Leadership

7 Warisan Warren Buffet Soal Kepemimpinan

 
  • 87
    Shares

Loading...

Siapa yang tidak tahu Warren Buffett? Seorang investor yang sukses di abad ke-20 ini. Sebagai CEO dan pemegang saham terbesar dari Berkshire Hathaway dan seorang yang secara konsisten masuk dalam perinkat orang terkaya dunia. Ia adalah pribadi yang pintar, cerdas dalam melihat peluang, dan juga licin, bahkan diusianya yang mulai menginjak angka 80an.

Pria dengan julukan Oracle of Omaha ini telah berjanji akan menyumbangkan 99 persen kekayaannya. Dan kini ia akan membagikan beberapa tips untuk membentuk jiwa kepemimpinan bagi orang banyak.

1. Berani mengambil resiko

“Resiko datang ketika kita tidak tahu apa yang kita lakukan”, Kata Buffett. Dan itu berarti kita dapat melakukan salah satu dari dua hal itu. Entah kita akan mengambil resiko besar atau akan berjalan lancar. Kita cukup mempelajari apa yang perlu kita lakukan, melakukan dengan tidak tergesa – gesa, dan meminimalkan resiko. Jelas pendekatan yang terakhir adalah yang terbaik, tapi tentu tidak memberikan kepuasaan secara instan.

Seorang pemimpin memang harus berani mengambil resiko. Untuk dirinya sendiri dan juga untuk orang lain. Mereka harus berani saat yang lainnya masih ragu atas kemampuannya. Keputusan bijak harus diambil dengan cepat, tapi tetap dengan teliti dan memperhitungkan baik dan buruknya.

2. Menjaga reputasi

“Dibutuhkan 20 tahun untuk membangun reputasi yang baik dan hanya 5 menit untuk merusaknya. Jika Anda berfikir tentang hal ini, maka Anda akan melakukan sesuatu yang berbeda”. Hal ini tentu saja sangat berlaku di era digital seperti sekarang ini. Dimana kita menemukan banyak tulisan, kata – kata, ataupun video yang bisa merusak citra yang sudah kita bangun dengan susah payah.

Seorang pemimpin harus bisa menjaga dan terus mengembangkan reputasi yang sudah ia miliki. Gunakan cara yang bisa diterima dengan baik oleh orang lain, bukan hanya yang terpaku pada pencapaian tujuan kita.

3. Bergaul dengan mereka yang lebih baik dari kita

Bergaul dengan mereka yang lebih baik dari kita, dari segi pendidikan, pengalaman dan juga perilaku. Mengapa harus begitu? berkumpul dengan mereka yang lebih baik akan memberikan banyak inspirasi bagi kita untuk berbuat lebih baik lagi. Kita bisa banyak belajar bukan hanya masalah bisnis, tapi bagaimana mengelola dengan baik dan berperilaku dengan baik.

4. Jangan hanya melihat ke belakang

“Dalam dunia bisnis, kaca spion selalu lebih jelas daripada kaca depan”, kata Buffett. Tentu saja benar di hampir setiap aspek kehidupan kita juga. Tapi untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang besar, cobalah untuk berhenti berfokus pada kaca spion. Meskipun kita akan banyak belajar dari pengalaman di belakang, tapi bergerak maju akan jauh lebih hebat dari hanya sekedar melihat yang sudah – sudah.

5. Jangan takut dengan kesalahan sebodoh apapun itu

Tidak ada orang yang sukses tanpa melakukan kesalahan bodoh sekecil apapun itu. Seperti halnya Buffett yang sering kehilangan uang ratusan juta dolar bahkan ratusan miliar dolar hanya karena kesalah bodohnya. Tapi baginya ini adalah sebuah permainan. Setiap sandungan adalah kesempatan untuk belajar dan sebuah peringatan ketika kita akan melakukan hal yang sama di masa depan.

6. Dia tahu kapan harus berhenti

Seorang pemimpin harus bisa mengendalikan hasrat untuk terus menang dan menjadi unggul diantara yang lain. Mereka harus sadar bahwa tidak setiap proyek akan bernilai sebuah keuntungan bagi dirinya. Keras kepala hanya akan memberikan efek buruk untuk diri mereka sendiri dan untuk orang yang berada di bawah pimpinannya.

7. Sederhana

Buffett adalah seorang yang hemat. Ia dikenal sebagai seorang investor yang hemat, ia tinggal disebuah rumah lama, menikmati makanan sederhana, dan tidak melulu ingin update dengan teknologi terbaru. Meskipun ia merupakan seorang yang memiliki kekayaan berlimpah dan mendapatkan gaji dasar sebesar $100.000 setahunnya di Berkshire Hathaway. Ini adalah gaji yang tidak berubah dalam 25 tahun. Saat ini banyak pemimpin di dunia yang mengambil kesempatan untuk hidup mewah dan nyaman.

Baca juga:

5 Tips Kepemimpinan bagi Introvert

Apa Saja Kebiasaan yang Dilakukan Orang – Orang Sukses Di Dunia?

9 Hal yang Diharapkan oleh Bawahan Anda

Loading...

  • 87
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *