Running A Business

Apakah Bisnis Anda Sungguh-Sungguh Membutuhkan Mobile Apps?

 
  • 8
    Shares

Loading...

Di era serba mobile seperti sekarang ini bukan menjadi hal baru lagi ketika apapun yang kita kerjakan bisa diaplikasikan dalam bentuk aplikasi mobile. Mulai dari mencari informasi, membaca, berbelanja online sampai dengan memesan layanan ojek pun kini bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi mobile.

Jika Anda salah satu pebisnis online yang ingin mulai mengembangkan bisnis dengan bantuan aplikasi mobile, coba pikirkan ini terlebih dahulu…!

“Seberapa banyak orang yang akan mendownload dan menggunakannya”

Nah, sebelum itu Anda perlu tahu seberapa banyak netizen yang menggunakan aplikasi mobile seperti yang ada di Google Play.

Lalu kapan konsumen menggunakan mobile Apps?

Sebuah studi oleh RetailMeNot meminta survey kepada konsumen tentang seberapa sering mereka berbelanja online di smartphone atau tablet dengan aplikasi e-commerce. Hasilnya sedikit mengejutkan, karena sangat jarang sekali konsumen menggunakan mobile apps untuk melakukan transaksi atau berbelanja online.

Lebih dari setengah, sekitar 57% menggunakan aplikasi e-commerce selama sebulan bahkan kurang. Dan 10% mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi e-commerce sekali setiap harinya atau lebih dari itu.

survey 1

Ini bisa menjadi pertimbangan bagi kita sebelum mulai menciptakan aplikasi mobile khusus untuk bisnis online kita. Sebab pertimbangannya adalah seberapa banyak orang yanga kan mendownload dan menggunakannya.

Berapa orang yang menggunakan aplikasi mobile khusus e-commerce?

Hanya sebagian kecil dari pengguna smartphone yang mendownload dan menggunakan aplikasi belanja di smartphone mereka. Bahkan, hanya 39% dari mereka memiliki 1 atau 2 aplikasi saja, 39% lainnya mengatakan memiliki lebih dari 2 aplikasi e-commerce. Namun sebesar 21% mengatakan bahwa mereka tidak memiliki aplikasi e-commerce di smartphone mereka.

survey 2

Ini bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membuat, mengembangkan dan akhirnya meluncurkan aplikasi e-commerce toko Anda. Sebelumnya Anda harus yakin terlebih dahulu bahwa pelanggan Anda benar-benar membutuhkan sampai akhirnya mencari aplikasi toko online Anda di play store.

Jika dilihat dari statistik di atas jelas sangat mengecewakan. Namun beberapa konsumen benar-benar mendownload dan menggunakan aplikasi e-commerce di smartphone mereka. Sisanya masih berinteraksi melalui perangkat smartphone, mulai dari SMS, chating sampai dengan telepon. Dan mereka hanya mengunjungi website melalui perangkat mobile saja.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan orang akan lebih mungkin untuk mengunjungi website Anda ketika mereka hendak berbelanja online, kecuali untuk mendapatkan promosi.

Untuk memeriksa waktu beroperasinya sebuah toko, penelitian tersebut mengatakan bahwa sebanyak 66% pelanggan Anda akan memilih mengunjungi website, dibandingkan dengan 45% lainnya yang mendownload dan menggunakan aplikasi Anda.

Selain itu untuk memeriksa ulasan atau deskripsi toko dan produk, sebanyak 50% konsumen akan mengunjungi website Anda, dan 31% lainnya akan menggunakan aplikasi Anda.

Namun ketika pelanggan ingin menukarkan hadiah atau melihat promo produk Anda yang lain, maka hanya 19% saja yang menggunakan aplikasi Anda, dan sebanyak 12% akan memilih untuk mengunjungi website Anda. Ini bisa menjadi acuan ketika ingin mengembangkan aplikasi hanya untuk mempromosikan program bisnis Anda. Ini akan mengeluarkan banyak biaya.

survey 3

Lalu apa artinya?

Mungkin sebagian besar dari Anda berpikir bahwa memiliki aplikasi mobile untuk toko online sama pentingnya dengan memiliki website toko online. Tapi mungkin Anda harus kembali memusatkan perhatian pada pendanaan pembuatannya. Bahkan, ketika Anda menggarap serius website versi mobile fungsi dan manfaat yang akan didapatkan juga akan sama.

Terlebih ketika website toko online Anda sudah memiliki versi mobile terupdate seperti yang disediakan oleh jasa layanan toko online instan dari Jagoanstore.com. Dengan menggunakan website toko online dari Jagoanstore.com pelanggan Anda bisa melihat produk dan berbelanja dengan mudah, baik melalui website versi desktop maupun versi mobile. Ini tentu akan membantu Anda untuk menghemat biaya.

Loading...

  • 8
    Shares

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *