Start A Business Tips Bisnis

9 Bisnis Online di Bidang Jasa yang Berpotensi Baik

 

Loading...

Bisnis Online di Bidang Jasa – Banyak jenis bisnis di bidang jasa yang bisa dilakukan secara online. Simak daftar peluang usaha online di bidang jasa yang potensial dalam ulasan berikut!

1. Jasa translator (penerjemah)

Bagi Anda yang fasih menggunakan bahasa asing, bisnis yang satu ini wajib dicoba. Anda bisa menawarkan jasa untuk menerjemahkan berbagai dokumen bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia juga sebaliknya.

2. Jasa pembuatan artikel

Terkadang, perusahaan atau bisnis membutuhkan artikel-artikel untuk diterbitkan di website. Namun, tak semua perusahaan atau bisnis tersebut memiliki tenaga untuk mengerjakan tugas pembuatan artikel. Celah ini dapat Anda manfaatkan dengan menawarkan jasa pembuatan artikel yang menarik.

Anda bisa mempromosikan jasa Anda lewat medsos atau website pribadi. Selain itu, Anda juga bisa membuka situs khusus freelancer untuk bisa menemukan lowongan pekerjaan menulis.

3. Jasa editor artikel atau buku

Bisnis jasa seputar bidang menulis lainnya yang tak kalah menggiurkan adalah jasa editor artikel dan buku. Tentunya, Anda perlu memahami tata cara penulisan yang baik. Selain itu, dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam mengedit, sehingga tidak ada satu kalimat pun yang masih salah.

4. Jasa desain grafis

Jasa desain grafis termasuk jenis jasa yang laris dicari. Banyak hal yang membutuhkan desain grafis, misalnya logo suatu brand atau perusahaan, undangan acara, kartu nama, curriculum vitae atau CV, desain kaos, hingga artwork untuk hadiah.

Jangan lupa, buatlah medsos atau website khusus untuk menaruh portofolio hasil karya Anda. Rajinlah berlatih agar bisa membuat desain yang unik dan menarik. Dengan demikian, calon pelanggan pun bisa tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

5. Jasa website development

Semakin berkembangnya zaman, kini banyak bisnis serta perusahaan yang memiliki website. Bagi Anda yang mahir di bidang IT, Anda bisa menawarkan jasa untuk membuatkan website. Selain pembuatan website, pengembangan website atau website development juga banyak dibutuhkan, lho. Tak semua perusahaan atau bisnis memiliki tenaga khusus untuk menangani website.

6. Jasa pembuatan software

Bisnis di bidang IT lainnya yang bisa dicoba adalah pembuatan software. Banyak perusahaan di bidang teknologi yang bersedia untuk membeli software. Anda juga bisa membuat software untuk menunjang kegiatan bisnis atau perusahaan bidang lainnya.

7. Jasa konsultasi online

Anda juga bisa mencoba membuka jasa konsultasi secara online. Ada banyak jenis jasa konsultasi yang bisa ditawarkan, mulai dari finansial, hukum, hingga untuk konsultasi zakat.

Untuk bisa membuat klien tertarik menggunakan jasa Anda, Anda perlu memaksimalkan promosi. Buatlah website khusus yang menjelaskan akan jasa Anda. Jelaskan juga keuntungan yang bisa didapatkan klien saat menggunakan jasa Anda. Selain itu, cantumkan juga klien-klien yang telah menggunakan jasa Anda sebagai testimoni.

8. Jasa kursus secara online

Kini, pembelajaran secara online sangat mungkin untuk dilakukan. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kursus atau pelatihan berbayar. Anda bisa mengajarkan berbagai skill atau keahlian yang menarik, mulai dari programming, menulis, bahasa asing, hingga berkebun.

9. Jasa mengelola medsos

Banyak perusahaan dan bisnis yang memiliki medsos alias media sosial sebagai sarana promosi, namun tidak semuanya memiliki tenaga khusus untuk mengelolanya. Peluang ini bisa dimanfaatkan dengan membuka jasa mengelola medsos.

Tugas Anda beragam, mulai dari mengisi konten hingga mengatur strategi promosinya. Dengan demikian, medsos pun memiliki traffic yang baik dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan atau bisnis.

10. Jasa editor skripsi

Terkadang, mahasiswa bisa kewalahan dalam mengerjakan skripsi atau tugas akhir kuliah. Bahkan, banyak yang memiliki salah ketik dalam skripsinya. Padahal, kerapian dalam menulis skripsi juga dinilai karena jika belum rapi, skripsi akan terus-menerus direvisi.

Jika Anda orang yang teliti, detail, serta memahami kaidah penulisan ilmiah yang baik, Anda bisa menawarkan jasa mengedit skripsi. Anda bisa menyunting kata-kata yang salah ketik serta merapikan tata letak tulisan hingga sesuai aturan.

Wah, ternyata cukup banyak jenis bisnis di bidang jasa yang bisa dilakukan secara online, ya? Manakah jenis bisnis dalam daftar tersebut yang cocok dengan Anda?

Simak juga berbagai tips seputar bisnis lainnya yang tak kalah menarik hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Julia M Cameron from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *