Running A Business

8 Hal yang Dapat Bisnis Anda Pelajari dari Sir Alex Ferguson

 
  • 64
    Shares

   

Pecinta bola pasti kenal dengan sosok Sir Alex Ferguson. Kesuksesan Manchester United mendapat 38 tropi di berbagai kejuaraan menandai kesuksesan Sir Alex Ferguson selama menjabat sebagai manager klub. 26 tahun dia menjadi pelatih dari tim tersebut dan menghasilkan banyak sekali pemain mega bintang. Apa yang membuatnya jadi sesukses itu? Apa yang dapat diadaptasi bisnis anda darinya?

1. Pemain Muda

Ketika Sir Alex Ferguson masih aktif sebagai manager, dia sering memilih pemain muda daripada pemain yang sudah “jadi”. Alasannya adalah agar mereka dapat mengembangkan bakatnya dalam klub. Mindset ini cocok diterapkan bagi Startup. Anda akan lebih mudah mendidik karyawan yang masih “muda” daripada mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Nilai plusnya, kreatifitas dari pemuda bisa jadi lebih tajam.

2. Penyegaran Berkala

Sir Alex sering melakukan perubahan, baik dari strategi hingga susunan pemain. Hal ini dilakukannya agar permainan tidak monoton dan tidak mudah ditebak oleh lawan. Para pemilik bisnis juga sangat memerlukan kreatifitas seperti ini. Anda dapat mulai melakukan penyegaran-penyegaran dalam hal strategi bisnis anda. Anda akan menemukan lebih banyak hal-hal yang dapat dikembangkan.

3. Standarisasi Tinggi

Ketika memimpin klub, beliau menetapkan standar tinggi soal kemampuan setiap pemainnya. Tujuannya tidak lain untuk lebih meningkatkan performa tim. Dalam bisnis, standarisasi juga sangat diperlukan. Tujuannya sama. Agar anda dapat memberikan pelayanan terbaik ke setiap customer.

4. Mengetahui Pemimpinnya

Seluruh punggawa klub mengakui Sir Alex sebagai pemimpin klub. Maka dari itu, setiap keputusannya dapat diterima dengan baik oleh seluruh klub. Peran pemimpin memang sangat penting. Apalagi pemimpin dengan pengakuan penuh dari anak buahnya. Semua keputusan akan berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Inilah pentingnya kenapa anda perlu melakukan pencitraan sebagai leader yang tegas dan dapat diandalkan.

5. Komunikasi

Sir Alex dikenal dengan metode “hairdryer”. Beliau tak sungkan untuk mengingatkan pemainnya jika permainan mereka tidak bagus. Dengan komunikasi yang bagus dari seorang pemimpin dan officer, maka akan terwujud suatu kerjasama yang berkesinambungan dalam pekerjaan. Hal tersebut akan berpengaruh di segala aspek pekerjaan.

6. Mentalitas Menang

Sir Alex senantiasa menjaga mentalitas para punggawanya. Karena dia menganggap bahwa positive thinking berkembang menjadi kerja keras dan berujung pada trend positif yang akan menghampiri Anda. Jadi sebagai leader, anda senantiasa harus berupaya menguatkan mentalitas Anda dan team anda.

7. Tinjau Pemain

Sir Alex selalu meninjau ulang kinerja para pemainnya secara berkala. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas setiap pemain. Evaluasi secara berkala memang sangatlah penting untuk dilakukan bisnis anda. Dengan ini, anda bisa tetap menjaga kualitas layanan dari bisnis anda. Jika dirasa ada yang masih kurang, evaluasi akan membuka pengetahuan kita untuk melakukan perubahan agar lebih baik di masa depan.

8. Kemampuan Adaptasi

Para pemain MU dibekali dengan segudang talenta. Namun, bukan hanya itu saja. Mereka cepat beradaptasi dengan permainan lawan. Maka tidak heran MU untuk menaklukkan lawan lawannya. Nah di dalam bisnis, kemampuan mengikuti trend pasar sangat penting. Perubahan adalah hal yang perlu anda sikapi dengan tangan terbuka. Bisa dari tuntutan pasar yang sudah berubah, atau kondisi anda yang berkembang. Hal ini akan jadi nilai lebih dari kompetitor anda untuk lebih dulu maju.

Saya secara pribadi memang sangat mengagumi sosok kepemimpinan Sir Alex Ferguson. :-)


  • 64
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *