yang dikaitkan oleh suatu pencapaian. Misal, “Ditra, saya perhatikan caramu menangani keluhan pelanggan. Good Job. Seperti yang diketahui, kita sangat menghargai penyelesaian masalah yang cepat dan solutif sebagai strategi utama kita”.

5. Awasilah panen

Panen yang dimaksud adalah panen penghargaan. Fokuskan penghargaan pada jenis perilaku yang membuat tim dan perusahaan Anda menjadi lebih baik. Maka saat karyawan mengerti, bahwa momen pemberian penghargaan bukanlah kontes kepopuleran, tetapi sarana penting untuk menggerakkan orang orang menuju sebuah tujuan yang spesifik yaitu visi perusahaan, membuat pekerja lebih efisien, dan membuat tim kerja lebih produktif.

6. Jadikan momen pemberian penghargaan patut untuk diingat

Jangan salah mengucapkan nama, jabatan, atau pekerjaan yang membuat karyawan menerima penghargaan. Jadikan momen tersebut sakral dan berpengaruh besar. Acara pemberian penghargaan resmi tidak perlu menjadi sebuah beban, malah menjadi peluang guna mempertalikan pekerja dengan Anda dan tim Anda serta memperkuat tujuan dan visi Anda. Semua itu membutuhkan persiapan, ketulusan dan kekhususan.

7. Terus tumbuhkan pohon penghargaan

Penghargaan menjadi sangat penting bagi seseorang pekerja bila diberikan secara tulus dan spontan. Beberapa bentuk penghargaan penting seharusnya bisa dilakukan dalam tujuh hari sekali. Jadi, jika Anda menunggu sampai akhir tahun saat rapat tahunan, mungkin Anda akan melewatkan “feel this moment” nya, dan kehilangan pekerja Anda.

Pengabaian dalam memberi pengargaan bisa menjadi racun yang pelan-pelan membunuh karakter. Dan penghargaan adalah kunci dan obat yang mujarab untuk menjadikannya lebih baik. Jangan terlalu canggung untuk memulai. Ucapkan terimakasih sesering mungkin agar terbangun hubungan yang kuat sehingga bekerja pun menjadi suatu hal yang menyenangkan yang akhirnya berdampak pada pencapaian target dan visi perusahaan. Selamat mencoba ;-)

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *