Leadership

7 Tips Memiliki Cara Kerja Pintar

 

   

Setiap karyawan menginginkan sebuah pekerjaan yang bisa ia kerjakan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Namun kenyataannya, pekerjaan yang diterimanya tidak semudah dan sesingkat itu. Setiap karyawan bukan hanya harus bekerja keras dalam menyelesaikan setiap tugasnya, tapi mereka juga harus mampu membuat strategi untuk bisa mengerjakan setiap pekerjaan dengan baik dan dengan waktu yang minim. Itu sebabnya setiap karyawan harus membuat cara kerja pintar untuk memacu diri mereka dalam menyelesaikan setiap tugasnya.

1. Buat daftar rutin untuk memanage waktu

Untuk sebuah pekerjaan tentu akan ada kegiatan yang sudah biasa dan rutin dilakukan, seperti pertemuan dengan klien, rapat dengan atasan atau bawahan, dan janji kerja lainnya. Buatlah sebuah daftar untuk kegiatan rutin tersebut. Ini akan membantu Anda mengatur waktu saat hendak melakukan kegiatan tersebut. Dan Andapun bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan lainnya.

2. Buat daftar kerja harian, mingguan, bulanan

Untuk daftar pekerjaan yang biasa dilakukan Anda bisa membuat sebuah daftar atau to do list pekerjaan untuk kerja harian, mingguan dan bulanan. Beberapa jenis pekerjaan biasanya memiliki to do list yang sudah jelas untuk ia kerjakan dalam target waktu tertentu. Ini akan membantu Anda berdisiplin dalam menyelesaikan pekerjaan baik harian, mingguan atau bulanan. Buatlah semacam note kecil yang dapat Anda letakkan di meja kerja Anda. Daftar ini yang akan memandu Anda bekerja dan memanage setiap waktu yang Anda miliki.

3. Mencari tahu apa yang harus dilakukan diri sendiri dan orang lain

Sebagai seorang pekerja pintar, kita harus tahu apa yang harus kita lakukan sendiri dan mana yang bisa kita serahkan pada tenaga bantuan di perusahaan kita. Jangan biarkan diri kita menangani semua pekerjaan yang semestinya bisa dibantu oleh tenaga outsource di perusahaan kita. Dengan begitu kita bisa fokus pada sebuah pekerjaan yang memiliki target besar dan waktu yang singkat.

4. Menemukan orang yang bisa membantu pekerjaan Anda

Semisal Anda memiliki sebuah pekerjaan tambahan untuk membuat sebuah persentasi, sedangkan Anda sangat tidak menyukai bagian menulis pada pekerjaan tersebut. Anda bisa meminta bantuan dari orang yang Anda sewa. Ini akan mengurangi sedikit beban Anda dalam mengerjakan pekerjaan yang menjadi kelemahan bagi Anda.

5. Buat target dan berikan diri penghargaan atas pencapaian

Untuk menjadikan diri lebih disiplin dan bersemangat dalam bekerja, kita bisa membuat sebuah target untuk setiap pekerjaan yang kita miliki. Target ini yang akan memacu kita untuk dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih semangat, sehingga mampu menghasilkan hasil pekerjaan yang maksimal. Setelah menyelesaikan dan mencapai target, berikan penghargaan terhadap diri sendiri untuk lebih menghargai kerja keras yang sudah diri kita lakukan.

6. Sedikit menjauh dari gangguan lingkungan kerja yang terlalu bebas

Tidak jarang saat kita sudah ingin fokus mengerjakan dan menyelesaikan tugas, kita akan diganggu oleh lingkungan kerja kita. Ada baiknya kita menghindari gangguan dari lingkungan kerja yang terlalu bebas. Jauhkan diri dari jangkauan internet bila memang tidak diperlukan. Kita juga bisa menjauhkan diri dari smartphone yang kita miliki, hanya sampai batas waktu istirahat tiba. Kita juga bisa menghindar dari obrolan ringan yang panjang dengan rekan kerja kita. Atur waktu untuk bisa fokus menyelesaikan pekerjaan. Jika sudah tiba saatnya istirahat, kita bisa melakukan itu semua.

7. Kurangi respon terhadap email singkat

Email menjadi bagian terpenting dalam setiap kegiatan kita di kantor. Kita dapat menerima lebih dari 10 email setiap harinya, baik dari rekan kerja, klien, atau yang lainnya. Ada baiknya kita mengelompokkan setiap jenis email dan jenis pengirim. Jadi kita bisa fokus pada email yang benar – benar penting dan menanggapinya. Sedangkan untuk email yang tidak terlalu penting bisa kita abaikan dan dibaca di waktu senggang kita. Ini akan membantu kita dalam mengatur waktu kerja kita.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Tips Mudah Bekerja Maksimal

4 Tips Membangkitkan Suasana Kerja yang Nyaman

10 To-do List Digital untuk Kerja yang Lebih Produktif

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *