Running A Business

8 Cara Jitu Membangun Customer Service yang Optimal

 

Banyaknya pesaing dalam satu jenis usaha yang sama, membuat perusahaan memerlukan  hal lain selain produk yang bagus sebagai bahan utama penjualan. Untuk mendukung penjualan yang bagus, kita juga memerlukan service excellence pada customer melalui customer service. Hal utama yang dibutuhkan oleh customer adalah rasa nyaman, mudah, dan menyenangkan. Apabila hal ini kita lakukan dengan optimal, maka customer akan puas dan akan mau “setia” bersama perusahaan kita dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa hal di bawah ini adalah trend customer service excellence yang menjadi harapan semua customer:

1. Pelayanan 24/7

Customer selalu ingin dimanjakan dan ingin problem yang mereka hadapi terselesaikan secepatnya saat itu juga, bahkan tanpa terhalang waktu libur. Sehingga mereka mendapatkan rasa tenang tanpa memikirkan masalah yang sama berlarut-larut. Maka pelayanan selalu siap sedia 24 jam setiap hari adalah pilihan customer service value yang efektif bagi customer.

2. Customer adalah aset yang penting

Perusahaan kita pastilah memiliki database customer. Hal ini merupakan senjata penting bagi kita untuk mengembangkan potential customer kita. Caranya yaitu dengan melacak data suspect/prospect customer yang mengunjungi website kita. Dari sinilah, kita bisa menemukan komunitas mereka sampai tempat dimana mereka berkumpul di dunia maya. Hal ini tidak menutup kemungkinan kita juga akan menemukan event – event yang akan mereka gelar yang dapat menjadi prospek strategi marketing bagi perusahaan kita.

3. Pentingnya membangun komunitas

Mengumpulkan customer – customer kita dalam suatu wadah forum adalah hal yang juga tak kalah pentingnya. Melalui komunitas ini, banyak manfaat yang dapat kita peroleh, yaitu:

a. Mampu berkomunikasi langsung dengan customer.

b. Menyediakan ruang  interaksi untuk bertukar pengalaman dan pendapat antar customer.

c. Memberikan rasa kekeluargaan dan membuat hubungan semakin erat antara perusahaan dan customer.

d. Dapat dengan mudah mengedukasi customer mengenai produk baru kita dan existing produk agar customer lebih mengerti dan mampu mengoptimakan produk yang mereka beli untuk keperluan mereka.

e. Mendapatkan feedback yang sangat berharga dari customer, demi kemajuan perusahaan kita.

4. Sosial media

Penggunaan sosial media dewasa ini sangatlah penting. Teknologi berkembang sangat cepat, setiap orang memiliki akun sosial media yang dapat mereka akses kapanpun dan dimanapun. Pemanfaatan sosial media yang bersifat gratis seperti facebook atau twitter akan sangat berguna bagi perusahaan kita. Customer dapat dengan cepat berinteraksi pada kita atas masalah yang mereka hadapi. Perusahaan juga dapat dengan cepat menyebarkan informasi penting pada customer.

5. Personalized service

Hampir semua customer mmenghendaki untuk mendapatkan layanan customer. Sifat alamiah manusia adalah lebih suka untuk dikenal lebih dalam demi memunculkan rasa kekeluargaan dan nyaman bagi mereka. Jadi, akan lebih baik saat menyapa customer melalui teelepon ataupun email dengan menyebutkan nama mereka, bukan hanya pelanggan yang terhormat. Hal yang kita anggap sepele dengan penyebutan nama, memiliki niai yang besar. Hal ini karena berarti kita memperhatikan dan menghargai customer kita.

6. Tepati janji

Bukan hanya customer, melainkan semua orang akan marah jika janji yang diberikan kepada mereka tidak ditepati. Jangan memberikan janji yang tidak mungkin kita berikan hanya demi membuat image perusahaan kita semakin baik, jadilah realistis dan mengacu pada kenyataan. Contohnya, apabila proses pembenahan server kita akan memakan waktu 3 jam dan tidak bisa dilakukan kurang dari waktu tersebut, jangan berjanji pada customer bahwa pembenahan server akan selesai dalam waktu 1 jam.

7. Buat standard dan selalu konsisten

Setiap informasi dan perlakuan customer service pada customer haruslah memiliki standar baku. Setiap pelaku customer service wajib melakukan standar servis yang telah dibuat dan disetujui oleh perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memberikan servis yang excellence untuk customer. Selain standar baku, konsistensi adalah hal yang sangat penting. Standar baku tersebut harus dijalankan secara konsisten. Hal ini dapat memberikan kesan pada customer bahwa perusahaan kita adalah perusahaan yang professional dan service oriented.

8. Service exccellence

Jika kita mampu melayani semua customer dengan baik, maka customer secara otomatis akan menceritakan pengalamannya pada orang lain di sekitarnya. Otomatis hal ini adalah free marketer bagi perusahaan kita, karena tanpa sengaja kecenderungan orang akan mengajak untuk ikut bergabung selain menceritakan pengalamannya.

Nah, bagaiaman dengan Anda? Sudah siapkah memberikan sebuah pelayanan terbaik untuk customer Anda? Jika memiliki saran atau tips lainnya, bisa di share disini :)

Selamat mencoba :)

Baca juga:

10 Kualifikasi Bagi Customer Service Bisnis Anda

Trik Memikat Pengunjung Toko Online menjadi Customer

10 Tips Memberikan Layanan yang Luar Biasa Terhadap Pelanggan


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *