Running A Business

7 Tips Membangun Reputasi Online Bisnis Anda

 

Loading...

Brand adalah nyawa bisnis Anda. Saat Anda sudah menemukan nama dan logo yang cocok untuk brand bisnis Anda, itu saatnya Anda mencari cara memperkenalkan dan memasarkan brand tersebut. Saat proses ini terpenuhi dengan baik, selanjutnya adalah bagaimana cara kita membangun sebuah reputasi yang baik di masyarakat. Dan membangun reputasi bukan hanya bagaimana Anda mengkomunikasikan itu secara langsung kepada pelanggan. Tapi saat ini adalah bagaimana Anda membangun reputasi online bisnis Anda. Karena seperti yang sudah kita tahu, bahwa perkembangan teknologi membawa kita pada era online untuk semua kegiatan, termasuk promosi bisnis. Dan untuk membangun reputasi brand secara online, Anda bisa menyimak tips berikut ini.

1. Waspada

Dalam membangun reputasi bisnis Anda secara online, Anda harus selalu memantau dan mendengarkan percakapan apa yang terjadi pada akun atau postingan sosial media Anda. Apakah mereka membicara bisnis, produk, layanan, pelayanan atau pesain Anda? Atau apakah mereka justru tidak sedikitpun menyinggung bahasan itu. Anda harus mampu memanfaatkan informasi itu. Dari percakapan yang ada, Anda juga bisa menyaring mana yang memiliki bobot dan sekiranya berpengaruh besar bagi bisnis Anda, seperti testimonial pelanggan dan pertanyaan mereka seputar promo yang Anda adakan.

2. Jujur

Jaga kejujuran disaat Anda berniat mencari kepercayaan dari pelanggan dan calon pelanggan Anda. Jika Anda melakukan salah, jangan sungkan mengakuinya dan meminta maaf kepada mereka. Jika masalah yang terjadi adalah kesalahan pada produk, maka jujurlah pada pelanggan tentang apa yang terjadi. Orang – orang akan lebih menghargai suatu komunikasi yang dilandasi kejujuran daripada hanya mengumbar janji dan promosi semata.

3. Terbuka

Tidak mudah menemukan pribadi atau suatu perusahaan yang mau terbuka kepada pelanggan mereka. Tapi keterbukaan ini bukanlah hal yang salah jika dilakukan oleh bisnis Anda. Ketika perusahaan, produk, layanan, atau karyawan Anda berada dibawah tekanan dan serangan, maka ini akan sulit untuk bersikap tertutup. Tapi jika Anda menunjukkan kesediaan untuk berbicara dan berbagi sedikit dengan mereka, mereka akan menciptakan kesan keterbukaan antara bisnis dengan pelanggannya. Dan mereka akan secara otomatis menciptakan pelanggan yang setia untuk bisnis Anda.

4. Jadilah aktif

Sosial media bukan hanya tempat kita melakukan promosi secara masal tanpa ada interaksi apapun. Usaha Anda untuk menjalin hubungan baik dan komunikasi dengan pelanggan dapat terwujud dari keaktifan Anda berinteraksi dengan mereka. Cobalah untuk bisa menjadi teman dan pemberi solusi bagi setiap masalah bisnis yang mereka hadapi. Saat mereka datang kepada bisnis Anda, mereka menaruh harapan bahwa bisnis Anda mampu menjadi solusi bagi mereka. Dan tugas Anda adalah menjadi lebih aktif untuk bertanya dan menyuguhkan solusi bagi mereka.

5. Konsisten

Saat sebuah bisnis sudah mulai tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar, mereka akan dituntut untuk bisa konsisten di segala bidang. Baik secara Visi Misi, planning kerja, atau bahkan kegiatan promosi mereka. Penting bagi sebuah bisnis untuk bisa menunjukkan konsistensi mereka dalam segala hal. Ini ditujukan untuk benar – benar membentuk karakter bisnis tersebut dan juga membangun reputasi baik secara online ataupun offline pelanggan mereka.

6. Kreatif

Teknologi akan terus berkembang, begitupula sosial media. Dari mulai template, cara posting, hingga audienspun akan terus berkembang. Ini yang memaksa pebisnis untuk bisa lebih dan selalu kreatif dalam melakukan kegiatan promosi mereka. Pebisnis juga harus kreatif dalam membentuk reputasi di masyarakat. Banyak ide – ide yang bisa dikembangkan untuk bisa mendekatkan brand kepada pelanggan. Kreatifitas ini yang akan membawa Anda untuk mendapatkan bukan hanya reputasi tapi tentu saja pelanggan yang lebih banyak lagi.

7. Tetaplah bangga

Penting bagi sebuah perusahaan memiliki karyawan yang bangga terhadap Visi Misi yang akan dicapai oleh perusahaan tersebut. Rasa bangga ini yang akan memacu karyawan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan tersebut. Kebanggan ini jugalah yang akan membantu karyawan dalam mengenalkan perusahaannya kepada masyarakat luas dan menciptakan reputasi baik di dalamnya. Karena bagaimanapun masyarakat akan mudah percaya dari apa yang mereka dengar. Baik buruk adalah kunci keberhasilan pembangunan reputasi bisnis di masyarakat.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Reputasi Lebih dari Sekedar Pencapaian Target Bisnis

5 Tips Memikat Hati Pelanggan Melalui Blog Bisnis

Kenapa Bisnis Anda Harus Melakukan Segmentasi Pasar?

Loading...

3 komentar

  • 27 Agustus 2014 - pukul 20:56

    semoga ukm di indonesia bisa semakin berkembang dengan adanya dukungan dari media seperti mebiso ini… trims…

  • 27 Agustus 2014 - pukul 20:58

    semoga ukm di indonesia bisa semakin berkembang dengan adanya dukungan dari media seperti mebiso ini… trims..

  • 7 Maret 2015 - pukul 14:17

    Terima kasih. Artikelnya mantap. Reputasi di bisnis online penting sekali. Memudahkan para pembaca untuk membeli suatu produk secara online, hal itu merupakan nilai yang paling penting di sisi pembeli.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *