Leadership

8 Aturan Wajib Dipatuhi agar Tetap Produktif saat Bekerja Sendiri

 

   

Banyak dari karyawan perusahaan yang mengeluh tentang banyaknya meeting yang harus dilakukan dan tugas yang tidak kunjung selesai. Mereka mengaku tidak mampu produktif menyelesaikan tugas disaat harus melakukan banyak pertemuan baik di dalam atuapun di luar kantor. Padahal produktivitas seseorang tidak tergantung dari seberapa banyak waktu yang dia habiskan di depan tugas, tapi seberapa banyak yang dia kerjakan dalam waktu yang singkat.

Padahal seorang freelancer ataupun pengusaha sering menghabiskan waktu lebih banyak untuk membangun sistem kerja mereka. Mereka bukan hanya menyusun rencana, tapi mereka juga melakukan setiap tugas mereka sendiri. Inilah yang membuat siapapun yang bekerja sendiri harus pintar – pintar menjadi seorang yang produktif. Dan berikut ini adalah 8 aturan yang wajib dipatuhi untuk kamu yang bekerja sendiri:

1. Gunakan waktu kamu yang fleksibel dengan lebih baik

Kamu yang bekerja untuk diri sendiri tentu memiliki waktu yang lebih fleksibel daripada mereka yang bekerja di kantor. Kamu dan orang terdekat tentu sangat senang akan hal ini. Karena kamu memiliki lebih banyak waktu bersama mereka. Tapi ketika kamu terlalu menikmati ini, waktu produktif kerja kamu tentu akan menjadi korban.

Cobalah berkomitmen untuk tidak mengorbankan waktu bekerja untuk kesenangan diri sendiri. Beri alasan dan penjelasan yang tidak menyinggung siapapun tentang waktu kerja kamu. Justru ketika kamu berhasil menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan bisa bergabung bersama orang terdekat untuk bersenang – senang itu akan jauh lebih bijaksana.

2. Buatlah batas waktu kerja untuk diri kamu sendiri

Waktu kerja yang tidak terbatas bukan berarti kamu mengorbankan kesehatan dan kepentingan kamu. Ketika kamu bisa lebih produktif dalam bekerja, kamu juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Buatlah batas waktu kerja kamu sendiri. Jangan tergoda untuk terus bekerja sampai tengah malam dan mengabaikan kesehatan diri.

Kamu harus tahu, kalau ada “Batas Waktu” nyata bagi kita untuk bekerja tepat waktu dan maka yang harus dilakukan sampai larut malam.

3. Jadwalkan semua pekerjaan

Buatkan komitmen dengan diri sendiri untuk setiap to do list yang akan dilakukan. Ini bukan hanya memaksa kita untuk menentukan jumlah waktu setiap tugas yang harus diselesaikan. Tapi juga membantu kita untuk membuat rencana yang jelas untuk diri sendiri.

Dan yang perlu kita tahu, tidak ada yang lebih mengecewakan ketika kita melebih – lebihkan apa yang kita sanggup dan tidak bisa menyelesaikannya. Jadi cobalah menjadwalkan apapun yang harus dilakukan dan apa yang ingin dikerjakan dengan berkaca pada kemampuan diri sendiri.

4. Gunakan waktu pertemuan dengan maksimal

Bekerja sendiri membuat kita lebih mudah melakukan pertemuan di luar tempat kita bekerja. Dan tidak adanya ikatan waktu dari atasan membuat kita kadang lupa waktu ketika ngobrol dengan klien. Pentin bagi kita untuk mengatur waktu dengan baik saat melakukan pertemuan itu.

Entah pertemuan secara langsung ataupun melalui media online. Membuang – buang waktu saat meeting akan menguras waktu produktif kerja kita.

5. Lakukan hal yang dekat dengan “uang” terlebih dahulu

Kadang kita kesulitan mengatur waktu sekalipun sudah memiliki to do list untuk daftar pekerjaan kita. Tapi tahukah kamu mana yang lebih prioritas dari semuanya? Jika kamu bingung, lakukan saja pekerjaan yang dekat dengan “uang”, seperti memperbaiki laporan keuangan, membuat tagihan, faktur dan laporan penjualan lainnya. Karena hal – hal ini tidak bisa menunggu waktu senggang kita. Lakukan dengan segera dan segera selesaikan hari itu juga!

6. Buatlah checklist visual kamu sendiri

Siapa yang tidak jenggah saat menatap meja penuh dengan kertas warna – warni berisi tugas yang harus segera diselesaikan? Buatlah checklist untuk setiap pekerjaan yang sudah kamu selesaikan. Entah tugas wajib kamu atau tugas tambahan yang sudah kamu catat sebelumnya. Bukankah akan lebih menyenangkan ketika setiap kategori tugas kamu sudah kamu checklist dan mulai menuliskan tugas yang lainnya? :)

7. Gunakan 1 hari untuk menjadwalkan tugas

Jika kamu harus men-checklist setiap tugas yang sudah dibuat, kini saatnya kembali menuliskan apa saja yang harus kamu selesaikan hari ini dan satu minggu ini. Luangkan waktu di akhir minggu untuk menyelesaikan checklist tugas dan membuat to do list baru untuk 1 minggu ke depan. Kamu harus tahu tugas mana yang berhasil kamu kerjakan dan mana yang belum kamu selesaikan.

8. Kamu tahu kapan waktu untuk bersantai

Sebagian besar dari kita cenderung bisa dengan cepat berpindah ke zona tidak produktif saat bekerja. Pemicunya sangatlah beragam, mulai dari godaan untuk online Facebook, menjawab email atau munkin bermain dengan teman di luar rumah. Kita bisa membayangkan berapa menit waktu yang terbuang untuk hal ini.

Kita bisa mulai mengatur waktu kapan kita harus benar – benar bekerja dan bersantai. Kalau perlu buatlah timer untuk waktu kerja kamu dan waktu bersantai kamu.

Nah, dari sini kita tahu bekerja sendiri bukanlah hal yang mudah untuk kita lakukan. Selain harus tahu dimana letak kemampuan kita, kita juga harus bisa mengatur waktu produktif untuk pekerjaan dan kepentingan pribadi kita sendiri. :)

Baca juga:

8 Hal yang Wajib Dilakukan agar Menjadi Super Produktif

7 Cara Menjadi Lebih Produktif dalam Waktu 10 Menit

Ritual Pagi Hari yang Membuat Anda Lebih Produktif


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *