Technology

9 Pertimbangan Ketika Membuat Aplikasi untuk Smartphone

 
  • 2
    Shares

Loading...

Saat ini teknologi merupakan akar bagi dunia bisnis modern, perangkat mobile memiliki peran yang cukup signifikan, sehingga membuat aplikasi untuk smartphone (Apps) merupakan keharusan bagi peningkatan sebuah bisnis. Sayangnya para designer apps seringkali mengalami kesulitan dalam merancang aplikasi mobile yang efektif untuk bisnis mereka. Nah, beberapa tips berikut akan membantu dalam pembuatan aplikasi mobile yang tidak hanya bermanfaat dan cocok bagi pengguna, tetapi juga membantu untuk mempertahankan kesetiaan pengguna.

1. Choosing Platform

1-smartphone

Sebelum memulai rancangan sebuah aplikasi, hal pertama yang dibutuhkan adalah memutuskan platform dasar yang dapat memberikan kinerja terbaik untuk aplikasi mobile. Jika pilihan utama adalah uang, maka pilih platform iOS yang merupakan sistem operasi untuk iPhone atau iPad. iOS memiliki tingkat yang lebih sulit dalam mendapatkan pendapatan melalui transaksi download daripada melalui Android App. Tapi, jika ingin membuat aplikasi untuk mempromosikan sebuah bisnis, maka pilih platform Android karena sejak awal dibuat hingga saat ini, Android menguasai 53% pangsa pasar dibandingkan iOS yang hanya menguasai 36%. Menurut “comScore”, sebuah aplikasi Android yang dikirim untuk dipasarkan secara otomatis sehingga dapat didownload secara massal setelah 20 menit pengiriman.

2. Include Social Sharing

2-smartphone

Pastikan terdapat tombol berbagi jejaring sosial untuk memungkinkan pengguna berbagi informasi tentang aplikasi yang telah dibuat. Sehingga memungkinkan pengguna untuk berbagi pengalaman dengan rekan sosial mereka. Hal ini merupakan metode yang sangat efektif untuk menghasilkan lebih banyak pengguna untuk aplikasi mobile yang telah dibuat.

3. A Free App

3-smartphone

Keputusan untuk meningkatkan pendapatan dari aplikasi yang telah dibuat tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Jika sebuah aplikasi mobile menjadi alat pemasaran yang membangun sebuah brand, mungkin fokus dalam mendapatkan jumlah download yang banyak dengan menawarkan aplikasi secara gratis merupakan pilihan yang tepat.

4. Adding Value

4-smartphone

Kedengarannya sederhana. Tapi setiap produk harus berdasarkan ide terbaik. Kita perlu sebuah aplikasi yang menjadi produk terpisah daripada menyalin website perusahaan itu sendiri. Wujudkan dengan ide – ide sederhana yang mencerminkan nilai – nilai utama pada bisinis perusahaan. Hal tersebut dibutuhkan untuk memberikan hal yang baru dan berbeda untuk menarik perhatian pengguna dalam tingkat kompetisi yang tinggi.

5. Be Appropriate and Relevant

5-smartphone

Penting untuk memahami bahwa aplikasi mobile yang telah dibuat dapat menjawab setiap kebutuhan pelanggan. Aplikasi yang telah dibuat dapat memberikan informasi yang dibutuhkan bagi pengguna dan menawarkan tips dan saran yang berkaitan dengan produk dari bisnis perusahaan.

6. Provide Information

6-smartphone

Berikan informasi kepada pengguna secara berkala yang berisi tentang perkembangan dan berita mengenai produk dari bisnis perusahaan. Sebuah sistem yang dapat memperbarui semua informasi secara otomatis, bahkan sebelum pengguna menyadari kebutuhannya dapat menjadi cara yang terbaik untuk meningkatkan efektifitas sebuah aplikasi mobile.

7. Make User Come Back to Your App

7-smartphone

Buatlah alasan bagi pengguna untuk kembali kembali mengkases aplikasi dan menggunakannya secara teratur. Harus dipahami bahwa membuat seseorang untuk men-download aplikasi mobile hanya sebuah langkah pertama. Jika mereka tidak menggunakannya kembali, maka aplikasi yang telah dibuat hanya memenuhi daftar aplikasi di perangkat mereka. Hingga berdampak pada hilangnya fungsi utama aplikasi mobile bagi pengguna

8. Maintain Regularity

8-smartphone

Salah satu aturan penting dalam setiap bisnis adalah menjaga komunikasi dengan pelanggan. Pengguna aplikasi senang memberikan kritik dan saran yang membangun untuk meningkatkan kegunaan dari aplikasi. Pastikan pesan tersebut diterima dan lakukan timbal balik terhadap pelanggan dengan memperbarui aplikasi

9. Update Functionality

9-smartphone

Untuk membuat sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai alat pemasaran yang efektif, diperlukan pengetahuan bagaimana cara bekerja dari smartphone dan bagaimana orang menggunakan aplikasi yang ada didalamnya. Buatlah hal – hal sederhana namun inovatif dan yang paling penting adalah “user-friendly”.

Loading...

  • 2
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *