Technology

7 Tips Mengoptimalkan Kecepatan Website WordPress Anda

 
  • 2
    Shares

Loading...

Sebuah website yang baik dan disukai pengunjung adalah website yang bisa diakses dengan cepat. Mampu menjalankan segala fungsi di dalamnya dengan baik. Dan dari sisi pemilik, website mampu membuat setiap data tersimpan dengan aman. Dari berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan website WordPress, Creativebloq.com menyimpulkan 8 untuk Anda:

1. Aktifkan cache website Anda

Ketika Anda ingin pengunjung lebih cepat mengakses website dan berbagai fitur di dalamnya, Anda bisa menginstal plugin caching seperti WP Super Cache atau W3 Total Cache. Ini akan membuat website WordPress Anda yang dinamis, seolah-olah memiliki hanya memiliki konten HTML yang statis. Sebab daripada membuka halaman untuk setiap pengunjung, website Anda akan menampilkan halaman yang diminta dan pernah ditampilkan untuk pengunjung lainnya.

Anda bisa mengaktifkan server side caching. Gunakan Zlib dan .htaccess apache untuk mengkompres file Anda dengan menggunakan gzip. Server Anda membutuhkan zlib dan mod_deflate. Anda juga bisa mengaktifkan caching browser.

2. Tidak menggunakan file eksternal

Anda bisa meringankan kerja website dengan menggunakan file internal di website Anda. Browser biasanya hanya mendownload 2 file secara paralel dari 1 domain yang digunakan. Dan menggunakan beberapa domain akan meningkatkan jumlah file yang dapat didownload dalam 1 waktu. Maka pertimbangkan untuk menggunakan font eksternal, seperti Google Font.

Kita bisa menggunakan content delivery network(CDN), seperti Amazon CloudFront, atau yang juga disediakan oleh Worpress Hosting Asli Indonesia, yaitu Beon.co.id. Menggunakan CDN akan membantu kita melayani permintaan file statis dari beberapa server pada saat yang sama. Jika Anda menggunakan plugin Jetpack, Anda dapat menggunakan layanan Foton mereka untuk menghost file gambar Anda di jaringan WordPress.com yang GRATIS.

3. Hapus plugin yang tidak dibutuhkan

Salah satu yang memberatkan kerja website kita adalah menginstal berbagai plugin yang sebenarnya tidak diperlukan. Dengan P3(Plugin Performance Profiler) Anda dapat mengetahui pengaruh setiap plugin yang Anda instal di dalam website Anda. Hapuslah segala plugin yang tidak Anda perlukan dan tidak Anda gunakan. Bahkan sekalipun Anda tidak mengaktifkan plugin tersebut, file plugin akan menggunakan ruang atau space di WordPress Anda, dan mengisi database WordPress Anda.

Sangat penting juga untuk Anda menghapus setiap plugin mellaui panel admin WordPress Anda. Pengembangan plugin juga akan membuat Anda menambahkan kegiatan menghapus tabel tambahan dari atabase dan menghapus file plugin yang ada.

4. Optimalkan tema

Anda pasti bingung sekaligus senang memilih tema yang ingin Anda gunakan di website Anda. Sama dengan plugin, ternyata tema website memberikan pengaruh yang cukup besar untuk aktivitas website. Ketika Anda memilih tema, bukan hanya yang memiliki versi mobile, mendukung SEO website Anda dan memiliki tampilan yang menarik saja yang harus Anda pilih. Tapi juga yang tidak memberatkan kerja server website Anda. Anda bisa menggunakan WordPress Theme Check plugin, untuk memastikan kode tema Anda sesuai dengan standar.

Bahkan jika Anda sedang membangun tema custom, Anda harus memastikan itu valid dengan kode semantik dan menghindari link yang rusak atau file yang hilang. Gunakan WordPress Theme Check plugin untuk memastikan bahwa tema buatan Anda sudah sesuai dengan standar yang ada. Sebab beberapa standar ini membantu tema Anda untuk menjadi lebih cepat.

Pastikan juga CSS yang Anda gunakan sangat ramping, sebab ini akan membantu mengurangi jumlah kelas dalam kode Anda. Bila menggunakan javascript, termasuk jQuery, Anda harus memastikan bahwa proses hanya memanggil setiap script sekali. Gunakan jumlah terkecil dari CSS dan JS. Pastikan Anda menggunakan fungsi wp_enqueue_style() dan wp_enqueue_script().

5. Mengurangi jumlah konten

Anda dapat mempercepat akses website Anda dengan mengurangi jumlah konten yang Anda unggah di website. Anda bisa mengurangi penggunakan sidebar dan jumlah widget yang Anda gunakan. Hapus widget yang tidak Anda gunakan dan jumlah postingan yang Anda upload. Berhati-hatilah menggunakan layanan sosial media, jaringan iklan dan layanan yang membantu Anda melacak siapa pengunjung website Anda secara real time. Bandingkan keceatannya ketika Anda menggunakan plugin dengan fungsi yang sama. Anda mungkin perlu membuat setiap ukuran gamabr dengan lebih kecil melalui file function.php.

Anda bisa mengoptimalkan dan mengkompres gamabr Anda sebelum menguploadnya. Anda juga bisa menggunakan plugin yang dapat melakukannya ketika Anda mengupload gamabr, misalnya plugin Imsanity. Anda juga dapat menggunakan layanan smush.it Yahoo!, melalui plugin seperti WP smush.it untuk lebih mengkompres gambar. Pastikan Anda sudah mengatur ukuran gambar default di admin WordPress, sehingga browser pun tidak perlu membuat skala gambar dengan cepat.

6. Jaga database Anda

Pastikan untuk mengoptimalkan dan memperbaiki database MySQL Anda. Anda dapat menggunakan plugin atau meminimalkan kerja database seperti di phpMyAdmin. Anda juga dapat melakukan beberapa hal untuk meringankan beban pada database, seperti mengosongkan folder sampah atau spam di WordPress Anda, menghapus pengguna yang tidak lagi aktif, mengurangi jumlah revisi yang Anda lakukan untuk postingan di halaman WordPress Anda, bahkan menghapus gamabr yang tidak lagi terpakai.

7. Pilih hosting yang mendukung

Selain melakukan 6 langkah di atas, yang paling penting ketika Anda menggunakan WordPress adalah memilih hosting yang sesuai dengan Wordpess Anda. Sebab menggunakan shared hostin biasa akan membuat kerja WordPress Anda menjadi tidak optimal. Bahkan jika Anda belum tahu, kini WordPress pun memiliki hosting khusus. Seperti yang disediakan oleh Beon.co.id, yang menyediakan Hosting khusus untuk WordPress Anda. Mulai dari mengoptimalkan kerja tema, plugin sampai melindungi WordPress dari serangan spaming dan juga virus ataupun hacker. Dengan menggunakan hosting yang sesuai, Anda bisa melakukan apapun di WordPress Anda, memposting konten ini dan itu, gambar ini dan itu, tanpa perlu takut mengurangi kecepatan dan mengurangi tingkat keamanan WordPress Anda.

2

Nah, jika sudah begitu apa masih ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk memiliki website WordPress yang cepat? Pengunjung atau bahkan pelanggan Anda harus merasakan bahwa website Anda yang menggunakan WordPress sekalipun dapat bekerja dan melayani mereka dengan sangat baik. Contohnya dari kecepatan akses yang mereka rasakan. Dengan menggunakan Hosting khusus WordPress, kini WordPress Anda tidak perlu lagi khawatir tidak dapat bekerja dengan baik. Anda bisa lebih santai menikmati proses pembuatan konten, tanpa harus repot dan bingung dengan urusan teknis WordPress Anda.

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *