Technology

8 Tips Promosi Bisnis Anda di Sosial Media

 
  • 9
    Shares

Loading...

Tidak perlu didebatkan lagi seberapa besarnya manfaat sosial media untuk keperluan promosi sebuah bisnis. Masalahnya adalah bagaimana memaksimalkan potensi terbesar sosial media? Nah pembaca Mebiso, berikut adalah 8 tips promosi sosial media berdasarkan yang saya dapatkan selama menjalankan sosial media Jagoan Hosting Indonesia. Semoga bermanfaat :-)

1. Jadi komunikator yang tahu adat

Sosial media adalah tempat yang benar-benar dikhususkan untuk berhubungan sosial dengan teman dan kerabat secara online. Jadi jika anda ingin muncul / bergabung dan diterima oleh mereka, maka anda harus berhati-hati dalam memilih waktu yang tepat untuk memotong pembicaraan mereka sehingga anda benar-benar akan terlibat dan diterima. Berikut mungkin bisa menjadi petunjuk untuk anda :

2. Beriklan dengan jasa orang lain

Ketika anda belum populer, jangan pelit mengeluarkan sedikit rupiah anda untuk beriklan. Postingan anda tidak mungkin dibaca atau diketahui oleh orang lain ketika anda tidak berusaha untuk mengiklankannya. Namun perlu anda ingat juga. Sebelum anda membayar untuk mengiklankan postingan anda, anda harus sudah memperhitungkan biaya yang anda keluarkan agar iklan ini benar-benar menaikkan popularitas anda.

[Baca juga: Mengenal Jenis Perhitungan Ketika Pasang Iklan di Internet]

3. Posting hal lain selain Anda

“Perusahaan kami adalah … Kami sedang ada harga khusus untuk produk …” Siapapun akan bosan dan menjauh dari anda ketika anda selalu membicarakan diri anda sendiri. Maka ada porsi yang harus anda patuhi. Yaitu 75% non-promosi dan 20 % promosi. Tanya kabar dan berikan motivasi untuk menjalin engagement.

4. Adil

Ketika anda terfokus dengan satu atau dua orang saja, akan membuat yang lainnya merasa tidak nyaman. Maka segera balas komentar yang diberikan oleh siapapun. Baik komentar yang baik dan komentar yang negatif. Karena dengan keberanian anda menghadapi dan berinteraksi dengan mereka, maka mereka lambat laun akan mulai mencintai anda.

5. Inisiatif

Jika mereka sudah mulai terlihat mencintai anda, jangan tunggu untuk mendapat pujian dari mereka. Anda sendirilah yang seharusnya memulai memuji mereka. Karena pada dasarnya semua orang ingin terlihat baik apalagi jika teman mereka ikut membaca postingan sanjungan dari anda.

6. Menulis dengan baik

Maksudnya bukan tentang tanda baca atau tata bahasa. Namun sesuatu yang jauh lebih besar dari itu. Yaitu penggunaan bahasa yang nyaman dan to the point. Jangan menggunakan 10 kata ketika 5 saja bisa mewakili. Perhatikan juga waktu untuk update status. Beri jeda setiap 10 menit antara posting baru dengan posting lama.

[Baca juga: 10 Peraturan Marketing di Sosial Media]

7. Gunakan gambar

Postingan dengan gambar memungkinkan mendapatkan interaksi sekitar dua sampai tiga kali lebih banyak jika sesuai dengan isi status yang anda update. Namun, jangan sampai memaksakan setiap kali anda posting harus ada gambar/ foto yang diupload ya :-)

8. Manfaatkan video

Manfaatkan Youtube atau Vine untuk lebih menarik teman-teman anda. Dan berbagilah video yang masuk akal dengan company atau perkembangan berita saat ini.

Sosial media adalah upaya yang berkelanjutan. Tidak cukup dalam satu atau dua hari. Selamat mencoba ;-)

Loading...

  • 9
    Shares

2 komentar

  • 10 Oktober 2014 - pukul 18:22

    Tips yang bagus. Bisa juga dengan menjadi kontributor di website lain dengan mencantumkan deskripsi Anda dalam kotak penulis. Sehingga akan memberikan informasi tentang diri Anda.

  • 27 Oktober 2014 - pukul 12:21

    Bagus sekali tipsnya,,,,sosial media memang saat ini menjadi yang paling populer untuk promosi bisnis online

    Kalo boleh saya juga tertarik untuk mengirimkan satu artikel di mebiso

    Terimakasih

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *