Start A Business

7 Tips Menjadi Solopreneur yang Suskes Membangun Bisnis Rumahan

 
  • 43
    Shares

Loading...

Di zaman yang sudah berkembang ini banyak sekali bidang dan jenis bisnis yang bermunculan di masyarakat. Baik bisnis skala besar ataupun yang masih berskala kecil. Sebuah bisnis tidak dinilai dari dimana ia didirikan, tapi dari bagaimana ia dibentuk dan mampu menghasilkan solusi bagi masyarakat. Karena saat ini bisnispun bisa kita mulai dari rumah kita sendiri. Bisnis rumahan bukan lagi hal yang aneh dilakukan oleh beberapa pebisnis, terlebih bagi mereka yang memilih untuk menjadi seorang solopreneur. Namun, bagaimana seorang solopreneur mampu mengembangkan bisnis yang ia bangun dari rumah?

1. Gunakan teknologi

Sekalipun Anda bekerja dan membangun bisnis dari rumah Anda sendiri, jangan pernah meninggalkan perkembangan dunia luar. Anda harus terus mengikuti apa yang sedang berkembang dan apa yang akan muncul di perkembangan tersebut. Bukan hanya perkembangan model bisnis saja, perkembangan teknologi juga patut Anda perhatikan. Bisnis Anda harus mampu beradaptasi dengan setiap perkembangan yang muncul di masyarakat. Ini juga harus Anda perhatikan saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang solopreneur dan mengembangkan sendiri bisnis Anda.

2. Outsource

Terkadang solopreneur bukan berarti Anda harus benar – benar bekerja sendiri. Anda masih memiliki kesempatan untuk merekrut seseorang dan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Sekalipun bisnis yang Anda bangun bertempat di rumah Anda, tetap perhatikan kenyamanan karyawan Anda saat bekerja. Karyawan yang Anda rekrut juga bisa seorang freelancer, jadi itu artinya mereka tidak harus datang ke rumah Anda untuk bekerja.

3. Amati setiap kesempatan

Untuk menjadi seorang enterpreneur yang sukses kita dituntut harus mampu membaca setiap kesempatan yang muncul di sekitar kita. Ini tidak terkecuali berlaku bagi Anda yang memutuskan untuk bersolopreneur dan membangun bisnis rumahan Anda sendiri. Apapun bidang bisnisnya, tentu saja bisa menjadi ladang kesuksesan Anda sekalipun itu didirikan di rumah Anda. Ini sebabnya Anda perlu dan harus tahu segala perkembangan baik bisnis ataupun teknologi di masyarakat. Anda harus mampu melihat setiap peluang dan kesempatan bisnis yang ada di sekitar Anda.

4. Perlakukan bisnis Anda seperti bisnis pada umumnya

Bisnis Anda mungkin berbeda, karena dibangun dan dikembangkan di lingkungan terdekat Anda, contohnya rumah Anda sendiri. Tapi bukan tidak mungkin jika Anda juga harus memperhatikan keseimbangan antara proses bisnis dan kualitas output yang nantinya Anda jual kepasaran. Anda harus terus memeriksa apakah bisnis Anda sudah memiliki struktur yang jelas dan mendukung pencapaian Anda terhadap target bisnis Anda? Anda juga harus memperhatikan pentingnya tenaga ahli pada masing – masing bidang pada bisnis Anda. Jika bisnis Anda sudah mulai berkembang, maka tentunya Anda harus merekrut orang yang ahli pada bagian yang Anda butuhkan. Ini juga akan membantu Anda fokus dalam mengembangkan bisnis dan tidak lagi bingung menjalankan banyak pekerjaan dalam satu waktu bersamaan.

5. Berinvestasi untuk pertumbuhan

Menjalankan bisnis rumahan memang tidak akan mengeluarkan banyak biaya jika dibandingkan ketika Anda berbisnis dan menyewa tempat di luar sana. Namun ini tetap mengaharuskan pemilik bisnis rumahan untuk menginvestasikan sebagian uang mereka kepada bisnis yang saat ini ia jalankan.

6. Jangan lupakan rencana Anda

Ketika Anda memilih untuk bersolopreneur, Anda harus yakin bahwa apa yang Anda lakukan akan membawa konsistensi yang besar bagi sikap Anda dalam proses pengembangan bisnis. Ingatlah setiap tujuan awal dari langkah bisnis Anda. Anda harus fokus pada setiap langkah yang Anda ambil untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Jangan mudah terpengaruh dengan hal yang dapat merugikan Anda dan bisnis Anda. Itu sebabnya Anda perlu memilih dan memilah apa saja langkah yang harus dan tidak boleh Anda ambil dalam mengembangkan bisnis.

7. Tetap mencari relasi

Sekalipun bekerja dirumah, Anda tetap harus mencari kawan dan berkumpul bersama pebisnis lainnya. Anda harus mencari relasi sebanyak mungkin untuk kelangsungan bisnis Anda. Bisnis Anda bukan hanya butuh pelanggan, tapi juga butuh relasi untuk bisa memperkenalkan dan mempertahankan bisnis Anda di pasaran. Tanpa relasi, Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan dan pasar yang lebih luas. Jadi pastikan bisnis rumahan Anda dikenal oleh banyak orang sekalipun itu jauh dari lokasi bisnis Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Tips Memikat Hati Pelanggan Melalui Blog Bisnis

4 Tips Menggunakan Jaringan untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

Uji Fokus Anda pada Visi Bisnis dengan 8 Pertanyaan Ini

Loading...

  • 43
    Shares

3 komentar

  • 9 Juni 2014 - pukul 22:12

    Walaupun di bilang bisnis di rumah, namun bukan berarti bisnis tersebut bisa kita kerjakan dengan asal – asalan. Apapun bisnisnya termasuk bisnis di rumah harus dikelola secara profesional untuk dapat berhasil dengan baik. Perencanaan sampai pemasaran harus direncanakan dengan matang.

    • Administrator
      10 Juni 2014 - pukul 7:55

      Benar sekali Pak, karena bagaimanapun bentuk dan konsep bisnis yang dibuat harus dikelola dan dikembangkan dengan maksimal :) Terimakasih Pak atas masukannya :)

  • 30 Maret 2019 - pukul 17:19

    Nice artikel… Tips yang sangat membantu buat yang mau menjalankan bisnis ala rumahan. Terimakasih…

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *