Leadership

8 Hal yang Wajib Dilakukan agar Menjadi Super Produktif

 
  • 8
    Shares

Loading...

Bekerja sepanjang hari belum tentu menghasilkan dan berhasil mencapai target yang ditentukan. terkadang hanya rasa lelah dan bosan yang menerpa kita. Bekerja tanpa menghasilkan tentu akan sangat membuang – buang tenaga, waktu bahkan uang kita. Untuk itu perlu kita tahu bagaimana caranya agar menjadi super produktif di pagi hari. Dan berikut ini caranya:

1. Tugas kita memang sangat banyak. Untuk itu konsistenlah menyelesaikan satu tugas dengan segera di awal hari

konsisten menyelesaikan tugas segera

Menjadi orang yang super sibuk tentu akan menyita banyak waktu dan tenaga kita. Menunda – nunda pekerjaan adalah salah satu yang membuat kita kehilangan waktu dan tenaga. Jadi ketika kita sudah menjadwalkan apa saja yang harus diselesaikan dalam 1 harinya, maka segera lakukan dan tuntaskan pekerjaan di awal hari. Selesaikan pekerjaan yang paling mendesak dan sangat penting untuk didahulukan, bahkan jika memungkinkan selesaikan tugasyang jauh lebih mudah terlebih dahulu. Itu akan membuat kita mudah mengatur waktu untuk tugas berikutnya.

2. Bekerja sepanjang waktu tidak akan berarti ketika kita menahan lapar dan malah menjadi lemas, jadi jangan abaikan makan siangmu

makan siang itu penting

Bekerja dari pukul 9 pagi sampai 12 siang tentu sudah sangat melelahkan, sekalipun kita hanya duduk dan menghadap layar komputer saja, itu sudah sangat menyita banyak tenaga. Hadiahi diri kamu dengan santapan makan siang yang bergizi dan juga sehat. Jangan paksa diri kamu untuk terus melanjutkan mengerjakan tugas ketika sudah mulai merasa lapar. Rasa lapar akan mengurangi tingkat konsentrasi kita. Jadi tetap makan siang dan nikmati 1 jam istirahat dengan lebih santai dan berkualitas.

3. Mengubah pola pikir ketika mulai bekerja di pagi hari. Ciptakan mood yang baik

menciptakan mood positif di pagi hari

Saat masih berada di dalam rumah, kita tentu memikirkan banyak hal tentang pekerjaan kita hari ini. Mulai dari perjalanan yang panas, macet dan email yang harus dijawab satu per satu di pagi hari. Itu saja sudah membuat sedikit mood kita menurun atau bahkan kehilangan semangat. Itu sebabnya kita harus mulai merubah pola pikir kita tentang pekerjaan harian kita. Mulai dengan berdoa dan memikirkan hal menyenangkan di pagi hari. Hilangkan semua pikiran tentang tugas yang akan membuat kita lelah, stres atau bahkan bosan. Nikmati pagi hari sebelum berangkat ke kantor dengan lebih santai dan nikmati perjalanan dengan memikirkan hal – hal yang positif.

4. Asupan di pagi hari bisa mempengaruhi produktivitas kita di kantor selama 1 hari kedepan

sarapan sehat

Siapa bilang sarapan itu tidak penting. Banyak sumber mengatakan, mulai dari pakar kesehatan sampai dokter ahli gizi juga menyarankan seseorang untuk sarapan terlebih dahulu sebeulm beraktivitas di pagi hari. Sekalipun hanya sepotong roti, semangkuk sereal, segelas susu ataupun teh hangat, itu sudah memberikan kita energi setidaknya sampai tengah hari nanti. Jangan memberi asupan tubuh kita dengan makanan yang terlalu berat di pagi hari.

5. Jadwalkan setiap panggilan teleponmu di awal hari. Jangan biarkan aktivitas menelepon ini menganggu produktivitasmu untuk tugas lainnya

melakukan to do list telepon di pagi hari

Bagi beberapa orang, menelepon adalah hal yang wajib dilakukan dan sudah masuk dalam to do list mereka. Baik menelepon untuk klien mereka ataupun rekan kerja mereka sendiri. Agar kita bisa terus produktif, maka coba saja jadwalkan telepon di awal hari. Baik untuk customer ataupun urusan dengan anggota atau rekan kerja lainnya. Selesaikan to do list menelepon ini sebelum jam makan siang. Begitupun kita, mereka juga membutuhkan waktu untuk menyelesaikan tugas yang sangat banyak.

6. Setelah itu jangan ragu untuk mematikan telepon kita. Urusan telepon menelepon sudah selesai dan kini saatnya untuk BEKERJA

mematikan ponsel selama bekerja

Tidak jarang kita akan menjadi sangat terganggu dengan adanya telepon atau smartphone kita. Sekalipun itu datangnya dari kita sendiri, baik untuk mengecek SMS ataupun panggilan masuk, sampai melihat sosial media. Itu tentu akan mengganggu produktivitas kita dalam bekerja. Jadi jangan ragu untuk mematikan telepon kita selama kita bekerja. Non aktifkan semuanya ketika sudah selesai melaksanakan to do list menelepon kita. Buat suasana seproduktif mungkin agar pekerjaan bisa cepat selesai. Jangan aktifkan kecuali benar – benar dalam keadaan sangat mendesak.

7. Jangan membaca situs berita lebih dari 1 sumber dan lebih dari 1 jam

jangan membaca berita lebih dari 1 situs

kita juga mudah tergoda dengan berita atau bacaan yang membuat waktu kita tersita banyak. Terlebih di pagi hari kita akan membuka lebih dari 1 situs berita untuk menambah wawasan berita kita tentang dunia luar. Tapi tahukah kamu, ketika kita tidak menjadwalkan itu, maka kegiatan itu akan membuang – buang waktu kita. Atur waktu untuk membaca berita, dan jangan coba untuk membaca berita di pagi hari lebih dari 1 situs. 1 jam di awal hari sangat penting untuk produktivitas kerja kita.

8. Membuat jadwal untuk hari selanjutnya setelah selesai mengerjakan tugas hari ini

membuat to do list untuk besok

Kamu tahu apa yang membuat kita menjadi orang yang produktif? Salah satunya adalah persiapan dari diri kita sendiri. Ketika kita tidak mau dan tidak ingin memproduktifkan diri kita, justru itu saat dimana kita tidak bisa bekerja produktif. Cobalah untuk menyusun dan membuat jadwal kerja untuk keesokan harinya. Lakukan ini 30 menit sebelum jam pulang kantor. Tuliskan apa yang harus kamu selesaikan dan kamu kerjakan besok di sebuah kertas kecil. Tempelkan saja di atas layar komputer atau laptopmu, atau bisa juga di depan meja kita. Buat tulisan itu semenarik mungkin. Bukan untuk orang lain tapi untuk diri kita sendiri. Lakukan dengan senang hati, karena ini mudah dan memudahkan kita untuk bekerja.

Baca juga:

5 Alasan Stress Menjadi Pemicu Produktifitas

Ini dia 7 Kebiasaan Pemimpin Produktif yang Wajib Anda Tiru

10 To-do List Digital untuk Kerja yang Lebih Produktif

Loading...

  • 8
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *