Interviews

Arlita Tiarasari, dari Seorang Banker Kini Sukses dengan Bisnis Sepatukubaru

 

   

Sekali lagi, seorang enterpreneur muda asal Indonesia menorehkan karyanya. Dari sebuah pengalaman akan kebutuhan pribadi, Harriette Arlita Tiarasari (36) mendirikan sebuah bisnis yaitu Sepatukubaru. Khusus menciptakan produk sepatu wanita, Sepatukubaru juga memberikan kesempatan untuk mereka yang berkebutuhan lebih untuk bisa mendapatkan sepatu keinginan mereka dengan lebih mudah. Beberapa waktu yang lalu, tim Mebiso berkesempatan untuk mewawancarai beliau. Dan berikut ini adalah ulasan wawancara kami:

sepatukubaru

Apa latar belakang pendidikan Anda?

S1 Manajemen Universitas Airlangga Surabaya

Bisa diceritakan bagaimana cerita awal ketika Anda masuk ke dunia enterpreneur?

Sepatukubaru ini berangkat dari sebuah kebutuhan akan sepatu yang pas di kaki. Alhamdulillah saya di karuniai kaki yang sizenya lebih panjang dari normalnya kaki wanita. Ukuran panjang kaki saya adalah42. Ini merupakan anugerah karena menemukan sepatu yang fit di kaki bukanlah sesuatu yang mudah.

Tahun 2010 saya mulai membuat sepatu untuk saya pakai sendiri, saya upload di media sosial. Tidak disangka teman – teman saya suka, mulailah banyak pesanan dari kalangan teman – teman dan keluarga. Akhirnya saya putuskan untuk menjualnya secara aktif di sosial media. Saya mulai membuat website, beriklan di internet. Sejalan dengan itu orderan mulai banyak, bahkan dari luar negeri.

Tahun 2011 saya punya workshop sendiri, pada tahun itu juga saya mengikuti event Jakarta Fashion Week event fashion yang bergengsi di indonesia. Mulai dari situ nama Sepatukubaru mulai di kenal. Kami juga melebarkan sayap bekerja sama dengan butik – butik di luar pulau untuk distribusi produk kami. Jadi terjun ke dunia usaha ya berawal dari sesuatu yang dulu saya anggap sebagai suatu kekurangan, dan ternyata menjadi suatu opportunity untuk maju, untuk berkarya dan berguna untuk orang lain.

Lalu, menurut Ibu pengorbanan terbesar apa yang sudah pernah Anda lakukan untuk menjadi enterpreneur?

Pengorbanan terbesar sebenarnya adalah pada saat saya harus memutuskan untuk resign dari bank tempat saya bekerja selama hampir 6 tahun. Sebelumnya saya adalah seorang banker yang menghandle portfolio premium customer. Ini adalah sebuah pengorbanan yang besar meninggalkan sebuah comfort zone untuk terjun di dunia usaha dimana resikonya lebih besar. Tapi karena niat dan keyakinan untuk bisa lebih maju, pegorbanan itu sudah terbayar.

Bisa diceritakan tentang bisnis Sepatukubaru dan jenis produk apa yang ditawarkan?

Jadi Sepatukubaru itu memproduksi sepatu – sepatu khusus wanita yang dibuat secara handmade. Keunggulannya adalah karena handmade maka sepatu kami tidak pasaran, empuk dan nyaman dan size di sepatukubaru dari 35-45 untuk wanita dewasa dan ada juga size untuk anak – anak. Sepatukubaru selain memproduksi sepatu – sepatu readystock dengan design original (tidak mencontek atau KW), kami juga membuat sepatu – sepatu custom order, yaitu untuk customer – customer yang ingin membuat sepatu dengan model atau bahan sendiri bisa kami kerjakan.

Akhir – akhir ini kami juga membuat sepatu untuk penderita – penderita sceleosis (kelainan tulang belakang), edward syndrome, penderita penyakit diabetes yang harus menggunakan sepatu dengan spesifikasi khusus yang tentu saja sepatu – sepatu ini dibuatnya berdasarkan permintaan.

Lalu bagaimana cara Anda memasarkan bisnis ini?

Sepatukubaru di pasarkan secara online. Kami mempunyai website sendiri www.sepatukubaru.com dan juga melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Google+. Selain itu produk kami juga ada di toko – toko online seperti Berrybenka.com, Odiodli.com dan Lazada.co.id.

Sentuhan apa yang membuat Sepatukubaru berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Sepatu kami menggunakan bahan dan cutting yang nyaman di kaki, dan kami sangat menjaga kualitas dan service kepada customer. Service dimulai sejak customer itu menghubungi kami untuk memesan dan sampai sepatu itu di terima customer.

Sampai sejauh ini, menurut Ibu prestasi terbaik apa yang pernah diraih bisnis Anda?

Prestasi terbaik menurut saya yaitu saat masuk menjadi 20 finalis wanita wirausaha bank mandiri dan femina

Apa pengalaman paling berkesan selama menjalankan bisnis Sepatukubaru ini?

Pengalaman yang paling berkesan adalah jika kami mendapat customer – customer dengan special needs seperti sceleosis atau kakinya besar sekali hingga size 45. Itu setiap mereka puas dengan hasil dari sepatu pesanannya yang kami buat itu sangat berkesan buat kami. Karena mereka sangat – sangat bahagia bisa menemukan sepatu yang sesuai dengan kebutuhannya mereka yang selama ini mereka tidak temukan di toko – toko sepatu.

Lalu, tantangan dan kendala yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan dalam berbisnis yang berbasis online adalah membangun kepercayaan customer dimana customer itu tidak bertatap muka dengan kita, tapi itu teratasi dengan seringnya kami eksis di media sosial, ikut komunitas, tampil di event – event fashion dan seringkali profil kami di bahas di media massa itu bisa membanagun kepercayaan customer terhadap kita. Yang kedua adalah mahalnya ongkos kirim untuk pengiriman ke luar negeri untuk yang small quantity dan ini masih belum terpecahkan.

Apa rencana kedepannya untuk mengembangkan Sepatukubaru?

Target kami memperluas dan memperbanyak saluran distribusi, diantaranya kemungkinan kami ingin punya satu outlet yang representatif di mall.

Siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda atau apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

Idola saya adalah Ayah saya, dia seorang arsitek dan juga membuka usaha sendiri. Beliau sudah meninggal tahun 1989. Saya dekat dengan beliau, beliau fokus mencapai apa yang dia inginkan. Selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk klien, menjaga kualitas, dan sangat humble dengan orang – orang yang bekerja dengan dia

Quote favorite saya lupa quote ini punya siapa, tapi ini bagus “Dont stop when you tired, stop when you done”. Berusahalah sekuat tenaga mencapai sesuatu atau cita –  cita, jangan berhenti jika itu belom tercapai. Terus berusaha dan berdoa.

Saran terbaik yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Memulai usaha itu mudah, mempertahankan dan membuatnya berkembang itulah tantangan yang sebenarnya. Saya masih jauh dari sukses, tapi berdasarkan pengalaman yang sudah saya lalui, menjalankan usaha itu harus fokus, jangan takut resiko, resiko itu diambil dan dimanage, bukan dihindari.

Wah, terimakasih untuk cerita dan saran yang sangat menginspirasi. Semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca. Dan semoga Sepatukubaru terus dan selalu sukses. ;-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnis mediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *