Technology

7 Tips Membangun User Experience pada Perangkat Mobile

 

   

Sudah tahu kan jika sekarang mobile device sangat penting sekali bagi kehidupan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat modern. Alasan salah satunya adalah kemudahan. Zaman sekarang banyak sekali smart gadget yang sudah menjadi alat untuk mendukung kebutuhan sehari – hari masyarakat. Oleh karena itu perlu diketahui juga apakah aplikasi gadget sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan penggunaan masyarakat?

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mendukung hal tersebut? Salah satunya adalah dengan mentransfer fitur – fitur yang sering digunakan pada tampilan desktop ke mobile. Ada beberapa tips yang perlu diketahui untuk bisa menyeimbangkan penggunaan fitur di gadget seperti di desktop.

1. Kemudahan

Pada versi mobile harus bisa mendukung fitur – fitur yang ada di versi desktop.

2. Apakah perlu membuat aplikasi sendiri untuk mobile?

Jawabannya adalah tidak. Karena pemilik situs juga membutuhkan kemudahan dalam memaintenance websitenya. Jadi cukup melakukan setting 1 kali saja. Karena antara mobile dan desktop harus selaras.

3. Kebiasaan para penggunakan mobile

Perlu diketahui bahwa 67% pengguna smartphone menggunakan ibu jari kanan dan 33% menggunakan ibu jari kiri. Sebagian besar menggunakan ibu jari kanan atau kiri dan hanya 15% menggunakan keduanya.

MobileGraph

Oleh karena itu Anda perlu memaksimalkan daerah – daerah tertentu pada aplikasi mobile Anda.

image2013-11-13 12-12-11

4. Kecepatan

Perlu diketahui bahwa besar data yang diload antara website mobile dan desktop harus berbeda. Pastinya pada website mobile harus lebih kecil data yang diload. Karena saat ini koneksi mobile belum secepat pada desktop. Jadi jangan memasukkan content dalam jumlah besar, karena akan mempengeruhi load website. Gunakan link yang menuju kehalaman baru jika ingin mendapatkan informasi lebih.

5. Pemilihan warna

Pastikan juga pada mobile website Anda memiliki warna – warna yang cukup mencolok untuk informasi – informasi yang dibutuhkan oleh user.

6. Perhatikan ukuran content Anda

Perlu diingat, jari – jari manusia itu berbeda – beda, namun terdapat ukuran rata – rata lebar jari manusia. Anda harus bisa membuat content seperti button ataupun link text sesuai dengan jari manusia. Tidak terlalu kecil ketika akan disentuh.

image2013-11-13 12-14-0

7. Pembuatan form

Saran dari saya ketika membuat sebuah form untuk label dari inputan form, sebaiknya berada di atas inputan. Mengapa?karena pada website mobile ruangnya sangat sempit. Hal ini akan mempermudah juga dari sisi pengakses untuk melakukan pengisian form.

Nah, apakah Anda memiliki tips lainnya? Jika iya, Anda bisa share di kolom komentar yang sudah tersedia :)

Baca juga:

9 Tren Pengembangan Website Berbasis Mobile

Bikin Versi Mobile Untuk Website WordPress

9 Aplikasi Mockup Website bagi Web Desainer


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *