Start A Business Tips Bisnis

7 Usaha Sampingan Karyawan dengan Modal Kecil

 

Loading...

Usaha Sampingan Karyawan – Ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain dari gaji sebagai karyawan? 7 usaha sampingan berikut hanya butuh modal kecil, tentunya wajib dicoba!

Inilah manfaat dari memiliki usaha sampingan karyawan

Tentunya, butuh ketekunan dan energi ekstra untuk dapat menjalankan usaha sampingan sambil bekerja. Hal ini memang cukup menantang dan penuh risiko.  

Walaupun demikian, memiliki usaha sampingan selain bekerja patut untuk dicoba. Memiliki usaha sampingan ternyata membawa manfaat yang baik untuk diri.

Dengan memiliki usaha sampingan, Anda akan menambah sumber penghasilan. Secara tidak langsung, hal ini juga dapat memperkuat CV Anda. Anda mengembangkan suatu kemampuan tertentu dan memperkaya portofolio diri.

Wah, ternyata lumayan sekali, bukan? Kalau sudah begini, yakin masih belum mau mencoba berbisnis sampingan?

Yuk, coba ide-ide usaha sampingan karyawan berikut ini!

1. Berjualan online

Berjualan secara online juga bisa mendatangkan untung yang lumayan. Anda bisa berjualan barang yang Anda produksi sendiri. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk memproduksi barang, Anda bisa menjadi distributor dengan sistem reseller atau dropshipper.

Kini, sudah banyak platform jual-beli online yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa berjualan di platform e-commerce , atau berjualan lewat medsos dan website pribadi.

2. Usaha katering makanan untuk rekan kerja sekantor

Beberapa kantor tidak menyediakan jatah makan siang berupa makanan siap konsumsi. Apakah ini terjadi juga di kantor Anda? Hal ini bisa Anda jadikan peluang untuk berbisnis, lho.

Anda bisa membuka jasa katering kecil-kecilan untuk rekan kerja di kantor. Rekan kerja Anda bisa memesan menu makan pagi atau makan siang kepada Anda. Jadinya, mereka tidak perlu repot-repot menyiapkan bekal atau mencari makan siang ke luar.

Untuk memenuhi pesanan, Anda bisa memproduksi makanan sendiri. Ada juga cara lebih praktis, yakni memesan makanan tersebut dari orang lain alias menjadi agen penyalur.

Oh ya, selain menu makan berat, Anda juga bisa menyediakan menu makanan ringan. Makanan ringan seperti jajanan pasar atau aneka kue cukup oke untuk dijual.

3. Jasa les privat untuk siswa

Anda juga bisa membuka jasa les privat. Anda bisa mengajar siswa SD, SMP, atau SMA, sesuai dengan materi yang Anda kuasai. Psst, selain menguasai materi, Anda juga harus telaten dan sabar dalam mengajar, lho.

Usaha ini termasuk irit modal. Modal yang Anda butuhkan adalah waktu luang untuk mengajar. Anda bisa menggunakan waktu setelah pulang kerja atau saat libur kerja di akhir pekan.

4. Jasa desain grafis

Usaha di bidang ini terhitung lumayan. Anda bisa membuka jasa desain untuk berbagai hal, mulai dari desain undangan, logo, hinggaartwork atau karya seni untuk dijadikan hadiah.

Manfaatkan medsos atau website pribadi untuk menaruh portofolio karya-karya Anda, sekaligus media berpromosi. Selain itu, tentunya selalu tingkatkan kemampuan Anda dalam mendesain.

Buatlah desain yang unik dan khas, dengan suatu gaya tertentu. Desain yang unik dan khas akan membuat orang-orang tertarik, bahkan membayar tarif lebih mahal, lho.

5. Menjadi blogger profesional

Menulis blog ternyata bisa mendatangkan uang yang lumayan. Anda bisa mendaftarkan untuk google adsense, sehingga blog Anda bisa memuat iklan promosi. Setiap kali pengunjung blog meng-klik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan komisi.

Tugas Anda adalah mengupayakan membuat traffic blog yang bagus. Buatlah blog Anda jadi sering dikunjungi orang-orang. Tentunya, Anda perlu membuat tulisan yang bagus.

6. Menjadi freelance writer

Selain menjadi blogger, Anda yang hobi menulis bisa menjadi freelance writer. Anda bisa membuat konten-konten untuk kebutuhan promosi perusahaan atau bisnis. Anda bisa mendapatkan job untuk jadi penulis konten lewat berbagai situs freelancer, misalnya fiverr.com.

7. Menjadi content creator

Menjadi content creator adalah profesi yang jika ditekuni bisa mendatangkan keuntungan besar. Tak hanya sekadar terkenal, Anda juga bisa menjadi sumber inspirasi dan memberikan wawasan bagi orang banyak dengan membuat konten berkualitas.

Ada dua hal penting yang harus Anda perhatikan. Pertama, tentukan dulu jenis konten yang ingin Anda hasilkan serta platform mana untuk menerbitkan karya-karya Anda. Kedua, temukan cara untuk monetisasi, alias mendapatkan uang dari konten yang dibuat.

Jika hobi fotografi atau membuat konten terkait lifestyle, Anda bisa memanfaatkan Instagram. Anda juga bisa menjadi Youtuber kalau senang membuat konten video. Anda juga bisa membuat podcast di beberapa platform seperti Soundcloud atau Spotify.

Usaha sampingan karyawan: Cara ampuh agar lebih sejahtera finansial

Memiliki beberapa sumber pendapatan merupakan cara untuk meningkatkan kesejahteraan finansial. Menjalankan usaha sampingan adalah salah satu strategi untuk mewujudkannya.

Simak berbagai tips seputar menjalankan bisnis untuk mendapatkan pendapatan tambahan hanya di Mebiso. Selamat menambah wawasan, selamat berbisnis!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *