Running A Business

Ayo Mulai Pembukuan Sederhana untuk Bisnis Anda

 

   

Jika mendengar kata “akuntansi” mungkin hal yang kita pikirkan adalah angka, pusing, dan ruwet. Sebab salah satu kegiatan dalam akuntansi sendiri adalah pembukuan yang memang erat kaitannya dengan angka dan rincian. Barangkali bagi pengusaha yang baru merintis bisnis, pembukuan bisa menjadi suatu tantangan tersendiri. Bahkan tidak sedikit pula yang mengabaikannya. Padahal menghindari pembukuan dalam bisnis bukanlah solusi. Karena dengan menghindari pembukuan di awal, dapat membuat pusing nantinya. Namun tidak demikian jika pembukuan diawali dengan baik. Melalui pembukuan yang baik, seorang pemilik bisnis bisa: mengetahui keuntungan secara pasti, kontrol biaya dengan lebih mudah, memantau aset-aset perusahaan, membuat prediksi keuangan, dll. Makanya, mari memulai kegiatan akuntansi untuk bisnis kita melalui sebuah pembukuan sederhana. Nah, berikut 4 tips bagi Anda yang berniat untuk memulai pembukuan untuk bisnis anda:

1. Segera mulai!

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memulai. Jadikan aktivitas pembukuan sebagai habits. Anda bisa memasang pengingat di gadget Anda untuk menilik pembukuan Anda. Minimal 1 bulan sekali atau lebih. Mungkin awalnya akan sulit dalam membiasakan, namun yakinlah akan manis pada akhirnya.

2. Ketahui kosakata akuntansi

Terminologi yang rumit dalam akutansi terkadang merupakan tantangan terbesar. Kosakata tidak umum yang banyak terdapat dalam akunting seperti aktiva, pasifa, kas, neraca. Intinya, siapkan sedikit waktu untuk mengetahui dasar akuntansi.

3. Pilih software akuntansi yang sesuai kebutuhan

Saat ini banyak tersedia software-software akuntansi gratis di internet. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan bentuk bisnis Anda, atau bisa dengan menyewa programmer untuk membangun software dengan fitur yang lebih spesifik.

4. Temui konsultan akuntansi

Anda bisa saja menyediakan banyak waktu untuk mempelajari akuntansi. Sedangkan di sisi lain Anda memiliki bisnis untuk dijalankan. Anda seharunya menyediakan lebih banyak waktu untuk memasarkan barang, mencari relasi, ataupun manajemen. Datangilah konsultan akuntansi atau ikutlah perkumpulan akuntan sehingga Anda dapat belajar dan mendapat saran dari mereka jika mungkin Anda mendapatkan kesulitan dalam pembukuan bisnis Anda.

Sekali lagi, akuntansi pada dasarnya bukanlah hal yang menakutkan dan perlu dihindari. Karena jika dimulai dengan benar, manfaatnya akan kembali lagi ke kita. Setelah semua tantangan di awal pembukuan, Anda bisa mengukur dengan pasti mengenai pertumbuhan bisnis Anda.


Artikel Terkait

3 komentar

  • jempot2-office.blogspot.com
    14 January 2013 - pukul 23:46

    tutorial yang bagus tentang pembukuan sederhana.

  • fifi sufeni
    20 March 2014 - pukul 16:55

    Itu yg sdh dilakukan suami saya saat ini untuk usaha yang baru di rintisnya.awalnya mmg sulit krn background suami bkn lulusan akunting,tp krn beliau mw belajar lewat browsing dan teman yg mengerti,akhirnya skrg beliau mengerti dan menjalankannya utk usaha bisnisnya yg msh merintis,smoga sukses suami ku :)

  • aifu
    21 March 2014 - pukul 7:30

    @fifi : setelah membuat hal di atas, apa perubahan yg terjadi pd bisnis suami anda?

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *