Berita

Agar Tak Terinfeksi, Ini 5 Cara Cegah Virus Corona

 

Loading...

Photo by cottonbro from Pexels

Virus Corona – Pandemi virus corona kini telah merambah juga ke negeri kita, Indonesia. Tak hanya sekedar flu, infeksi corona dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang serius seperti pneumonia dan sindrom pernapasan, bahkan menyebabkan kematian. Namun demikian, kita bisa mencegah agar tak terinfeksi corona sedini mungkin, dengan menerapkan cara berikut.

Cegah virus corona dari diri sendiri dengan langkah-langkah berikut

COVID-19 atau penyakit yang ditimbulkan oleh coronavirus dapat menyebar dengan sangat cepat. Negara-negara di berbagai belahan dunia pun sedang berjuang untuk menghentikan penyebaran virus ini.

Berbagai upaya dikerahkan agar korban tak lagi berjatuhan. Beberapa negara bahkan menerapkan lockdown, alias mengkarantina daerah yang terdampak virus. Namun sejatinya, pencegahan corona dimulai dari diri sendiri. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah corona.

1. Tidak sembarangan menyentuh area wajah

Hindarilah menyentuh area wajah Anda, terutama mata, hidung, serta mulut, terutama dalam keadaan tangan yang kotor. Virus dapat mengkontaminasi tubuh lewat area-area tersebut.

2. Rajin mencuci tangan

Cucilah tangan sesering yang Anda bisa. Anda bisa saja tidak sengaja menyentuh permukaan benda yang kotor, atau terpercik liur orang lain. Jangan sampai Anda menyentuh bagian tubuh lainnya dengan tangan yang kotor.

Cuci tangan yang baik dan benar ada tata caranya. Gunakan sabun dan air yang mengalir. Kedua, pastikan bahwa area tangan dibersihkan secara menyeluruh. Selain telapak tangan, bersihkan punggung tangan, sela-sela jari, ibu jari, serta sela-sela kuku.

Jika keadaan tidak memungkinkan untuk cuci tangan dengan sabun dan air, Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai alternatifnya. Pastikan bahwa hand sanitizer tersebut berbahan alkohol. Walau bisa digantikan dengan hand santizer, cara mencuci tangan lebih efektif.

3. Terapkan etika batuk dan bersin

Jika Anda sedang batuk atau pilek, hindari batuk dan bersin dengan sembarangan. Saat bersin atau batuk, tutuplah mulut beserta hidung dengan tisu.

Jika tidak ada tisu, Anda bisa segera menutupnya dengan bagian dalam siku tangan. Dengan demikian, cairan bersin atau batuk Anda akan tertutupi oleh kain lengan baju.

Selain itu, dianjurkan juga untuk menggunakan masker. Pastikan bahwa mulut dan hidung tertutupi masker dengan baik.

4. Lakukan social distancing

Corona sangat mudah menyebar lewat kontak manusia. Kasus corona di Korea Selatan meningkat drastis karena ada orang yang terjangkit hadir dalam perkumpulan besar. Oleh karenanya, perlu sekali melakukan social distancing, alias perenggangan sosial.

Hindarilah keramaian, termasuk berbagai acara yang pesertanya dalam jumlah banyak. Jagalah jarak dengan orang lain, setidaknya 1 meter. Hindari juga berpergian, kecuali untuk hal-hal mendesak. Sementara, berdiam diri di rumah lebih baik hingga wabah corona berakhir!

5. Jaga kondisi badan agar tetap fit

Jagalah daya tahan tubuh. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, perbanyakan sayur dan buah. Usahakan untuk melakukan olahraga ringan. Istirahat dengan cukup, hindarilah kurang tidur. Selain itu, berjemur sinar matahari pagi pun baik untuk dilakukan.

Untuk pelaku usaha, ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah virus corona

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyebaran corona di kantor atau tempat usaha Anda. Pertama, Anda bisa melakukan sterilisisasi tempat dengan menyemprotkan cairan desinfektan. Kedua, jika memungkinkan, Anda bisa menerapkan work from home atau bekerja dari rumah untuk mendukung aksi social distancing.

Untuk memutus rantai virus corona, dibutuhkan usaha dari semua pihak. Usaha tersebut dimulai dari diri kita sendiri. Mari saling menjaga satu sama lain.

Simak juga berbagai info menarik seputar bisnis hanya dari Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *