Leadership

9 Trik Produktif Bekerja di Rumah

 
  • 2
    Shares

   

Bekerja bukanlah dimana kita menghabiskan 8-9 jam waktu kita. Bukan juga dengan siapa kita meeting atau bertemu dengan orang baru. Tapi bekerja lebih kepada apa yang kita hasilkan, dimanapun dan kapanpun itu bisa kita lakukan. Termasuk di rumah kita sendiri. Dan bekerja dari rumah saat ini sudah cukup populer dikerjakan oleh masyarakat. Mereka merasa lebih nyaman, fokus dan mampu lebih produktif ketimbang bekerja di kantor. Tapi tentu saja itu tidak terjadi pada semua orang. Dan pastinya bekerja dirumah berbeda dengan saat bekerja di kantor, itu sebabnya kita perlu tahu bagaimana cara mengatur waktu dan produktivitas kerja kita.

Dan berikut ini kami berikan triknya:

1. Fokus menciptakan nilai di tempat kerja

Bisakah kita mengubah sedikit kebiasaan ita dirumah untuk menjadi lebih produktif ketika sedang bekerja? Ketika kita bisa melakukan itu, maka itu akan membantu kita untuk meningkatkan produktivitas kerja kita. Seperti ketegangan saat bekerja, bisa kita ganti dengan sleingan humor agar terlihat lebih santai dan benar – benar menikmati suasana kerja di rumah.

2. Konsisten menghilangkan rasa malas

Jangankan di rumah, di kantor saja ketika sudah mendekati waktu pulang maka rasa malas tentu akan sangat kita rasakan. Bagaimana dengan dirumah? Dengan waktu yang bisa kita atur sendiri, maka rasa malas akan lebih banyak datang. Untuk menhindari itu terlebih di sore hari, cobalahuntuk sejenak meregangkan otot yang kaku, dan menegak secangkir teh hangat atau kopi, untuk mendongkrak kembali semangat bekerja Anda.

3. Berani berkata “Tidak”

Menggunakan handphone selagi bekerja tentu akan banyak memberikan gangguan untuk fokus kerja kita. Terlebih ketika dirumah dengan banyaknya kebebasan kita melakukan hal, maka gangguan juga akan semakin banyak. Cobalah untuk berjanji kepada diri sendiri untuk tidak menggunakan handphone selama bekerja, kecuali memang diharuskan melakukan panggilan atau mengirimkan pesan teks kepada klien atau atasan Anda. Ketika Anda berhasil berkata tidak untuk 1 gangguan kecil, itu akan membantu Anda berkata tidak pada gangguan yang besar.

4. Mengkonsumsi makanan yang baik dan istirahat yang cukup

Tidak ada yang menjamin bahwa ketika kita bekerja dirumah maka asupan gizi dan istirahat kita akan jauh lebih baik. Justru terkadang kita semakin menganggapnya enteng. Untuk itu sekalipun bekerja dirumah, tetap perhatikan asupan gizi atau makanan Anda, dan juga jaga pola istirahat Anda, agar bekerja bisa terus fokus dan produktif.

5. Mulailah hari Anda semalam sebelumnya

Untuk mempersiapkan fisik dan fikiran yang sehat untuk bekerja esok hari, persiapkan segalanya di malam hari. Seperti tidak tidur larut malam, dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol atau berkafein pada malam harinya. Anda juga bisa berolahraga sebelum memulai pekerjaan Anda.

6. Menjadwalkan pertemuan

Bekerja di rumah bukan berarti Anda tidak boleh bertemu dengan orang lain. Anda tetap bisa melakukan pertemuan dengan klien atau rekan kerja di kantor. Mulai dari bertemu di luar rumah hingga melakukan pertemuan secara online. Jadwalkan semua pertemuan Anda dan ini akan membantu Anda menjadwalkan tugas yang lainnya.

7. Mendisiplinkan waktu

Mendisiplinkan diri sendiri dimulai dari hal yang kecil, seperti bangun di pagi hari. Melakukan olahraga, sarapan dan mulai untuk bekerja. Ketika kita bisa disiplin dengan waktu, maka itu akan membuat kita produktif dalam bekerja.

8. Jangan terlalu reaktif

Sekalipun manajemen waktu sangat penting untuk keberhasilan Anda bekerja, Anda tidak perlu melakukan semua pekerjaan dengan tergesa – gesa. Seperti menjawab email dengan segera, makan dengan cepat dan menjawab semua telepon dengan segera. Fokuslah pada prioritas kerja Anda, bukan pada reaksi Anda terhadap rangsangan yang langsung datang.

9. Tetap perhatikan kerja tim

Jika Anda bekerja pada sebuah perusahaan dan memilih untuk mengambil waktu bekerja di rumah, tetap ingat bahwa Anda tentu memiliki sebuah tim. Dan Anda harus tahu bahwa sebuah tim tidak bisa bekerja secara individual. Anda harus tahu kapan bisa bekerja secara tim dan individual. Cobalah untuk membangun komunikasi yang baik dengan seluruh anggota tim. Memberikan mereka perhatian dan juga kepedulian.

Baca juga:

3 Cara Menghindari Gangguan Saat Bekerja untuk Menjadi Lebih Produktif

5 Alasan Stress Menjadi Pemicu Produktifitas

Ingin Jadi Produktif? Ini 10 Tips Melatihnya

           
  • 2
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 30 April 2015 - pukul 15:54

    kalau saya masih sulit memerangi rasa malas. :( tapi mulai saya paksakan untuk terus semangat dan tidak malas. Thanks.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *