Technology

9 Editor untuk CSS dan LESS

 

Loading...

Nah programmer, sebagaimana kita ketahui bersama, CSS atau Cascading Style Sheets adalah gaya standart yang digunakan untuk mengatur tata letak dan isi dari suatu halaman website. Bila anda ingin mengubah warna tulisan, mengatur besar kecil tulisan, anda dapat menggunakan CSS untuk mengaturnya. Dengan berkembangnya teknologi, banyak cara untuk memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu. Salah satunya ketika berurusan dengan CSS. Kini sudah ada tools yang dapat memudahkan pekerjaan anda ketika bekerja dengan CSS.  Yaitu dengan bantuan LESS.  Apa itu?

LESS adalah stylesheet yang dinamis. Dimana sudah tersedia variabel, mixins, nested rules, nested media, function, namespace dan lain-lain.

[Baca juga: 7 Alasan Kenapa Anda Harus Menulis Code dengan CSS Preprocesor]

Pengalaman saya, ketika diawal menggunakan Less, dia seolah tidak dibutuhkan dan membingungkan. Namun seiring bertambahnya load kerja untuk update CSS maka kita baru terasa membutuhkan tools untuk memudahkan kerja yang dilakukan berulang-ulang. Barulah terasa manfaat penggunaan Less. Berikut adalah 9 editor Less CSS. Semoga bermanfaat ;-)

1. CSS2LESS atau LESS2CSS

Anda bisa gunakan tools ini untuk edit dan mengubah code LESS ke CSS. Jadi Anda bekerja secara online, silakan buka http://less2css.org/ untuk melakukan editing terhadap code Less.

1-editor-less

Tetapi untuk sebaliknya, anda bisa kunjungi: http://css2less.cc/

2-editor-less

Dua tools ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai coba-coba. Simple dan mudah di gukanakan. Bila Anda sudah memiliki CSS dan ingin mencoba menjadikan LESS silahkan ke css2less ataupun sebaliknya.

2. Lessify

Tersedia di halaman  ini http://leafo.net/lessphp/lessify/. Lessify ini menyediakan compiler dari CSS to LESS. Tampilanya memang sederhana tapi di sini tidak ada batasan caracter. Sedangkan untuk mengubah sebalikny, silahkan pergi ke demo daru Lessphp saja di http://leafo.net/lessphp/

3-editor-less

3. Winless

Selain offline, compiler ini juga telah tersedia secara online di http://winless.org/online-less-compiler

4-editor-less

4. Lesstester dan Simpless

Compiler yaang disediakan secara online yang ditujukan untuk tester ini dapat anda manfaatkan untuk compile file less anda. Silahakan kunjungi langsung ke http://lesstester.com/. Untuk compiler offline dapat menggunakan Simpless. untuk download silahkan ke http://wearekiss.com/simpless

5-editor-less

Akan tetapi untuk kebutuhan yang sering, dan untuk kondisi tidak memiliki koneksi internet Anda dapat menggunakan beberapa tools offline berikut:

5. Winlessoffline

Tampilannya memang sederhana dan simple. Bila anda hanya butuh compile saja, anda dapat meggunakan alat Winless Offline ini. Alamat downloadnya langsung saja ke website: http://winless.org/downloads/WinLess-1.8.1.msi

6-editor-less

Atau jika anda telah beberapa kali gagal install plugin Less ke Zend Studio, ada sejumlah editor LESS yang paling nyaman. Di antaranya:

6. Kineticwing IDE

7-editor-less

IDE yang besarnya haanya 25 Mega ini selain dapat digunakan untuk less, juga dapat digunakan untuk editor HTML dan PHP. Jadi cukup satu editor ini sudah dapat melakukan semuanya dalam membangun web. Untuk sementara editor ini menurut saya paling bagus. Download di sini: http://kineticwing.com/download

7. Crunch

Editor ini adalah editor kedua yang saya pilih setelah Kineticwing IDE, editor ini hanya untuk css dan less dengan platform dari AdobeAir. Editor ini sangat nyaman digunakan, warnanya menarik tidak membosankan dan tata letaknya juga tidak membingungkan, bisa dibilang simple. Untuk masalah fitur LESS tidak perlu diragukan. Pastinya anda dapat compile ke CSS dengan cepat. Aplikasi ini dapat berjalan di Mac maupun Windows. Tetapi untuk edit PHP ataupun HTML masih belum dapat dilakukan. Bila Anda tertarik langsung aja ke situs resminya crunchapp.net atau ingin bercolaborasi melaui github di https://github.com/matthew-dean/Crunch. Dan untuk mendownloadnya http://crunch.matecha.net/Crunch.1.6.4.air

8. CSSEditor

Untuk editor ini saya hanya melihat websitenya sekilas di http://csseditor.in/. Karena belum pernah mencoba, jadi saya tidak banyak berkomentar. Sekilas dari web resminya, editor ini terdapat berbagai versi. Dari mobile, Linux hingga Mac.

8-editor-less

Bila anda membutuhkan compile CSS secara realtime, anda dapat juga menggunakan library ini:

9. Lessphp

Lessphp adalah product dari http://leafo.net/lessphp/. Dimana anda tidak perlu compile less anda setiap ada perubahan. Karena akan di auto compile oleh compiler yang sudah ditanam di library ini. Library ini juga tersedia di github. Jadi bila ada update anda bisa langsung mengambil di https://github.com/leafo/lessphp. Selain itu Lessphp ini menyediakan juga plugin yang langsung dapat di pakai di :

Jangan sungkan untuk mencoba berbagai alternative untuk memudahkan pekerjaan Anda. Silahkan pilih editor yang Anda anggap paling nyaman digunakan.

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *