Running A Business

8 Tips Menjadi Growth Hacker yang Professional Menurut Neil Patel

 

Loading...

Apa Itu Growth hacking?

Istilah Growth hackingdipopulerkan pada tahun 2010 oleh Sean Ellis. Growth hackingadalah proses eksperimen yang digunakan untuk menentukan cara yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis, dimana dalam prosesnya tidak hanya melibatkan marketing saja tetapi juga meliputi proses pengembangan produk, teknik, data dan analitik. 

Strategi growth hackingini sangat disarankan untuk diaplikasikan pada bisnis-bisnis rintisan atau lebih dikenal dengan bisnis startup, karena tujuan dari strategi ini adalah memperlihatkan hasil dengan cepat dengan pengeluaran yang minimal dimana hal tersebut cocok dengan bisnis-bisnis rintisan yang belum terlalu mempunyai modal yang besar.

Siapa Growth hacker Itu?

Growth hackermerupakan orang-orang yang melakukan eksekusi strategi growth hacking. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena growth hacking itu tidak hanya membahas marketing saja maka seorang growth hacker juga harus menguasai bidang-bidang lainnya.

Hal-hal yang harus dimiliki sebagai seorang growth hacker, sumber: growth-hackers.net 

Beberapa kemampuan yang harus dimiliki sebagai seorang growth hackerdiantaranya memiliki kemampuan analitik yang kuat, karena segala hal selalu didasarkan pada data. Selain itu, seorang Growth hackerharus kreatif dalam menciptakan suatu strategi agar berbeda dan unik untuk membuat apa yang disebut dengan “hacks”,yang akan menyebarkan berita tentang produk yang kita pasarkan, membawa konsumen/pengguna baru, meningkatkan pendapatan, tanpa harus mengluarkan uang yang banyak, dan kemampuan-kemampuan lainnya. 

Seorang Growth hackermemiliki tipe-tipe sebagai berikut:

  • Memiliki pengetahuan teknis yang cukup dalam menyampaikan ide kepada programmer.
  • Nyaman dalam bekerja dengan data-data.
  • Memiliki intuisi yang bagus pada pemasaran internet.
  • Memahami bagaimana dampak optimasi kecil pada keseluruhan proses.
  • Memahami nilai inti sebuah produk terhadap konsumen.

Bagaimana Menjadi Growth hackeryang Profesional?

Agar dapat mengeksekusi growth hackingdengan baik maka diperlukanlah seorang growth hackeryang profesional, Neil Patel membagikan 8 cara untuk menjadi seorang growth hackeryang profesional. Diantaranya adalah:

1.Bacalah apapun sebanyak yang kamu bisa tentang growth hacking

Ini merupakan tahapan pembelajaran, dengan membaca kamu bisa mendapatkan banyak informasi tentang growth hacking. Tetapi kamu jangan hanya sekedar membaca, kamu juga harus mengaplikasikannya! Start hustling with your knowledge, and make growth happen!

2. Temukan mentor yang berpengalaman di bidang growth hacking

Carilah mentor! Mentor akan membantu kamu memecahkan tantangan, membantu mengatasi rintangan yang kamu hadapi, dan memberikan pembelajaran tentang rahasia dari growth hacking

Tips mencari mentor: Carilah seseorang yang benar-benar berhasil dalam mengeksekusi growth hackingini, jangan hanya sekedar orang yang  berbicara mengenai ini saja.

3. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa apapun yang kamu lakukan adalah untuk suatu pertumbuhan

Untuk menjadi seorang growth hackermakan kamu harus memiliki dorongan yang sangat kuat untuk tumbuh. Karena hal tersebut akan mempengaruhi apa yang kamu lakukan dalam pekerjaanmu. Karena jika antara tugas dan pertumbuhan itu tidak terhubung maka tugas yang kamu kerjakan tidak akan relevan. 

Everything you do on the job should be directly tied to the all-consuming pursuit of growth.

4. Fokus pada satu area dari growth hackingMaster it!

Salah satu yang menjadi alasan seseorang untuk berhenti menjadi seorang growth hackeradalah karena cakupan area pembelajaran dari growth hackingitu sendiri yang sangat besar. Oleh karena itu pilihlah satu bagian saja terlebih dahulu yang paling ingin kamu ketahui, lalu pelajari dengan baik bagian tersebut dan aplikasikan lah bagian ini.

Jika kamu fokus menyelesaikan dan menguasai satu persatu bagian dari growth hackingini,  maka kamu akan menjadi growth hackeryang baik.

5. Pelajari Dasar-dasar Marketing

Growth hackingmerupakan salah satu bagian dari marketing, maka jika kamu ingiz menjadi growth hackeryang sukses kamu juga harus menjadi seorang marketeryang baik terlebih dahulu. Pelajari basic-basic dari marketing, karena semua yang kamu lakukan sebagai seorang growth hackerberasal dari basic concepts.

Sumber: isngs.com

Walaupun Tactics dari growth hackingberbeda dengan traditional marketing, tetapi pada tahap awal kamu harus tetap tau apa itu marketing, mengapa, bagaimana, dan konsep dasarnya.

6. Pelajari Analitik

Sebagai seorang growth hackerkamu harus menghormati data dan mengambil tindakan sesuai dengan apa yang dikatakan oleh data tersebut. 

Data akan menunjukkan apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Data membuat kamu jujur. Data juga akan menunjukkan pertumbuhan atau penurunan. Data memberi kamu informasi yang diperlukan untuk merencanakan langkah yang harus kamu ambil berikutnya. Data memberi kamu wawasan tentang users. Data menginformasikan bagaimana kamu melanjutkan sebagai growth hackerLearn data, and you’ll begin to master growth hacking!

7. Tingkatkan Rasa Keingintahuan-mu!

Pertumbuhan growth hackingberubah. Tidak ada cara yang benar dan cara yang salah untuk menjalankan growth hackingyang sukses. Hanya ada barometer pertumbuhan yang memberi tahu kamu apakah kamu melakukannya dengan benar atau tidak.

Sumber: arah.com

Jadi, teruslah mencari tau! Tanyakan pertanyaan yang anda ingin tau, lalu kembangkanlah! Your curiosity will drive you forward as a marketer!

8. Be Obsessed!

Ini merupakan point yang sangat penting agar kamu bisa menjadi seorang growth hacker. Jika kamu sudah mengubah rasa ingin tahumu yang pasif menjadi kegigihan yang obsesif , maka kamu sudah di jalur yang benar untuk menjadi seorang growth hacker. Kamu harus bermimpi tentang growth hacking, berbicara tentang growth hacking, menulis tentang growth hacking, menonton growth hacking, pergi ke konferensi growth hacking, menerapkan praktik growth hacking, mengajukan pertanyaan seputar growth hacking, bereksperimen dengan taktik growth hacking, berinteraksi di forum growth hacking, dan lain sebagainya. Obsessed. There’s no other way!

Tetapi yang paling terpenting dari semua itu adalah dengan meangaplikasikannya, karena cara terbaik untuk menjadi seorang growth hacker adalah mengaplikasikannya. Bahkan walaupun kamu hanya memiliki pengetahuan yang sangat sedikit, kamu bisa melakukan sesuatu dengan pengetahuan itu. Jadi lakukanlah dan kamu akan menjadi seorang growth hacker!

Artikel ini merupakan kontribusi dari agatelevelup.id

Sumber:

https://wegrowth.com/growth-hacking-vs-digital-marketing/

https://www.inc.com/neil-patel/8-ways-to-become-a-growth-hacker.html

https://www.growth-hackers.net/growth-hacker-job-description/

https://www.jurnal.id/id/blog/growth-hacking-strategi-marketing-untuk-bisnis-startup/

https://id.techinasia.com/mengenal-growth-hack-dan-cara-menerapkannya

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *