Running A Business

9 Cara Meningkatkan Konversi Bisnis

 

Loading...

Sebuah bisnis tentu akan terus berupaya dalam mempertahankan dan meningkatkan setiap proses bisnis mereka. Baik dari perencanaan, produksi, pemasaran sampai upaya untuk terus meningkatkan konversi bisnis. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan konversi bisnis yang Anda miliki. Dan berikut ini adalah 9 cara ampuh yang dapat Anda terapkan:

1. Optimalkan navigasi website Anda

Salah satu media yang dapat membantu kita dalam meningkatkan konversi penjualan adalah melalui website. Website toko online yang menjadi media dan kunci kesuksesan harus memiliki apa yang dicari oleh pelanggan mereka. Kemudahan, kenyamanan dan keindahan website harus diperhatikan. Salah satu yang bisa dioptimalkan adalah dengan menjaga dan meningkatkan navigasi yang ada pada website. Pelanggan yang berbelanja secara online tentu ingin sebuah kemudahan dan proses yang cepat. Ini penting untuk diperhatikan dalam menciptakan sebuah website toko online. Pastikan Anda memberikan pelanggan sebuah navigasi yang tepat, mudah ditemukan, mudah digunakan dan juga menarik.

2. Memberikan lebih dari 1 opsi pembayaran

Banyaknya opsi pembayaran secara online tentu diimbangi dengan semakin banyaknya pelanggan Anda yang menggunakannya. Itu sebabnya jika Anda tidak bisa mengimbangi mereka, tidak menutup kemungkinan mereka akan pergi dan hilang dari jangkauan Anda. Cobalah untuk mencari tahu opsi pembayaran apa saja yang saat ini sedang banyak digunakan. Dan jika memungkinkan Anda bisa mulai menerapkannya dalam bisnis online Anda. Dengan begitu pelanggan akan dengan mudah menemukan dan memberikan uang mereka kepada Anda.

3. Mempercepat loading website

Jika Anda ingin meningkatkan konversi dalam website bisnis online, maka salah satu yang harus Anda lakukan adalah dengan memaksimalkan kecepatan dari loading halaman website. Jangan masukkan konten yang memberatkan loading dan kinerja website. Berilah sebuah kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses dan mencari apa yang pelanggan butuhkan. Anda bisa menguji terlebih dahulu melalui perangkat yang Anda gunakan, baik desktop ataupun mobile.

4. Mengelola ulasan/testimonial Anda

Jika Anda ingin meningkatkan dan mendapatkan pelanggan lebih banyak dari biasanya, maka cobalah untuk mengelola apa yang pelanggan berikan kepada Anda. Anda tentu memiliki data bagaimana pelanggan menyukai atau tidak terhadap produk yang Anda berikan. Melalui sebuah testimonial yang mereka berikan, tentu bisa menjadi bahan pelajaran dan evaluasi bagi bisnis Anda. Anda juga bisa memasukkan testimonial yang menurut Anda pantas untuk ditampilkan di dalam website. Ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi calon pelanggan Anda.

5. Menggunakan kesempatan untuk mencapai jangkauan

Salah satu cara terbaik dalam meningkatkan konversi dalam bisnis adalah dengan mencari dan mengelola jangkauan bisnis Anda. Anda harus pintar – pintar mengambil kesempatan dalam membangun sebuah hubungan baik dengan pelanggan atau relasi bisnis Anda. Jangan hanya membombardir pelanggan dengan banyak penawaran bisnis Anda, tapi pastikan Anda benar – benar memberikan apa yang mereka butuhkan. Ketika Anda telah mendapatkan data seperti alamat email, nomor telepon dan lain sebagainya itu akan membantu Anda dalam menjangkau pasar mereka.

6. Tetap menggunakan sosial media

Dengan kata lain sosial media adalah cara termudah yang dapat Anda lakukan ketika Anda ingin mendapatkan banyak kenalan, calon pelanggan sampai pelanggan potensial. Siapa yang bisa menyangkal jika saat ini sosial media telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Banyak dari mereka yang menggunakannya untuk mencari informasi, bertransaksi jual beli sampai dengan membangun sebuah komunitas. Dan jika ingin meningkatkan konversi penjualan, sosial media bisa menjadi salah satu kunci yang bisa Anda manfaatkan.

7. Memastikan bahwa pelanggan puas

Tidak ada yang membuat sebuah bisnis merasa bahagia selain mereka sudah melihat bahwa pelanggan mereka merasa puas atas apa yang mereka terima. Anda harus mampu memberikan apa yang pelanggan butuhkan ataupun inginkan. Tentu saja dengan memperhatikan kemampuan dan kekuatan yang Anda miliki. Lakukan setiap pelayanan secara maksimal dan pastikan Anda tidak meninggalkan pelanggan sekalipun mereka telah memberikan uang kepada Anda.

8. Menjaga kualitas produk yang dihasilkan

Apa yang Anda miliki adalah apa yang akan membuat Anda sukses dengan memanfaatkannya secara maksimal. Dalam berbisnis dan menciptakan produk kita harus berusaha secara optimal. Memastikan kualitas terbaik produk dan mengujinya sebelum dipasarkan adalah tugas yang harus selalu dilakukan. Pelanggan akan mempercayakan solusi mereka kepada sebuah bisnis ketika bisnis tersebut mampu memberikan kualitas terbaik terhadap produk yang mereka tawarkan.

9. Membuat target yang tepat

Yang terakhir bisa menjadi yang pertama harus Anda lakukan, yaitu dengan menentukan target bisnis Anda. Anda harus tahu kepada siapa Anda akan memasarkan, ditujukan untuk apa produk yang Anda pasarkan, dan bagaimana seharusnya reaksi pelanggan yang telah menggunakan produk Anda. Pastikan Anda menentukan target dengan tepat sebelum mulai memunculkan ide, menciptakan produk dan memasarkannya.

Baca juga:

Mengetahui Bagaimana Google Sitelinks dapat Meningkatkan SEO Anda

7 Kesuksesan Menciptakan USP dan Jaminan dalam Bisnis

5 Peluang Bisnis yang Bisa Didapatkan dengan Google+ Hangouts on Air

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *