Technology

9 Aplikasi Mockup Website bagi Web Desainer

 
  • 12
    Shares

Bagi seorang desainer, sebelum membuat desain Website di Photoshop, tidak jarang mereka akan membuat sebuah sketsa atau prototype rancangan dari desain websitenya di selembar kertas. Ini dilakukan agar mereka bisa membuat sebuah desain website yang bukan hanya menarik dari sisi tampilan, tapi juga sesuai dengan kebutuhan customer. Tapi terkadang ini menjadi kendala, karena tidak semua sketsa yang dituliskan di selembar kertas mampu menyampaikan informasi dengan benar. Disisi lain juga tidak mudah untuk membuat tata letak sebuah website yang dilengkapi dengan banyak konten dan media. Untuk membuat situs yang besar, seorang web desainer profesional akan menggunakan alat pembuat mockup untuk menganalisa tata letak, desain dan fungsi. Berikut ini adalah 9 aplikasi mockup website yang cocok bagi web desainer:

1. Balsamiq Mockups

1

Salah satu tools untuk membuat mockup yang paling populer adalah Balsamiq Mockups. Salah satu alsannya adalah karena Balsamiq Mockups berbasis cloud, disertai aplikasi desktop yang memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah membuat rancangan website. Dengan konten yang terbuat seperti dari gambaran tangan, itu akan membuat Anda fokus pada pemecahan masalah UI yang lebih besar, daripada pada perincian website. Di websitenya sendiri ada dua pilihan untuk para pengguna, ada versi trial for dekstop dan ada juga yang bisa kita download untuk versi dekstop. Namun ada juga yang disediakan dalam versi berbayar. Aplikasi ini bisa digunakan untuk sistem operasi Windows, Mac OS, dan Linux.

2. Mockingbird

2

Mockingbird adalah tools untuk membuat mockup yang cukup populer. Beberapa fungsi yang mampu membantu para web desainer untuk membuat sebuah maket website mereka. Mockingbird dirancang untuk mampu membuat sebuah rancangan website dengan sangat cepat. Sama seperti halnya Balsamiq Mockups, disini juga disediakan dalam versi trial dan berbayar. Untuk berlanggan Mockingbird mulai dari harga $9 perbulan untuk akun pribadi.

3. Mockup Builder

3

Mockup Builder adalah sebuah aplikasi web yang disediakan secara gratis untuk para desainer web. Apikasi ini dibangun di Microsoft Silverlight dan dirancang untuk dapat membuat software dan maket sebuah website. Aplikasi ini juga mempermudahkan Anda dalam berbagi dengan klien atau rekan kerja Anda. Hasil dari maket yang telah dibuat juga dapat diekspor dalam bentuk PNG dan file PDF , atau bisa juga berbagi secara langsung. Mereka yang memiliki akses kedalam aplikasi ini juga bisa meninggalkan umpan bali atau komentarnya pada proyek yang ada.

4. MockFlow

4

Mockflow adalah sebuah layanan yang memungkinkan Anda untuk membuat dan berkolaborasi pada wireframes interaktif dan prototipe UI untuk situs website dan aplikasi lainnya. Seperti Balsamiq, MockFlow termasuk aplikasi desktop lintas platform (didukung oleh Adobe Air), sehingga Anda dapat membangun konsep UI Anda dengan efisien. MockFlow juga disediadakan dalam 2pilihan, yaitu free dan berbayar.

5. HotGloo

5

Dengan lebih dari 26.000 proyek telah dibuat, HotGloo adalah wireframing untuk membuat sebuah mockup yang sudah ada sejak beberapa tahun ini. Dengan aplikasi ini Anda bukan hanya dapat membuat rancangan sebuah website, namun juga dapat sekaligus mengujinya, dan bisa terjadi kesalahan, Anda bisa langsung memperbaikinya. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk membuat master template yang dapat digunakan di berbagai proyek.

6. Invision

6

Invision adalah tools online lain yang ditujukan untuk membantu Anda merancang, berbagi dan menguji pengalaman pengguna Anda. invision lebih dari sekedar wireframes, karena disini memungkinkan Anda membuat maket dengan fitur yang lengkap dan sangat interaktif. Invision menawarkan jaringan yang sangat luas, ayitu lebih dari 30.000 desainer. Disini Anda bisa berbagi dengan mereka dan juga berkolaborasi mengerjakan suatu proyek bersama para desainer ternama.

7. JustProto

7

JustProto adalah aplikasi wireframing dengan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya. Anda tidak hanya dapat berbagi proyek melalui link didalmnya, namun juga memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dan berinteraksi secara langsung dengan desainer lain, seperti chatting dengan klien. Dan untuk riwayat chating Anda akan secara otomatis tersimpan, dan bisa Anda lihat seaktu – waktu. Aplikasi ini memiliki 2 pilihan untuk penggunaannya, yaitu free trial dan berbayar.

8. Proto.io

8

Proto.io adalah platform prototyping yang dirancang khusus untuk aplikasi mobile. Aplikasi ini akan membantu Anda membuat maket melalui media mobile. Aplikasi ini sudah bisa digunakan pada perangkat iPhone, iPad, Android dan sejumlah perangkat lainnya. Proto.io akan memberikan kebebasan kepada Anda untuk mengatur warna, font, dan tata letak. Disini Anda juga bisa berbagi dan berkolaborasi dengan desainer lain. Hasil dari maket Anda bisa langsung dilihat melalui perangkat mobile Anda.

9. inPresso Screens

c0312401

Yang terakhir adalah inPresso Screens. inPresso Screens adalah tools yang digunakan untuk membuat prototype di website dan dekstop. Salah satu yang difavoritkan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk digunakan diberbagai sistem operasi. Untuk aplikasi dekstop dari inPresso Screens ini disediakan dalam 2 versi yaitu free dan berlangganan. Untuk versi free, disini Anda bisa mengedit prortotype secara lokal. Sedangkan untuk paket langganan, Anda bisa mengedit prototype Anda melalui web.


  • 12
    Shares

3 komentar

  • 23 September 2014 - pukul 10:45

    Thaks infonya nih, Sangat bermanfaat banget bagi desainer web.

  • 7 Mei 2015 - pukul 16:18

    ini bukan situs buat bikin mock up buku, kartu nama yang kaya gitu-gitu yah?

  • 27 Februari 2019 - pukul 19:07

    Baru satu di coba yaitu mockflow lumayan keren, bisa buat presentasi

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *