Running A Business

9 Tips yang Membuat Welcome Email Anda Langsung Terbaca

 

   

Email merupakan salah satu fasilitas internet yang paling banyak digunakan sehari-hari untuk berkomunikasi. Aktivitas email saat ini pun sudah sangat umum dilakukan oleh perusahaan ataupun pebisnis. Hal ini dilakukan untuk semakin memperat hubungan antara pemilik bisnis dan pelanggan. Email biasanya digunakan pada saat pembeli pertama kali menjadi member, pembeli men-subscribe website, pemberitahuan pada pelanggan dan lain-lain.

Data menyebutkan bahwa welcome email yang tepat dapat meningkatkan transaksi penjualan 3x lebih baik. Mengapa demikian? Welcome email adalah ucapan selamat datang yang diberikan pada pelanggan baru. Welcome email sangat penting dikirim karena selain merupakan suatu sambutan juga untuk perkenalan pada pelanggan baru. Semakin baik dan tepat welcome email yang dibuat, semakin tepat sasaran dan menumbuhkan minat pembeli.

Menuliskan content welcome email tidak hanya sekedar menulis, akan tetapi perlu dibuat content yang menarik. Disadari atau tidak welcome email adalah yang mampu menghipnotis pelanggan untuk membuka email. Jadi jangan salahkan pelanggan jika welcome email Anda tidak dibuka, akan tetapi mungkin content yang Anda buatlah yang kurang menarik.

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

1. Buat koneksi dari awal

Tidak hanya pebisnis skala besar saja yang wajib melakukan welcome email, tetapi bagi Anda yang masih memulai ataupun bisnisnya masih tahap kecil dan menengah dapat membuatnya. Yang terpenting disini adalah membuat koneksi dengan pelanggan dan proses setelah itu.

2. Text harus mematikan

Menggunakan teks yang menarik akan semakin membuat pembaca tidak sabar dan ingin membuka email yang Anda kirimkan. Gunakan CTA yang terlihat dengan beberapa kata saja, pastikan tidak ada penjelasan yang panjang di dalamnya.

3. Waktu pengiriman

Tentu Anda tidak menginginkan pelanggan baru menunggu terlalu lama untuk konfirmasi account baru mereka, jadi pastikan pelanggan baru Anda menerima welcome email maksimal 5 menit.

4. Buat email secara personal

Kebanyakan pelanggan lebih menyukai mendapatkan suatu email yang secara khusus dikirimkan pada mereka. Oleh sebab itu, buatlah email secara personal yang semakin meyakinkan mereka untuk membuka email mereka.

5. Beritahu poin-point yang bagus

Beritahukan apa saja keuntungan yang didapatkan setelah memutuskan menjadi pelanggan Anda. Gunakan “gain” disini, yakni sebutkan apa saja yang akan mereka dapatkan nantinya sehingga pelanggan baru Anda tertarik dan mendapatkan gambaran.

6. Buat email casual

Buatlah welcome email yang casual, tidak terkesan norak, singkat padat jelas dan tidak berbelit-belit. Tidak ingin kan pelanggan langsung menutup email Anda setelah mengetahui betapa panjangnya email yang mereka harus baca?

7. Ingatkan pelanggan mengapa mereka menyukai produk Anda

Hal ini bertujuan untuk menekankan pada pelanggan bahwa mereka tidak salah memilih dan bergabung menjadi pelanggan Anda.

8. Berikan pelanggan hadiah

Jangan mengestimasi kekuatan hadiah. Misalnya saja bagi pelanggan baru mendapatkan hadiah berupa “beli satu gratis satu”, “diskon”, “gratis ongkos kirim”. Dengan begini tentunya pelanggan baru akan lebih excited terhadap produk dan toko online Anda bukan?

9. Berikan pelanggan trial

Pelanggan baru yang belum terlalu percaya biasanya menginginkan adanya garansi. Oleh sebab itu, berikan trial pada mereka atau pun jaminan semisalnya produk yang mereka beli tidak cocok.

Setelah melihat beberapa tips di atas mungkin beberapa dari kita ada yang masih bingung akan tetapi ingin sekali menerapkan welcome email yang baik. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena dengan mendownload Ebook gratis The Bilionaires Blueprint akan langsung mendapatkan rahasia pebisnis beromset milyaran dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya.

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *