Running A Business

8 Langkah Brainstorming yang Wajib Anda Tiru

 
  • 2
    Shares

Loading...

Brainstorming sejauh ini merupakan teknik ampuh untuk menggali ide-ide kreatif terhadap sebuah issue. Brainstorming yang mengharuskan setiap peserta didalamnya melibatkan diri untuk berkontribusi ide membuat cara ini menghasilkan ide yang lebih kaya.

Berikut adalah 8 langkah brainstorming yang WAJIB anda coba untuk tim Anda:

1. Jadwalkan sesi pertemuan

Jadwalkan sesi pertemuan brainstorming dengan tim Anda. Jangan lupa untuk memberikan agenda yang akan dibahas agar tim Anda dapat mempersiapkan diri baik secara mental maupun materi yang akan dibahas.

2. Ajaklah berbagai macam tim

Libatkan berbagai macam tim Anda. Mungkin cukup ada perwakilan. Meskipun materi yang dibahas tidak berhubungan secara langsung, tetap libatkan tim lain, karena biasanya ide dari tim lain bisa saja diterapkan untuk tim anda. Jadi semakin beragam kan ide yang Anda dapatkan?

3. Sampaikan aturan brainstorming

Banyak yang mengira brainstorming seperti halnya diskusi biasa, padahal tidak. Brainstorming memiliki aturan yang harus diikuti pesertanya, diantaranya:

  • Tidak diperbolehkan mengkritik ide orang lain
  • Keluarkan semua ide, tidak peduli seberapa liarnya
  • Semakin banyak ide maka semakin baik
  • Setiap peserta harus mencoba untuk membangun atau menggabungkan ide-ide orang lain

4. Efektifkan waktu

Sewajarnya brainstorming dilakukan hanya dalam waktu 30-40 menit. Lebih dari itu,besar kemungkinan tim akan merasa lelah sehingga ide yang keluar kurang maksimal. Jika pembahasan belum final, ada baiknya berikan jeda istirahat untuk merefresh otak tim Anda.

5. Bentuk tim kecil

Jika tima anda lebih dari 6 orang, maka baiknya pecah menjadi beberapa kelompok. Semakin sedikit jumlah tim dalam kelompok, semakin mudah ide disampaikan. Mengapa demikian? karena kelompok kecil akan menghapus formalitas, sehingga membuat tim di dalamnya semakin nyaman.

6. Tuliskan tujuan yang ingin dicapai

Tuliskan tujuan sesi brainstorming dimana semua tim di ruangan bisa melihatnya. Masukkan ke dalam bentuk pertanyaan, contohnya saja “Bagaimana kita…?” atau “Apa yang bisa dilakukan untuk …?” Misalnya, “Bagaimana kita bisa lebih memahami kebutuhan pelanggan kita?” atau “Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk ini?”

7. Catat semua ide

Pastikan tersedia papan tulis atau flipchart di ruangan anda untuk mencatat semua ide. Selain untuk mendokumentasikan, dengan mencatat ide ini akan merangkan munculnya ide lain dari tim Anda.

8. Leader Harus Kreatif

Jika anda merasakan aliran ide sudah semakin melemah, maka sudah saatnya Anda turun tangan. Berikut yang harus Anda lakukan sebagai leader brainstorming:

  • Baca ulang setiap ide
  • Minta tim untuk memilih ide yang paling mereka suka dan berikan alasannya
  • Andapun sebagai leader harus sudah memiliki satu atau dua ide untuk dibahas

Langkah brainstorming yang digagas oleh Alex Osborn ini memang sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan atau organisasi. Cara ini terbukti efektif untuk menggali ide tim.

Kini anda bisa belajar lebih dalam lagi tentang skill leadership atau enterpreneurship yang harus pengusaha miliki secara GRATIS hanya dengan mendownload EBook The Billionaire’s Blue Print. Pada ebook tersebut akan dibagikan rahasia milyarder mengembangkan bisnisnya yang jarang dipraktekkan oleh banyak pengusaha.

 

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

 

Spesial pula untuk Anda pembaca Mebiso, kami berikan pula BONUS 100 Cara Mendatangkan Pelanggan Dari Seluruh Penjuru. Tunggu apalagi, download EBook The Billionaire’s Blue Print sekarang. Semakin cepat Anda mendownload, semakin cepat Anda meninggalkan kompetitor Anda!

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *