Business Says Headline

Apa Pentingnya Mentor dalam Bisnis untuk Pemula?

 

Loading...

Apa Pentingnya Mentor dalam Bisnis – Apakah Anda baru mulai berbisnis? Merasa perlu banyak belajar tentang berbisnis? Jangan khawatir, Anda dapat mengikuti kegiatan mentoring, alias mencari bimbingan dari mentor bisnis.

Siapakah mentor bisnis? Mereka adalah pebisnis yang telah memiliki banyak pengalaman berbisnis. Mereka tak ubahnya guru, karena Anda akan mendapatkan banyak wawasan dari belajar kepada mentor.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan melalui belajar dengan mentor? Simak ulasan berikut, yuk!

Apa pentingnya mentor dalam bisnis? Ini 5 alasannya!

1. Mentor mampu memberikan saran yang terpercaya

Mentor bisnis adalah mereka yang memiliki banyak informasi serta wawasan luas tentang bisnis. Mereka juga telah mengalami banyak pengalaman di dunia bisnis.

Mentor juga dapat membantu Anda untuk melakukan evaluasi pengembangan bisnis. Mereka mampu mengidentifikasi, pada aspek apa sajakah kita perlu berbenah. Mereka juga mampu memberikan saran untuk pengembangan bisnis sesuai dengan kondisi Anda.

Oleh karenanya, mentor adalah pihak yang paling dapat dipercaya. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan keberadaan mentor. Manfaatkanlah hal ini untuk menggali ilmu berbisnis sebanyak-banyaknya.

2. Anda akan mendapatkan pelajaran penting yang tidak ada di buku-buku

Buku-buku tentang bisnis mungkin memuat banyak pelajaran mengenai bisnis. Namun, ada satu pelajaran penting yang tidak dapat diberikan oleh buku-buku bisnis. Pelajaran penting itu adalah pengalaman.

Melalui kegiatan mentoring, Anda mendapatkan kesempatan untuk belajar dari pengalaman mentor. Tentunya, akan terasa sangat berbeda dengan hanya membaca saja, bukan? Para mentor juga tak segan untuk berbagi tentang kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan sehingga nantinya kita pun tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

3. Mentor dapat menjadi teman berdiskusi

Salah satu kendala yang kerap dialami pebisnis pemula adalah diterpa kebingungan atau keraguan. Agar dapat mengatasinya, terkadang memang dibutuhkan pandangan atau masukan dari pebisnis lainnya.

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan mentoring adalah terbukanya kesempatan untuk berdiskusi. Terlebih lagi, Anda memiliki kesempatan berdiskusi dengan pebisnis yang handal.

Dengan bekal wawasan dan pengalamannya, mereka dapat memberikan arahan atas segala permasalahan yang dihadapi. Mereka juga dapat memandu Anda agar mampu mengambil pertimbangan yang tepat.

4. Mentor akan memberikan suntikan semangat

Menjalankan bisnis bukanlah perkara yang mudah. Anda akan menemui berbagai tantangan, bahkan juga hambatan. Anda juga perlu mempersiapkan diri agar dapat melalui semuanya.

Memiliki sumber daya yang memadai terkadang tak cukup. Dukungan dari orang-orang sekitar pun tak kalah penting.

Salah satu sumber dukungan yang bisa Anda peroleh adalah dari mentor bisnis. Mereka tak hanya memberikan bekal ilmu dan arahan dalam berbisnis bisnis, tetapi juga memberikan semangat.

5. Anda memiliki kesempatan untuk memperluas network

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pebisnis adalah menjalin network, alias menjalin koneksi dengan pihak-pihak yang dapat memberikan berbagai keuntungan. Keuntungan tersebut beragam rupanya, mulai dari ilmu hingga bantuan untuk bisnis.

Mengikuti kegiatan mentoring dapat menjadi salah satu jalan untuk memperluas network Anda, lho. Mentor yang sejatinya telah memiliki banyak pengalaman dan informasi dapat menghubungkan Anda dengan pihak-pihak penting di industri. Menarik sekali, bukan?

Wah, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari memiliki mentor. Tak hanya pebisnis pemula, Anda pun boleh-boleh saja mencari mentor walau sudah cukup lama berbisnis. Tidak ada kata berhenti untuk belajar, bukan?

Simak juga berbagai artikel menarik seputar bisnis dan kewirausahaan hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

Photo by Christina Morillo from Pexels

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *