Start A Business

9 Inspirasi Bisnis Rumahan Modal Kecil, Tapi Bikin Kantong Tebal

 
  • 24
    Shares

   

Sebagian besar orang tentu bermimpi untuk bisa memiliki bisnis sendiri. Dengan memiliki bisnis sendiri, seseorang akan memiliki kewenangan dan kebebasan untuk mengatur jam kerja mereka sendiri. Waktu untuk keluarga atau teman pun dapat diatur sedemikian rupa agar dapat berjalan beriringan dengan bisnis yang kamu kerjakan.

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dengan memiliki bisnis sendiri yaitu cara dan sistem kerja dapat ditentukan sendiri. Tidak perlu mengikuti sistem dan cara yang ditentukan oleh orang lain. Bagaimanapun,  terkadang sistem dan cara yang diterapkan orang lain tidak sesuai dengan hati dan keinginan kita.

Selain itu, dengan memiliki bisnis sendiri kita akan memiliki kesempatan untuk bisa berperan dalam meningkatkan taraf hidup orang lain. Bukan tidak mungkin bisnis yang kita rintis meraih sukses dan akhirnya akan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Bagi kamu yang ingin memiliki bisnis sendiri namun tidak mau mengeluarkan modal dalam jumlah besar, kamu bisa mencoba untuk membuka bisnis rumahan. Ya, bisnis rumahan dapat menajdi alternatif bagi kamu yang ingin memulai bisnis dalam skala kecil. Tak tertutup kemungkinan bisnis rumahan kamu dapat berkembang menjadi besar.

Berikut beberapa inspirasi bisnis rumahan yang bisa kamu lakukan.

 

1. Kue Kering

Jika kamu bisa membuat kue kering, mulailah mencoba untuk menjual kue – kue kering buatan kamu tersebut. Bisnis kue kering bisa menjadi lahan bisnis yang cukup baik jika kamu serius mengerjakannya.  Apalagi jika kamu memang hobi membuat berbagai macam kue kering, tentu  bisnis ini akan menjadi sangat menyenangkan.

Ciptakan resep – resep baru, dan buatlah kue dengan bentuk – bentuk yang unik. Dengan demikian kue kering buatan kamu akan memiliki perbedaan dengan kue lain yang sudah banyak beredar di pasaran.

 

2. Warung Snack Dan Minuman

Membuka warung snack dan minuman adalah salah satu contoh bisnis rumahan yang cukup menguntungkan. Apalagi jika di sekitar rumah kamu terdapat sekolah. Kamu bisa menjual berbagai camilan ringan dan beberapa jenis minuman dingin di warung kamu. Anak – anak sekolah pasti akan menyerbu warung snack dan minuman kamu saat pulang sekolah.

Membuka bisnis warung snack dan minuman ringan sangatlah mudah. Kamu hanya perlu berbelanja di tempat – tempat grosir agar mendapatkan harga lebih murah, untuk kemudian kamu jual kembali di warung kamu. Kamu bisa mendapatkan untung sebesar 500 rupiah untuk setiap makanan, dan 1500 rupiah untuk minuman.

 

3. Katering Rumahan

Bisnis katering merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Kenapa? Tentu saja karena semua orang, setiap hari, membutuhkan makanan. Bisnis katering rumahan semakin berkembang karena semakin banyaknya orang tua yang sibuk bekerja sehingga tidak sempat untuk menyiapkan makanan bagi keluarga.

Bisnis katering rumahan ini juga dapat kamu perluas dengan menjaring konsumen dari kantor – kantor di sekitar tempat tinggal kamu. Banyak sekali karyawan kantor yang lebih memilih untuk berlangganan katering. Selain dianggap lebih terjamin kebersihannya, dengan berlangganan katering mereka tidak perlu susah – susah pergi dan mengantri makanan di rumah makan.

 

4. Reseller Online

Berkembangnya dunia digital saat ini turut membuat toko – toko online semakin marak. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis bagi kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan.

Menjadi reseller berarti menjual kembali barang – barang yang diproduksi oleh suatu produsen utama. Bisa pakaian, makanan, produk kecantikan dan lain sebagainya.

Untuk menjadi  reseller kamu hanya perlu mencari produsen yang dapat dipercaya. Kemudian kamu pasarkan barang – barang yang dihasilkan oleh produsen tersebut melalui akun sosial media milik kamu. Jika ada calon pembeli yang berminat dan telah melakukan pembayaran ke rekening kamu, kamu tinggal melakukan pemesanan ke produsen tersebut.

Dengan menjadi reseller kamu dapat memperoleh penghasilan tambahan hanya dengan bekerja dari rumah. Keuntungan yang didapat dari bisnis reseller ini cukup lumayan. Banyak resller toko online yang akhirnya sampai membutuhkan karyawan untuk membantunya menerima pesanan yang masuk. Bukan tidak mungkin kesuksesan tersebut juga akan terjadi pada kamu.

 

5. Persewaan Kamar

Jika kamu memiliki kamar lebih di rumah kamu, tak ada salahnya untuk menyewakan kamar tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamar – kamar yang tidak terpakai di rumah kamu bisa dimanfaatkan untuk kos – kosan. Penghasilan dari kos – kosan terbilang cukup lumayan.

Atau jika kamu menginginkan penghasilan yang lebih besar lagi, kamu bisa menyewakan kamar tak tepakai kamu di website khusus persewaan kamar. Melalui website tersebut akan banyak orang yang akan menghubungi kamu untuk menyewa kamar tersebut secara harian atau bulanan. Penghasilan yang kamu dapatkan bisa mencapa 250 ribu per hari. Cukup besar bukan?

 

6. Laundry

Saat ini bisnis laundry cukup berkembang dan cukup menghasilkan. Tingginya angka orang yang bekerja membuat bisnis jenis ini menjadi sangat dicari. Ya, orang – orang yang bekerja kantoran biasanya lebih memilih untuk mencucikan bajunya di laundry – laundry rumahan. Mereka tentu sudah lelah jika harus mengurus cucian – cucian kotornya.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis laundry ini hanyalah mesin cuci dan setrika. Kamu tentu sudah memilikinya bukan. Nah, tinggal memanfaatkannya saja demi mendapatkan uang tambahan.

Perhatikanlah kebersihan cucian dan juga usahakan agar hasil cucian beraroma wangi. Dengan demikian akan banyak orang yang percaya dengan laundry kamu. Jika sudah cukup ramai, kamu bisa mulai merekrut pegawai.

 

7. Isi Ulang Pulsa Handphone

Puluhan juta orang di Indonesia menggunakan telepon seluler, dimana hampir sleuruhnya mengisi pulsa prabayar. Tak heran bisnis isi ulang  pulsa menjadi salah satu bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Keuntungan yang didapat dari bisnis pulsa ini memang kecil, namun tentu banyak orang yang membeli pusla di tempat kamu. Bukan hanya 1 atau 2 orang saja.

 

 

8. Persewaan Mobil

Bisnis persewaan mobil memang membutuhkan modal yang cukup besar jika kamu belum memiliki mobil pribadi. Namun jika kamu memiliki mobil yang jarang kamu pakai, lebih baik sewakaan saja mobil tersebut agar menghasilkan. Bisnis rumahan yang satu ini bisa memberikan kamu keuntungan yang cukup bnayak. Biaya sewa mobil rata – rata sebesar 300 ribu untuk 1 hari.

 Jika kamu sabar dan serius menekuni bisnis ini, tentu bisnis ini akan berkembang. Kamupun bisa mulai mencicil untuk bisamenambah armada kamu.

 

9. Rental Bisnis Konsol

Rental game konsol seperti Play Station, Wii, dan sebagainya masih sangat diminati. Jika kamu tinggal di daerah perumahan yang banyak terdapat anak – anak kecil dan remaja, jenis bisnis ini dapat kamu pertimbangkan.

Untuk memulainya kamu cukup menyediakan 2  set saja. Jika sudah mulai ramai, barulah tambah koleksi game konsole dan juga televisi kamu.

Itulah beberapa inspirasi bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Semoga sukses.

           
  • 24
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *