Technology

7 Tips Optimasi WordPress Anda

 

Loading...

Jagfamily, berikut beberapa tips optimasi WordPress yang saya ambil dari pengalaman pribadi. Apabila anda punya rekomendasi lain? Mari share di sini ;-)

1. Beri batas terhadap jumlah post dalam tiap halaman dan jumlah feed yang harus ditampilkan. Sekitar 5 – 6 post saja sudah cukup. Namun dapat bervariasi, tergantung dari panjang post anda.

 2. Jangan terlalu banyak memasang gambar / media lain. Jika harus menggunakan gambar, gunakan gambar yang ukuran (filesize) nya tidak terlalu besar. Jika perlu, anda bisa optimasi dulu gambar di Photoshop anda sebelum diunggah ke blog. Photoshop punya fitur Save for Web yang dapat anda manfaatkan untuk optimasi resolusi dan filesize gambar.

3. Hapus plugin yang benar-benar sudah tidak diperlukan lagi. Terlalu banyak menggunakan plugin bisa memperlambat kinerja website anda.

 4. Gunakan plugin optimasi:

– WP Smush.it untuk kompresi gambar.

– WP Minify untuk optimasi Javascript anda.

– WP Super Cache / W3 Total Cache. Cache dapat membantu mengurangi resource server secara signifikan.

5. Beberapa plugin backup pada WordPress menggunakan resource yang cukup besar. Jadi, anda bisa batasi penggunaannya. Apabila perlu backup, anda bisa backup rutin melalui cPanel. Berikut adalah panduan backup yang bisa anda lakukan sendiri: Backup via cPanel.

6. Sesuaikan permalink website dan hindari setting yang tidak direkomendasikan. Setting permalink yang diperbolehkan dan yang tidak, dapat anda cek disini: http://codex.wordpress.org/Using_Permalinks

7. Anda dapat menguji efisiensi website anda melalui beberapa layanan seperti: webpagetest.org, gtmetrix.com atau websiteoptimization.com/services/analyze.

Loading...

4 komentar

  • hargagadget.info
    6 Februari 2013 - pukul 17:35

    maaf tanya. apakah seo wordpress lebih bagus dari pada blogspot??

    • 9 Februari 2013 - pukul 10:58

      kalau dari sisi seo google, mungkin blogspot bisa jadi lebih baik pak.
      mengingat blogger sudah jadi produk punya google.
      namun pada dasarnya, seo sendiri tergantung dengan pelakunya :-)

  • 9 November 2014 - pukul 13:21

    Kalo saya dalam mengkompresi gambar sering pakai photoshop di fitur Save As Web. Ukuran gambar yang mulanya 200Mb, bisa nyusut sampai 100kb – 300kb. Ini saya terapkan di website saya Distorsi ketajaman gambar nyaris tidak terlihat. Besarnya hasil kompresi tergantung pada format penyimpanan (JPEG, PNG atau GIF). Cara ini cukup ribet sih tapi cukup membantu untuk kecepatan akses website. itu pengalaman sy mas admin. Salam kenal.

  • 22 April 2015 - pukul 9:36

    Hi would you mind sharing which blog platform you’re using? I’m planning to start my own blog soon but I’m having a tough time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m looking for something unique. P.S Apologies for getting off-topic but I had to ask!

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *