Technology

7 Tips Desain Website untuk Memberikan Kenyamanan Pengunjung

 
  • 14
    Shares

Loading...

Dalam membuat sebuah desain untuk halaman website atau blog kita haruslah memperhatikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi setiap pengguna atau audiens. Kita harus mampu menciptakan pengalaman terbaik bagi setiap yang melihat halaman website kita, baik dari warna, tulisan ataupun konten didalamnya. Namun sebenarnya bagaimana cara yang seharusnya dilakukan untuk dapat memberikan kenyamanan bagi para penikmatnya?

1. Keserasian

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum mulai mendesain website atau blog adalah dengan mengkaji desain dan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi oleh desain kita nantinya. Pastikan konsep atau tema dengan desain blog atau website harus serasi. Pastikan Anda mencari referensi terlebih dahulu desain yang seperti apa yang cocok untuk topik blog atau website Anda.

2. Efektifitas dan kesederhanaan

Sekalipun Anda ingin memiliki desain website atau blog yang mewah atau terkesan berkelas, tapi Anda harus memperhatikan keefektifan dari penggunaan website atau blog tersebut. Tidak perlu desain yang macam – macam untuk memenuhi kepuasan pribadi Anda sendiri. Bahkan saat ini desain sederhana atau minimalis sangat booming dan banyak dicari oleh pengguna internet. Anda bisa mulai menyusun ulang rencana untuk mendesain website atau blog Anda. Apakah tetap ingin menjadi mewah atau lebih mementingkan keefektifan dan kesederhanaan desain?

3. Kebergunaan

Dalam mendesain blog atau website, Anda juga harus memperhatikan widget – widget yang digunakan, seperti tombol Call to Action pada toko online, link baik internal atau eksternal. Ini akan memberikan kesan beragam pada isi blog atau website Anda. Untuk memudahkan Anda dalam menganalisa, cobalah bayangkan Anda adalah pengunjung pada website atau blog tersebut. Apa yang Anda rasakan saat melihat desain blog atau website tersebut? Apa yang Anda butuhkan dalam melakukan kegiatan didalamnya? Apakah Anda merasa nyaman atau malah risih saat mulai masuk ke website tersebut.

4. Navigasi

Dalam sebuah website atau blog kebutuhan yang harus dipenuhi lainnya adalah adanya navigasi atau arahan di sebuah website atau blog. Buatlah semudah mungkin navigasi pada website atau blog Anda. Anda bisa mendesain tampilan sebagus apapun, tapi jika Anda melupakan fungsi dan penggunaan navigasi dalam website, website Anda bisa saja dianggap tidak ada apa – apanya. Pastikan berikan navigasi yang menarik, mudah ditemui dan yang jelas mudah untuk digunakan.

5. Ketertarikan

Tujuan kita mendesain halaman website atau blog adalah untuk menarik perhatian siapa saja pengguna internet yang sedang mencari informasi. Salah satunya yang membuat pengunjung tertarik untuk membaca adalah melalui desain, dan desain itu sendiri sangat banyak yang harus diperhatikan. Yaitu seperti berikut ini:

a. Gambar dan icon

Dalam setiap blog atau website keberadaan gambar atau icon tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembacanya. Siapa yang betah membaca artikel atau konten lama – lama tanpa adanya gambar yang membantu menjelaskan isi artikel tersebut. Banyak pengunjung website yang lebih menyukai gambar daripada hanya sekedar tulisan. Infografis bisa menjadi alternatif dalam hal ini.

b. Warna

Warna, komponen terpenting dalam sebuah desain. Desain apapun akan selalu memperhatikan penggunaan warna didalamnya. Warna yang digunakan dapat diartikan sebagai ciri khas penulis atau pemilik websitenya. Warna juga dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung yang melihat desain di beberapa website toko online. Pemilihan warna sangat penting untuk dilakukan agar bisa menemukan keserasian antara warna, desain dan tentu saja tema.

c. Font

Sekalipun tidak sepenting penggunaan warna, namun font merupakan hal yang juga harus diperhatikan. Anda bisa saja mendesain sebagus dengan warna menarik, namun tidak akan berguna jika pengunjung enggan berlama – lama membaca tulisan Anda. Uji penggunaan font pada diri Anda dan orang terdekat Anda. Apakah mereka nyaman dan suka dengan font yang mereka lihat, atau mereka malah merasa tidak tertarik setelah melihatnya?

d. Margin dan padding

Nah, jangan berfikir hanya sebatas 3 hal diatas maka desain Anda sudah bisa diterima oleh audiens. Ada beberapa hal kecil yang sering dilupakan oleh desainer web, salah satunya yaitu masalah margin dan padding pada desain website mereka. Ini berkaitan dengan kerapian penulisan konten Anda di website nantinya. Pengunjung sangat senang ketika mereka membaca tulisan yang rapi dan tidak terlalu membingungkan atau acak – acakan.

6. Bahasa

Dalam setiap teks Call to Action atau teks apapun di website atau blog Anda, tulislah dengan gaya sendiri yang santai. Anda tidak perlu untuk bersikap terlalu resmi. Buatlah kata – kata yang menarik dan yang jelas mudah dimengerti oleh pembaca.

7. Desain Responsive

Seorang desainer atau developer tentu akan selalu update dengan teknologi atau perkembangan teknik dan gaya desain yang sedang ada di masyarakat. Seperti yang saat ini sedang banyak digunakan adalah desain website yang responsive. Artinya adalah desain yang ada bisa tampil dengan baik sekalipun diakses dari perangkat yang lebih kecil dari biasanya. Ini tentunya berguna bagi Anda yang akan membua sebuah tampilan bagi website atau blog Anda. Pastikan desain website atau blog Anda adalah desain yang responsive, sehingga akan menambah rasa tertarik dan minat pembacanya.

Baca juga:

Memilih Warna yang Cocok untuk Bisnis

Anatomi Kesuksesan Website Responsif

[Infografis] Bagaimana Menjadi UX dan UI Desainer

Loading...

  • 14
    Shares

2 komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *