Technology

Apple Jadi Brand Paling Berharga di Tahun 2013

 

Loading...

Interbrand adalah konsultan merk top dunia yang setiap tahunnya menyusun daftar penghargaan berisi setiap brand paling berharga di dunia. Setelah selama 13 tahun bertengger di peringkat teratas dalam survey Interbrand, Senin lalu Coca-Cola akhirnya harus melepaskan posisinya untuk diduduki oleh Apple. Sang raksasa minuman ringan ini merosot ke peringkat 3 setelah diungguli Apple yang berada di peringkat pertama menyusul Google yang berada di peringkat kedua. Anda dapat melihat daftar lengkapnya di situs Interbrand.

Banyak faktor yang di pakai untuk menentukan peringkat brand paling terkenal ini, salah satunya adalah faktor keuangan perusahaan mereka. Interbrand mengungkapkan bagaimana Apple memiliki catatan tersendiri tentang para fans mereka. Di bawah kepemimpinan Tim Cook, Apple menetapkan standar estetika yang tinggi dan pembentukan tim yang kuat.

“Apple mencapai puncak finansial keuangannya sejak tahun 2012. Kinerja keuangan mereka membaik dan lebih kuat dan dari segi popularitas, Apple terus melakukan peningkatan untuk mendapatkan lebih dari yang sudah mereka miliki sekarang,” Kata Interbrand.

Uniknya adalah setelah sekian tahun, 10 besar selalu didominasi oleh perusahaan-perusahaan yang berjalan pada bidang teknologi, seperti IBM, Microsoft, GE, Samsung, Intel dan beberapa perusahaan lain. Coca-cola adalah salah satu dari 2 brand food&beverages yang kekeuh bertengger di 10 besar bersama McDonald’s di peringkat 7.

Namun meski terjatuh dari peringkat pertama dari survei Interbrand, Apple masih belum mampu menandingi popularitas Coca-Cola sebagai brand paling visible di social media. Terbukti Coca-Cola memiliki 73.3 juta “like” Facebook, sedangkan Apple hanya memiliki 1.4 juta “like”. Ditambah lagi, Coca-Cola rutin menggelar event bergengsi seperti London Catwalk pada tahun ini yang menampilkan koleksi musim panas dari brand desainer rising star Ashish’s Spring.

“Coca-Cola dapat mencapai ketenarannya yang mendunia seperti sekarang melalui kampanye iklan yang menonjol, desain yang berani, pengetahuan terhadap efek digital, dan menggunakan basis tema universal yang relevan yang meninggalkan impact komunikasi kepada semua kalangan, yakni Kebahagiaan. Jadi, Ya. Jika ditanya maka Coca-Cola akan bertahan lama.” kata Interbrand optimis.

Jadi pemilik bisnis, apa yang anda pelajari dari daftar kompilasi Interbrand tahun ini?

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *