Leadership

Apa Saja Kebiasaan yang Dilakukan Orang – Orang Sukses Di Dunia?

 
  • 7
    Shares

Loading...

Steve Jobs dikenal sebagai salah satu orang paling sukses di dunia. Berkat tangan dinginnya ia berhasil menciptakan berbagai inovasi mutahir bidang teknologi di dunia. Sebagai seorang CEO yang sukses, beliau terlihat seperti orang yang memiliki kemampuan luar biasa untuk melakukan itu semua, sekalipun ia memiliki alokasi waktu yang sama dengan orang lainnya yaitu 24 jam sehari. Meskipun tidak ada satupun ukuran yang cocok antara CEO yang satu dengan yang lain, tapi cenderung ada kebiasaan yang sama dari mereka.

Strategi yang bisa kita gunakan adalah dengan mencontoh beberapa kebiasaan yang membawa mereka menuju kesuksesan melalui kebiasaan harian mereka. Dan berikut adalah 6 contoh kebiasaan CEO paling sukses di dunia:

1. Mereka bangun lebih pagi

Robert Iger

Robert Iger, CEO Disney

Bangun lebih bagi adalah kebiasaan yang hampir semua CEO kelas dunia lakukan setiap harinya. New Jersey Nets, CEO Brett Yormark bangun sekitar pukul 3.30 AM, Virgin America CEO David Cush memulai harinya sekitar pukul 4.15, Robert Iger CEO Disney mengatakan bahwa dirinya selalu bangun pukul 4.30 setiap paginya dan Dan Akerson, mantan CEO General Motors bangun sekitar pukul 4.30 – 5.00 AM setiap harinya. Banyak orang berkata ketika kita ingin mengejar kesuksesan, maka mulailah lebih awal, cara sederhananya yaitu mulai dari bangun tidur lebih pagi dari biasanya.

Jika Anda meremehkan bangun lebih pagi dari orang pada umumnya, maka Anda bisa kehilangan kesempatan besar untuk menambah produktivitas harian Anda. Dengan bangun lebih pagi, Anda bisa memulai pekerjaan tepat waktu dan menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Waktu tambahan yang Anda miliki akan memudahkan Anda untuk memberikan karya lebih banyak dari biasanya.

2. Berolahraga secara teratur

 

Haim Saban

Haim Saban, CEO Saban Capital

Menjadi orang yang sibuk tidak lantas membuat CEO sukses kelas dunia meremehkan olahraga. Andrea Jung, mantan CEO Avon Products selalu bangun pukul 5 pagi dan melakukan olahraga sebelum berangkat bekerja. CEO Unilever, Paul Polman bahkan berangkat bekerja pukul 6 pagi dan ia memiliki banyak waktu untuk berjalan ke kantornya. Ia mengatakan, bahwa ia menggunakan waktu awal untuk merenungkan hari kerja ke depannya.

Haim Saban, CEO Saban Capital mengaku bahwa ia bekerja selama satu jam, dan kemudian melakukan 75 menit waktunya untuk latihan, sebelum ia merasa bahwa dia benar – benar harus memulai harinya. Jika Anda mulai merasa pekerjaan yang Anda miliki tidak dimulai dengan cara yang Anda inginkan, cobalah untuk merelaksasi diri melalui jogging di pagi hari atau bentuk olahraga ringan lainnya sebelum Anda pergi ke kantor.

3. Mereka bermeditasi setiap hari

 

oprah winfrey

Oprah Winfrey

Meditasi adalah strategi yang sangat populer untuk membersihkan fikiran yang lelah karena sibuk bekerja dan mengembalikan fokus pada tujuan. Oprah Winfrey begitu mengkhususkan waktunya untuk bermeditasi transendentral (TM), ia juga memiliki guru TM yang menginstruksikan semua orang di perusahaannya bagi siapapun yang ingin belajar bermeditasi. Dia memiliki waktu 20 menit untuk bermeditasi setiap harinya.

Winfrey juga mengatakan banyak manfaat dari latihan ini, dalam artikelnya ia mengatakan “hasilnya sangat mengagumkan, tidur menjadi lebih baik. Ada peningkatan hubungan dengan pasangan, anak, dan rekan kerja. Penderita migrain juga bisa disembuhkan dengan ini. Produktivitaspun dan kreativitas menjadi lebih besar lagi.”

4. Mereka tidak sungkan untuk mengurangi atau menghilangkan pertemuan

 

mark cuban

Mark Cuban, pemilik Dallas Mavericks

Beberapa CEO mengatakan bahwa sebuah rapat yang sering dilakukan beberapa perusahaan hanya menguras sebagian besar waktu kerja dan sumber daya yang mereka miliki. Beberapa CEO mempertimbangkan alternatif dan melihat apakah mereka dapat mengurangi atau menghilangkan pertemuan yang ada.

Mark Cuban, pemilik Dallas Mavericks mengatakan “rapat ini hanya buang – buang waktu, kesuali Anda menutupnya dengan kesepakatan. Ada begitu banyak cara untuk berkomunikasi secara real time atau asynchronous. Bahwa setiap pertemuan Anda benar – benar duduk untuk menggunakan durasi waktu dan mendapatkan hasil sebelum akhirnya setuju, lalu pergi.”

Beberapa alternatif yang bisa dilakukan selain mengadakan meeting, yaitu berkomunikasi melalui email atau alternatif lain sebagai gantinya. Dan kita bisa melihat berapa waktu yang bisa kita gunakan untuk bekerja secara efektif.

5. Mereka mengatur agenda

 

Danny Meyer

Danny Meyer, CEO Union Square Hospitality Group

CEO yang sibuk tidak akan melewatkan agenda dalam setiap aktivitas mereka. Danny Meyer, CEO dari Union Square Hospitality Group, memiliki sistem penulisan memo yang membantu dia bersaing dengan semua tanggungjawabnya tanpa mengalahkan interupsi di setiap aktivitasnya. Asisten eksekutifnya selalu mengirimi Danny Meyer memo harian dengan jadwal hari selanjutnya, pertanyaan yang sering muncul di hari kerja mereka, FYI dan juga pengingat jangka panjang bagi Danny.

6. Mereka menumbuhkan kreativitas

Steve Jobs, Mantan CEO Apple Inc.

Dari semua kebiasaan di atas, membudayakan kebiasaan menciptakan kreativitas di dalam diri sendiri adalah hal yang paling penting. Dalam setiap organisasi, dibutuhkan banyak inspirasi dan kreativitas yang diciptakan bukan hanya untuk mencapai keberhasilan, tetapi juga untuk mempertahankan kesuksesan kinerja Anda.

Dan mungkin belum ada yang memiliki semangat yang lebih menonjol dan lebih kreatif daripada mantan CEO Apple, Steve Jobs. Pendekatan kepemimpinan kreatifnya difokuskan pada pentingnya sebuah desain dan selalu melakukan inovasi terhadap produk setiap harinya.

Dia tetap menanamkan standar kreativitasnya sendiri pada semua orang yang bekerja di bawahnya. Dan akhirnya itu menjadi keunggulan kompetitif utama bagi Apple.

Nah, sekarang apakah Anda sudah menemukan satu contoh untuk kemudian Anda aplikasikan dalam strategi kesuksesan Anda? Selamat mencoba :)

 

 

Baca juga:

5 Sifat Sukses Pemimpin Muda ala Alex Malley

15 Aktivitas yang Membuat Anda Menjadi Pekerja Sukses

Sukses Menjadi Creativepreneur, Bagaimana Caranya?

Loading...

  • 7
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *