Running A Business

9 Cara Menakjubkan untuk Menulis Konten Judul yang Hebat

 

   

Menjual sebuah produk atau jasa tentu harus didahului dengan perkenalan kepada khalayak ramai. Perkenalan bisa dilakukan secara langsung melalui persentasi kepada pelanggan, atau melalui media online ataupun media cetak. Saat membuat konten perkenalan, kita harus benar – benar menarik dan bahkan membuat pembaca terhipnotis dengan kata – kata kita.

Jadi bagaimana cara Anda menuliskan kata pembukaan yang memukau pembaca? Ini dia tips sederhana yang bisa Anda gunakan:

1. Tetap buat judul yang singkat

Tidak semua orang suka dengan judul atau headline yang panjang. Bagi sebagian besar orang inti yang penting dari judul. Judul memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami tulisan kita dengan lebih mudah.

Tapi seringkali, penulis akan terjebak dalam stres memikirkan judul yang singkat, menarik namun tetap menampilkan maksud dan tujuan kita. Yang jelas pembaca tidak ingin dipusingkan untuk mengartikan maksud dan tujuan dari setiap kalimat di judul kita.

2. Katakanlah sesuatu yang “LUAR BIASA”

Banyak kata – kata menakjubkan atau LUAR BIASA untuk kita gunakan sebagai judul. Seperti yang dijelaskan di beberapa bab di buku Hypnotic Writing oleh Joe Vitale. Kata – kata seperti Mengagumkan, Mencengangkan, Akhirnya, Seru, Eksklusif, Fantastik, Mempesona, Pertama, Gratis, Dijamin dan lain sebagainya. Gunakan kata – kata yang menghipnotis untuk mendapatkan ketertarikan dari pembaca.

Bahkan mengatakan sesuatu yang kontroversial perlu untuk kita lakukan. Jika kalimat pertama Anda cukup aneh, maka Anda bisa membuat mereka membaca kalimat berikutnya. Namun jika Anda membuat judul yang terkesan membosankan, bisa jadi Anda akan kehilangan pembaca potensial.

3. Jangan ulangi judul Anda

Asumsikan saja bahwa pembaca sudah membaca judul Anda. Jadi Anda tidak perlu menuliskan judul itu lagi. Sebaliknya, mengambil keuntungan dari setiap kesempatan untuk memperkuat judul dan mengatur kalimat selanjutnya di dalam artikel.

4. Tetap perkenalkan diri Anda sesingkat mungkin

Tidak ada jawaban pasti untuk berapa lama orang bisa mengenal kita melalui sebuah tulisan. Tapi bagaimanapun itu, kita harus tetap berusaha memperkenalkan diri kepada pembaca, pembaca memiliki hak untuk memperhatikan judul kita yang pendek. Jika mereka tidak memperhatikan kita di judul, maka kembali perkenalkan diri kita di dalam artikel sesingkat mungkin.

5. Gunakan kata “Anda” Setidaknya Sekali Saja

Kata “Anda” memiliki kekuatan tersendiri untuk sebuah judul atau kalimat di dalam artikel. Ini memberitahukan kepada pembaca bahwa kita sebagai penulis memperhatikan mereka sebagai pembaca. Kita memiliki perhatian dan empati kepada pembaca dan kita menujukkan itu melalui kata – kata yang digunakan. Ini trik sederhana yang menetapkan hubungan penting dengan pembaca kita.

6. Masukkan 1 – 2 kalimat untuk bahan artikel Anda

Melalui isi artikel, kalimat Anda harus menjelaskan apa yang Anda jual, apa yang Anda tawarkan dan apa solusi Anda untuk pembaca. Dari judul yang menarik, kalimat pertama pada paragraf yang menarik, pembaca akan tergugah untuk membaca kalimat – kalimat Anda berikutnya. Jangan ragu untuk menjelaskan mengapa Anda menuliskan artikel ini, apa tujuan Anda dan apa yang Anda inginkan.

7. Berikan 1 – 2 kalimat sebagai alasan mengapa artikel Anda penting

Ini tentu saja jelas bagi Anda mengapa artikel sangat penting bagi pembaca tapi bisa jadi tidak begitu jelas ketika mereka baca. Biarkan mereka tahu mengapa artikel itu penting bagi mereka, mengapa perlu untuk membacanya sampai habis. Gunakan kalimat yang memicu munculnya isu – isu yang lebih luas dari pembaca, pelanggan dan pendapatan Anda.

8. Lihatlah apa yang dikhawatirkan atau masalah pembaca Anda

Saat Anda menjual produk atau jasa kepada seseorang, jangan jual fitur atau harga kepada mereka, tapi tawarkan solusi bagi masalah mereka. Setiap orang di bidang yang berbeda memiliki masalah yang tentu berbeda – beda. Saat mereka menemukan Anda, mereka pasti sudah melihat judul artikel Anda. Dan melalui artikellah Anda bisa menjelaskan mengapa Anda patut untuk diperhitungkan sebagai solusi masalah mereka. Orang tidak akan menyelesaikan masalah mereka sendiri, dan artikel yang akan membantu mereka menyelesaikan masalah itu.

9. Tapi tetaplah menceritakan kisah untuk pembaca Anda

Banyak orang yang memberitahu kita bahwa kita perlu menulis sebuah cerita dalam setiap pendahuluan. Karena memang cerita sangat bekerja untuk menarik orang untuk membaca artikel kita.

Tapi menceritakan kisah berbeda dengan mendongeng, karena tujuan kita adalah memicu rasa ingin tahu pembaca, mendapatkan empati mereka, bukan untuk mencari pendengar. Pembaca mencari kisah yang menarik, bukan yang membosankan. Melalui perkenalan singkat kita bisa membuat cerita yang juga menarik.

Baca juga:

Tips SEO: Tulislah Judul yang Dicintai Google

“Hypnotic Writing” untuk Kesuksesan Bisnis Anda Kini dan Di Masa Depan

10 Unsur Penentu Kualitas Naskah Iklan

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *